Kanker di Usia 73, Titiek Puspa Sempat Pasrah: Tuhan, Ambil Aja Saya






[ AyoJalanTerus.com ]  Artis legendaris Titiek Puspa kini sudah berusia 82 tahun dan masih terlihat bugar. Wanita yang akrab disapa Eyang Titiek ini mengatakan, menikmati hidup adalah salah satu resepnya terlihat bahagia di usia senja.


Meski tampak sehat, Titiek Puspa menyebut, tubuhnya penuh penyakit dari kecil. Kepada Deddy Corbuzier dalam tayangan podcast di channel YouTube, sang legendaris mengungkap, sejak kecil sering berganti nama hingga tiga kali karena dianggap sakit-sakitan.



Pada usia 73 tahun, Titiek Puspa pun didiagnosis kanker serviks. Titiek mengatakan, ayah dan kakak-kakaknya memang berpulang karena penyakit itu, sehingga ia tak kaget lagi.
"Oh ya udah enggak apa-apa," begitu respons Titiek Puspa ketika pertama kali mendengar penyakit yang dideritanya.
Titiek mengaku memang pasrah atas kehendak Tuhan. Jika memang Tuhan ingin mengambilnya, bagi Titiek, tak mengapa.
"Kalau Tuhan menghendaki silakan, pasrah," ujarnya.
Meski begitu, kepasrahan Titiek Puspa juga dibarengi dengan usaha untuk bertahan hidup. Tak mulus begitu saja, Titiek Puspa sempat kecewa karena stadium kankernya malah naik, bukan turun, ketika sudah menjalani pengobatan.

"Ada komplain juga (ke Tuhan), saya udah ke dokter pertama (stadium) 1,5 sekarang (setelah berobat jadi stadium) 3. The whole body sakit. Sampe tangan, badan rasanya ilang. Kalau begini, ambil aja saya. Saya mau ditaro di mana aja silakan, surga apa neraka. Saya punyanya segini, tapi kalau Tuhan masih kasih saya tugas di dunia, kasih saya isyarat. Itu masih nangis teriak-teriak," kenang Titiek Puspa.
Setelah berobat di Singapura selama 2,5 bulan, Titiek Puspa pun kembali ke Jakarta dan melakukan meditasi seperti yang direkomendasikan anak-anaknya. Titiek bercerita pada Deddy Corbuzier bagaimana proses meditasi yang dijalaninya.
Tanpa api, lilin, wewangian, dan berbagai alat lainnya, Titiek hanya duduk, menutup mata, melipat lidahnya, dan bernapas dengan tenang selama berjam-jam setiap hari di tempat meditasinya. Di hari ke-13, keajaiban terjadi. Ia merasa terbang ke langit berlapis-lapis dan sempat mengira sudah kembali ke Sang Pencipta.
Titiek Puspa pun tak menyangka, seluruh tubuhnya terasa lebih baik saat membuka mata. Ketika check-up, dokter di Singapura pun menyatakan bahwa tubuhnya bersih dari kanker.
"Itu yang namanya meditasi tidak ada obat, tidak ada lilin, obor, api unggun, biasa gitu aja. Normal gitu aja. Itu adalah pekerjaan si saraf, kekuatan badan kita yang udah dibikin Tuhan," serunya.

Dinyatakan sembuh dari kanker, Titiek Puspa mengatakan, satu tahun lalu, ia divonis sakit jantung. Ia pun kini memakai alat pacu jantung dalam tubuhnya. Meski punya banyak penyakit, Titiek Puspa mengaku tetap menjaga pola makannya, berlatih ringan semampu tubuhnya, dan tetap menikmati hidupnya.





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top