Indahnya Wonsan, 5 Fakta Kota Resor yang Jadi Tempat Peristirahatan Kim Jong Un




[ AyoJalanTerus.com ]  Kondisi kesehatan Kim Jong Un tengah menjadi sorotan dunia usai dirinya menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April 2020. Tidak hadirnya Kim pada beberapa acara penting, salah satunya perayaan lang tahun kakeknya, Kim Il Sung pada 15 April 2020, menimbulkan tanda tanya besar.
Kabarnya, hal tersebut berkaitan dengan kondisi kesehatan orang nomor satu di Korea Utara yang diduga mengalami kritis.
Kendati demikian, baru-baru ini, 38North melaporkan bahwa kereta yang diyakini milik Kim berada di Kota Wonsan pada 21 dan 23 April lalu. Meski demikian 38North menyatakan penampakan kereta api itu tidak membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara atau menunjukkan apa pun tentang kesehatannya. Seperti diketahui, saat ini ada rumor bahwa Kim Jong Un telah meninggal.
Lalu, seperti apa Wonsan? Mengapa Kim memilih kota tersebut untuk memulihkan dirinya pasca-operasinya beberapa waktu lalu?




Dilansir berbagai sumber, Wonsan merupakan Ibu Kota Provinsi Kangwon yang berada di tenggara Korea Utara. Tepatnya berlokasi di Pantai Laut Timur (Laut Jepang) yang berjarak sekitar 130 kilometer dari timur Pyongyang.
Wonsan sendiri merupakan kota pelabuhan sekaligus basis militer Korea Utara di bagian tenggara. Bisa dibilang Wonsan merupakan salah satu daerah elite yang ada di sana. Wonsan juga menjadi salah satu kota yang sudah sejak lama dilihat oleh pemerintah Korea Utara sebagai tempat wisata potensial.

Kota ini memiliki beberapa pilihan atraksi bagi wisatawan. Salah satunya Pantai Wonsan yang jadi wisata alam unggulannya.
Kemudian ada juga Masikryong Ski Resort, tempat ini merupakan resor ski pertama dan termewah di Korea Utara. Kim Jong Un meresmikan sendiri resor kebanggaan milik Korea Utara tersebut.
Resor yang dibangun oleh Kim Jong Un ini kabarnya membutuhkan dana sekitar 300 juta dolar Amerika atau setara Rp 4 triliun.
Dibuka pada 31 Desember 2013, resort ini tak hanya menjadi salah satu destinasi wisata di Korea Utara, tetapi menjadi tempat latihan para atlet Korea Utara saat gelaran Olimpiade Musim Dingin pada 2018 lalu.
Resor ini memiliki lereng kereta luncur, kursus ski, dan fasilitas kesehatan untuk mendukung kegiatan olahraga remaja. Selain itu, terdapat sekitar 120 kamar hotel. Fasilitasnya meliputi kolam renang, meja biliar, ruang karaoke, dan sauna.


Masikryong Ski Resort berada di Puncak Gunung Taehwa, tepatnya sekitar 20 kilometer di luar Kota Wonsan di Provinsi Kangwon, Korea Utara.
Adapun daerah di Wonsan yang akan dijadikan sebagai zona pariwisata adalah sepanjang pantai yang menghubungkan Wonsan dengan Gunung Kumgang. Proyek pembangunan kota pariwisata tersebut kabarnya mulai didorong sejak 2018 lalu.


Sementara itu, mengutip CNN, zona pariwisata yang akan dikembangkan yaitu Wonsan-Kalma Beach Resort, sebelumnya direncanakan akan dibuka pada Oktober 2019. Kendati demikian, Kim memperpanjang batas waktu pembangunan zona pariwisata menjadi 15 April 2020 sebagaimana diberitakan The Korea Herald.
Nantinya, Wonsan-Kalma Beach Resort akan menjadi destinasi wisata musim panas yang dibuka untuk umum.
Beberapa foto dari citra satelit pun memperlihatkan beberapa perubahan yang terjadi sepanjang 2019. Wonsan-Kalma Beach Resort juga terlihat sudah memiliki beberapa fasilitas hiburan lain, seperti beberapa kolam renang, amfiteater, dan kompleks resor dan hotel.
***
Kim Jong Un Dikabarkan di Wonsan, Ini 5 Fakta Tempat Tersebut
Nama pemimpin agung Korea Utara, Kim Jong Un, santer dikabarkan meninggal. Terakhir ia disebut datang ke sebuah tempat bernama Wonsan. Ini 5 faktanya.
Membicarakan nama Kim Jong Un memang tak ubahnya sebuah film spionase dengan ending yang sulit ditebak. Ya, kehidupan seputar pemimpin Korea Utara itu memang begitu dirahasiakan dari publik dan mata dunia.




Baru-baru ini, Amerika Serikat pun santer menyebut Kim meninggal setelah pemimpin Korea Utara itu diketahui absen dalam sejumlah acara kenegaraan. Menurut info dari proyek pemantauan 38 North, satelit Amerika menangkap kehadiran kereta privat Kim yang terparkir di Kota Wonsan pada 21 dan 23 April silam.

Meski demikian 38 North mengingatkan bahwa penampakan kereta api itu tidak membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara atau menunjukkan apa pun tentang kesehatannya. Menurut kabar dari penasihat luar negeri President Korsel, Chung-in Moon, ia menyebut kalau Kim masih baik-baik saja.
"Pemerintah kami menegaskan, Kim Jong Un masih hidup dan baik-baik saja. Dia berada di aera Wonsan sejak 13 April. Tidak ada tindakan mencurigakan yang terpantau," ujar Chung seperti diberitakan media Fox News.
Terlepas dari kontroversi yang menyelimuti Kim Jong Un, tak ada salahnya kita mengenal Kota Wonsan yang sedang ramai dibicarakan. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (27/4/2020), berikut 5 faktanya:

1. Kota pelabuhan

Pantai WonsanSuasana Wonsan (iStock)
Wonsan merupakan daerah elite di timur Korea Utara sekaligus kota pelabuhan di Provinsi Kangwon. Dengan luas area 269,4 km persegi, daerah ini sangat jarang disentuh oleh wisatawan asing. Selama perang Korea, Wonsan menjadi wilayah pengepungan dengan durasi terpanjang dalam sejarah angkatan laut Amerika modern.

2. Kawasan resort dan destinasi wisata

Walau identik dengan rahasia, belakangan Kim diketahui tengah membangun kawasan wisata Wonsan-Kalma di pesisir Kota Wonsan. Berdekatan dengan Bandara Wonsan-Kalma, kawasan tersebut akan menjadi resor yang begitu luas, dengan gedung-gedung bertingkat, pelabuhan marina, kompleks olahraga, bioskop, berbagai wahana permainan dan lain sebagainya.
Kim Jong Un di WonsanKawasan wisata Wonsan-Kalma (DigitalGlobe/38 North/Getty Images)
Pembangunan resor sendiri sudah berjalan sekitar 3 tahun. Kim Jong Un sempat beberapa kali datang ke lokasi untuk mengecek progres pembangunan resor. Pada Oktober 2018, ia memerintahkan petugas untuk membangun lebih banyak game arcade dan biskop, serta water park.
Menurut informasi dari media NPR, kabarnya kawasan resort itu dijadwalkan buka pada 15 April 2020 yang lalu. Hanya saja, belum ada informasi pasti soal itu.

3. Terinspirasi dari kawasan wisata Spanyol

Kawasan wisata Wonsan-Kalma disebut-sebut sebagai salah satu proyek ambisius Kim di sektor pariwisata. Kabarnya, kawasan resort itu terinspirasi dari Costa Blanca di Spanyol.
Kawasan wisata di Spanyol.Kawasan wisata Costa Blanca di Spanyol (Youtube)
Berlokasi di Provinsi Alicante, Spanyol, nama Costa Blanca memang populer sebagai kawasan destinasi wisata pantai yang populer. Mengambil konsep itu, Kim pun tengah membangun sejumlah hotel dan resort yang memanjang di pesisir Wonsan.

4. Tempat liburan masa kecil Kim

Di kalangan masyarakat Korea Utara, Wonsan-Kalma sudah lama menjadi destinasi liburan warga setempat. Kabarnya, Kim Jong Un juga banyak menghabiskan liburan masa kecilnya di Wonsan. Terdapat juga jajaran pantai yang indah di sana.
Kim Jong Un di WonsanKim Jong Un di Wonsan (Reuters)
Selain itu, untuk wisata alam lainnya ada danau serta sumber mata air alami. Tentunya Wonsan menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan buat traveler.

5. Bekas lokasi peluncuran rudal

Kim Jong Un di WonsanKim Jong Un bersama anak buahnya (Korea News Service/AP)
Nama Wonsan juga ada kaitannya dengan rudal Korea Utara. Tahun 2017 lalu, lokasi wisata resor itu pernah menjadi tempat peluncuran rudal balistik. Pada pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Kim Jong Un di Singapura yang lalu, Trump juga sempat menyebut tentang pantai indah itu yang menjadi tempat peluncuran rudal.

"Mereka (Korea Utara) punya pantai yang indah. Anda bisa melihatnya saat mereka meluncurkan meriam ke laut," ujar Trump.



Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top