Buat Aturan Selama Anak Libur saat Corona, Aksi Ibu Ini Panen Pujian Publik

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ] Seorang ibu di Kota Batam mendadak viral di media sosial usai membuat aturan kreatif untuk anaknya. Aturan yang dibuat tersebut menginspirasi banyak orang tua lainnya untuk membuat anak mereka mau bertahan di rumah selama pandemi virus corona.

Sebuah akun Twitter @widanwp mengunggah beberapa foto poster berisi aturan yang diterapkan di rumah. Sang ibu yang bernama Mama Gita itu menuliskan serangkaian aturan agar sang anak bisa mendapatkan uang dari ibunya.

Dalam foto tersebut, ada beberapa cara agar anak bisa mendapatkan uang, mulai dari aktivitas salat, mandi sendiri, menghabiskan makanan, memakain baju sendiri, menghapal Al Quran hingga menuruti nasihat ibunya.

Bila si anak berhasil melakukannya, maka Mama Gita akan memberikan uang, yakni Rp 1 ribu dan RP 2 ribu. Uang yang digunakan bukan uang sungguhan, melainkan hanya uang mainan.

"Duitnya duit palsu ya. Kalau pakai duit asli nanti jajan ke Indomart guys. Sebenar-benarnya social distancing dan #dirumahaja buat anak-anak," tulis akun itu seperti dikutip Suara.com, Minggu (5/4/2020).

Tak hanya menetapkan aturan agar bisa mendapatkan uang, Mama Gita juga menerapkan denda bagi anaknya. Apabila sang anak menangis, tidak menghabiskan makanan, tidak mau pakai baju sendiri hingga marah-marah, maka Mama Gita akan memberikan denda sebesar Rp 2 ribu.

Uang yang diperoleh oleh anaknya itu bisa digunakan untuk membeli makanan ringan yang sudah disiapkan oleh Mama Gita. Ada beberapa jajanan yang sudah ia siapkan, harga jajanan bervariatif mulai Rp 1 ribu hingga Rp 2 ribu.


Saat dikonfirmasi Suara.com, akun tersebut mengaku telah berbincang dengan Mama Gita. Mama Gita mengaku menerapkan metode seperti itu untuk mengajarkan anaknya berdagang.
"Ngobrol dikit sama Mama Gita, kenapa beliau menerapkan metode seperti itu. Soalnya anak-anak beliau lihat sehari-hari mamanya dagang terus ingin belajar jual beli tapi nggak tahu uangnya dari mana," ungkapnya.
Alasan Mama Gita menggunakan uang mainan pecahan Rp 1 ribu dan Rp 2 ribu karena anaknya baru mengetahui pecahan uang tersebut. Metode itu berhasil membuat anaknya senang dan betah tetap di rumah selama pandemi corona.
Namun, tak sedikit juga warganet yang menilai metode 'reward and punishment' tidak baik untuk diterapkan pada anak.
"Yang paling penting katanya biar senang dan berkesan buat si anak karena #dirumahsaja," tuturnya.
Ide kreatif Mama Gita untuk mengisi waktu selama di rumah di tengah pandemi corona menuai pujian publik. Banyak warganet yang terinspirasi dengan metode yang diterapkan oleh Mama Gita.
"Lucu sih ini, bisa mengajarkan konsep uang sekalian belajar matematika juga. Mau kayak gini besok kalau sudah kumpul sama Yas lagi," ujar @belindch.


"Lucu buat peraturan ke suami juga," kata @gamawutauk.

Back to Top