Kalau bulan Ramadhan setan diikat, Mengapa di beberapa tempat masih ditemukan kemaksiatan ?

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]  PENANYA :  Katanya kalau bulan Ramadhan setan diikat,tetapi mengapa di beberapa tempat masih ditemukan kemaksiatan?




Jawaban :

Kemaksiatan yang terjadi pada bulan Ramadhan, karena dua kemungkinan:

1. Dalam hadits di atas, diterangkan bahwa setan hanya diikat saja, setan tersebut masih hidup, karena Allah belum mematikan mereka. Seseorang yang hanya diikat saja, masih bisa bergerak walaupun tidak seleluasa jika dibandingkan dengan orang yang tidak diikat sama sekali. Bahkan orang yang diikat kadang kakinya bisa menendang-nendang, bahkan bisa berbicara dan menjerit-jerit sambil mengeluarkan suara yang keras. Begitu juga setan, walaupun sudah diikat, masih bisa menggoda dan menyesatkan manusia, meski godaannya tidak sekuat ketika dalam keadaan tidak diikat.

2. Yang diikat bukanlah semua setan, tetapi hanya terbatas pada setan-setan tertentu, khususnya setan-setan yang sangat ganas dan jahat. Sehingga setan-setan yang lebih lunak masih bisa bergentayangan untuk menggoda manusia dan menjerumuskannya kepada kemaksiatan. Itulah mengapa maksiat pada bulan Ramadhan berkurang drastis, walaupun masih terjadi di beberapa tempat.

 Wallahu A'lam.
📝 Dr. Ahmad Zain An-Najah, MA

📢  Sumber 




Back to Top