Cek Arti Kata Mudik dan Pulang Kampung di KBBI, Viral Gegara Ucapan Kepala Negara di Mata Najwa

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]  Setelah viral di media sosial gegara ucapan Presiden Jokowi di Mata Najwa, coba cek Arti kata Mudik dan Pulang Kampung menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI).

Diketahui sebelumnya acara Talkshow Mata Najwa jadi pembicaraan saat Jokowi sebut Pulang Kampung dan Mudik adalah hal yang berbeda di depan Najwa Shihab.

Bermula saat tadi malam, Rabu (22/4/2020), Presiden Jokowi tanggapi pernyataan Najwa yang menyebut hampir 1 juta orang curi start mudik hingga aturan larangan mudik dianggap tidak efektif.

"Kalau itu bukan mudik. Itu namanya pulang kampung. Karena bekerja di Jabodetabek. Di sini mereka sudah tidak punya pekerjaan ya mereka pulang karena anak dan istri ada di kampug," ujar Jokowi.

Jokowi menjawab pertanyaan Najwa Shihab yang menyebutkan kenapa pemerintah baru akan membuat kebijakan terkait mudik padahal faktanya sudah banyak orang yang mudik.

"Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hampir 1 juta atau usekitar 900.000 orang yang sudah mudik. Kalau pemerintah baru akan melarang, apa tidak terlambat karena sebaran sudah terjadi?" tanya Najwa Shihab dalam sebuah video yang dibagikan di akun twitter @matanajwa, kemarin.








Mendapat pertanyaan seperti itu, Presiden Jokowi kemudian menjelaskan arti mudik dan pulang kampung yang dalam pandangannya itu berbeda.

"Kalau mudik itu di hari Lebarannya. Ya beda. Untuk merayakan Idul fitri," kata Jokowi.

Najwa menegaskan, "Itu kan hanya perbedaan masalah waktu bapak."

Menurut Jokowi, "Kalau namanya pulang kampung ya bekerja di Jakarta. Tapi anak istri ada di kampung."

Menurut Najwa Shihab, mengacu pada pernyataan Jokowi berarti itu itu hanya perbedaan waktu, tapi aktivitasnya sama. Mereka pulang ke kampung dan telah membawa virus ke kampung juga.

Jokowi kemudian mengajak Najwa Shihab untuk melihat kenyataan di lapangan dan berbicara secara detail.




"Coba dilihat juga di lapangan. Di jakarta mereka menyewa 3x3 m2 atau 3 x 4 m2, isi 8-9 orang. Mereka di sini tidak bekerja. Lebih bahaya mana. Di sini di dalam ruangan, dihuni 8-9 orang atau pulang ke kampung tapi di sana juga disiapkan isolasi dulu oleh desa, semua desa sudah siapkan isolasi," katanya.


"Jadi, lebih bahaya mana. Jadi kita harus lihat lebih detail angka-angkanya, lebih detail ke lapangannya," tambah Jokowi.

Simak videonya berikut ini.





Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah melarang warga mudik Lebaran tahun ini untuk menekan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Tetapi, sampai saat ini, kebijakan terkait larangan mudik tersebut belum dikeluarkan pemerintah.

Meski demikian sejumlah kepala daerah, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar  Pranowo telah mengimbau warga untuk tidak mudik Lebaran.

Komentar Mudik Ala Presiden Jokowi

Pernyataan Presiden Jokowi terkait arti mudik dan arti pulang kampung itu kemudian menjadi viral dan mendapat komentar sejumlah pihak.

Mantan Wakil Ketua DPR Fadli Zon kemudian membuat kesimpulan dari pernyataan Presiden Jokowi tersebut.

@fadlizon: Kesimpulannya, mudik adalah pulang kampung menjelang Lebaran untuk merayakan Lebaran. Pulang kampung adalah kegiatan kembali ke kampung krn anak istri ada di kampung.

Sementara itu, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman mengaku tidak ada perbedaan mudik dan pulang kampung karena sama-sama memiliki arti orang yang pulang ke kampung halaman.


Makan tersebut sesuai dengan arti dalam kamus bahasa Indonesia.

Karena itu, kata Sohibul Iman, ketika Presiden Jokowi mengartikan mudik dan pulang kampung sebagai aktivitas yang berbeda, dirinya mengaku jadi bingung.

@msi_sohibuliman:  Menurut KBBI, "mudik" adalah pulang ke kampung halaman dan "pemudik" adalah orang yg pulang ke kampung halaman.




Arti Mudik dan Arti Pulang Kampung dalam KBBI 

Sementara itu, Wartakotalive.com mencoba mencari tahu arti mudik dan pulang kampung dalam  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Mudik diartikan sebagai (berlayar, pergi) ke udik dan juga  pulang ke kampung halaman.


Sementara pulang kampung diartikan sebagai kembali ke kampung halaman dan mudik.

Untuk lebih lengkapnya, bisa cek di LINK KBBI ini.

pulang » pulang kampung
⇢ Tesaurus


kembali ke kampung halaman; mudik: dia -- kampung setelah tidak lagi bekerja di kota

mu.dik
⇢ Tesaurus

v (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): dari Palembang -- sampai ke Sakayu

v cak pulang ke kampung halaman: seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang --



Editor: Rasni



Back to Top