Berat & Tinggi Badan Kamu Sudah Ideal ? Ini Cara Menghitung nya & Tips Mendapatkannya

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]  Berat badan ideal itu ditentukan oleh banyak hal. Terutama tinggi badan dan struktur tubuh yang Anda miliki. Maka jika Anda ingin mengetahui berapa berat badan yang ideal, mungkin grafik berikut bisa membantu Anda.





Namun, perlu diingat bahwa data ini hanya sebuah statistik. Jadi, jika Anda berpikir bahwa angka ini tidak sesuai dengan berat badan ideal, mungkin ada baik Anda melakukan konsultasi ke dokter Anda.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Rumus Broca ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Seperti dikutip dari The Independent, rumus untuk menghitung berat badan ideal ini ditemukan pada 1871 oleh Dr. Pierre Paul Broca dan dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine pada 1970 an.

Berikut cara menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus Broca untuk wanita: (tinggi badan - 100) - (15% x (tinggi badan - 100)).


Berikut ini merupakan cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus Broca.
Pria : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]
Wanita : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Contoh, jika Anda wanita memiliki tinggi badan sebesar 158 cm, maka berat badan Anda yang ideal adalah sebesar 58-8,7 = 49,3 cm.

Contoh perhitungannya:

Jika seorang wanita memiliki tinggi badan 155 cm, berat idealnya: (155 - 100) - (15% x (155 - 100)) = 55 - 15 = 40. Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi badan 155 cm adalah 40 kg.

Dan berikut cara menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus Broca untuk pria: (berat badan - 100) - (10% x (tinggi badan -100)).

Contoh perhitungannya:

Jika seorang pria memiliki tinggi badan 180 cm, berat idealnya: (180 - 100) - (10% x (180 - 100)) = 80 - 8 = 72. Maka berat badan ideal pria dengan tinggi badan 180 cm adalah 72 kg.

Namun, yang perlu diingat bahwa menghitung berat badan ideal dengan cara BMI atau Broca ini tidak selalu akurat karena ada faktor usia dan faktor berat tulang atau proporsi tubuh.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Untuk mengetahui apakah berat badan Anda ideal atau tidak, bisa dilakukan penghitungan indeks massa tubuh (IMT). Penghitungan IMT dilakukan dengan membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.

Misalnya, jika Anda adalah pria yang memiliki berat badan 75 kg dengan tinggi 175 cm, maka untuk menghitung IMT Anda perlu membagi 75 dengan 1.75 kuadrat. Setelah itu, akan didapatkan hasil IMT di angka 24,4.

Setelah mendapatkan hasil IMT, maka Anda bisa melihat bagaimana status gizi Anda berdasarkan kategori berikut ini:

Kurus atau berat badan kurang: IMT kurang dari 18,5.
Normal: IMT 18,5 – 22,9.
Kelebihan berat badan (overweight): IMT 23 - 24,9.
Obesitas: IMT di atas 25.
Patokan angka ini sedikit berbeda karena rata-rata berat dan tinggi badan orang Asia, termasuk Indonesia, berbeda dengan rata-rata berat dan tinggi badan orang Eropa dan Amerika.

Perhitungan IMT ini juga kemungkinan menjadi tidak akurat jika dilakukan pada atlet atau binaragawan. Hal ini karena para atlet atau binaragawan umumnya memiliki berat badan yang tinggi karena massa otot yang besar, bukan karena banyak lemak.


Langkah Mendapatkan Berat Badan Ideal 

Bagi pria yang ingin menambah atau menurunkan berat badan secara sehat dan aman, dianjurkan untuk mengikuti beberapa panduan di bawah ini:

1. Pilih makanan dengan bijak
Mulailah mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Untuk mendapatkan asupan protein, dianjurkan mengonsumsi ikan, tahu, tempe, dan produk susu rendah lemak.

Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti keju, susu tinggi lemak, dan daging olahan. Ganti makanan berlemak tersebut dengan makanan yang mengandung lemak sehat, yaitu kacang-kacangan, ikan, dan alpukat.

2. Perhatikan porsi makan
Mengonsumsi makanan sehat harus disertai dengan porsi makan yang tepat. Alih-alih mendapatkan banyak nutrisi, makan dengan porsi yang berlebihan justru bisa menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi porsi makan untuk mendapatkan berat badan ideal.

3. Perbanyak minum air putih
Mengurangi minuman manis dan memperbanyak minum air putih dapat sangat membantu pria untuk meraih berat badan ideal. Memperbanyak minum air putih juga dapat membuat Anda merasa kenyang, sehingga keinginan untuk makan berlebih atau ngemil bisa diredam.

Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi, sembelit, dan batu ginjal. Asupan air putih yang dianjurkan adalah 8 gelas sehari, namun konsumsilah lebih banyak air putih jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang berat.

4. Rutin berolahraga
Olahraga jenis apa pun, asal dilakukan dengan rutin, bisa menjadi solusi untuk menjaga kebugaran tubuh, menurunkan risiko munculnya berbagai jenis penyakit, serta mencapai berat badan ideal.

Olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan ideal bisa dari olahraga sederhana, seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, lari, atau berolahraga di gym. Lakukanlah olahraga secara rutin selama 15-30 menit setiap hari, atau minimal 3 kali per minggu.

Mendapatkan berat badan ideal bukan hanya mimpi lagi jika Anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas dengan disiplin. Apabila mengalami kesulitan untuk memperoleh berat badan ideal, Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengaturan pola makan dan penanganan khusus sesuai kondisi tubuh Anda.

Untuk mencapai tubuh ideal, Anda juga bisa mengikuti program singkat menurunkan berat badan ini seperti dikutip healthyfoodteam.com.

Melompat dengan tangan terentang

Untuk langkah awal, coba lakukan latihan ini sebanyak sepuluh kali.

Squats

Latihan ini akan melatih tubuh Anda terutama bagian otot-otot paha, pinggul dan pantat, dan paha depan. Lakukan sebanyak sepuluh kali untuk mendapat hasil makimal.

Push up

Lakukan push up sebanyak sepuluh kali. Jika Anda tidak sanggup melakukannya di lantai, lakukanlah dengan cara bersandar di dinding.

Stepping

Lakukan latihan ini sebanyak sepuluh kali pada kedua kaki Anda. Ini adalah latihan kecil yang bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Anda dapat mengulangi semua latihan tersebut empat kali berturut-turut. Lakukan jeda sekitar semenit pada tiap gerakan. Dengan melakukan kegiatan sederhana ini dengan rutin, banyak kemungkinan untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.


Back to Top