"MANFAAT PUASA" Yang Perlu Anda Ketahui dan Sebarkan






[ AyoJalanTerus.com ]  APA SAJA yang DIPERINTAHKAN ALLAH SWT pasti akan mendatangkan kebaikan bagi Manusia, baik di dunia, terlebih di akhirat. Dan tidak ada satupun Syariat Allah SWT yang akan mencelakakan manusia.





Allah SWT menegaskan:

مَآ أَنزَلۡنَا عَلَيۡكَ ٱلۡقُرۡءَانَ لِتَشۡقَىٰٓ

"Kami tidak menurunkan Al Qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah." [QS Thoha: 2]

Begitupula dengan perintah Puasa yang telah Allah wajibkan bagi orang-orang yang beriman.

 يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡڪُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِڪُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." [QS Al-Baqarah: 183]

Puasa bagi manusia akan memberikan 2 manfaat: Di Dunia dan di Akhirat

(1) Di Akhirat

- Puasa Sebagai Penghapus Dosa

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَاناً وَاحْتِسَاباً غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, Muslim, dll)

- Puasa Sebagai Perisai dari Api Neraka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ

”Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa neraka” (H.R. Ahmad, shahih).

- Puasa akan Memberikan Syafaat bagi Orang yang Menjalankannya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الصِّيَامُ وَالْقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَقُولُ الصِّيَامُ أَىْ رَبِّ مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتِ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فِيهِ. وَيَقُولُ الْقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللَّيْلِ فَشَفِّعْنِى فِيهِ. قَالَ فَيُشَفَّعَانِ

“Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata,’Wahai Tuhanku, saya telah

menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya’. Dan Al-Qur’an pula berkata,’Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya.’ Beliau bersabda, ‘Maka syafaat keduanya diperkenankan.’” (HR. Ahmad, Hakim, Thabrani, periwayatnya shahih sebagaimana dikatakan oleh Al Haytsami dalam Mujma’ul Zawaid)

(2) Di Dunia

Puasa ternyata tidak hanya akan mendatangkan pahala dan keuntungan di Akhirat, tapi juga kemaslahatan di dunia.

Para peneliti dan ahli dari berbagai negara sudah meneliti manfaat puasa bagi kesehatan manusia.

• dr. Joseph Rodrigue mengatakan: semua penyakit bermula dari sistem pencernaan. Jika Anda menginginkan kesehatan, maka mulailah dari sistem pencernaan. Dan puasa akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi baik sehingga otomatis anda akan sehat.

• Profesor Nlcolav Bilwy, seorang pakar medis dari Rusia, menyatakan bahwa setiap orang harus melakukan puasa selama 3-4 minggu setiap tahunnya agar ia bisa menikmati kesehatan yang baik sepanjang hidupnya.

• Andrea Willer, seorang ahli gizi Amerika, menyatakan bahwa tingkat kecerdasan dan kemampuan konsentrasl bertambah selama berpuasa. Imunitas/daya tahan tubuh meningkat sepuluh kali lipat disebabkan puasa. Puasa juga membantu menghancurkan batu ginjal, karena dengan berpuasa terjadi proses penghimpunan mineral-mineral sodium dalam ginjal.

• dr. Muhammad Sa'id As-Suyuti mengatakan bahwa puasa membantu untuk mencegah penumpukan zat-zat racun didalam tubuh, seperti: asam urat, fosfat, amonia, serta berbagai jenis asam dan mineral berbahaya. Puasa juga menjaga tubuh dari penyakit encok, radang sendi, serta mencegah terbentuknya batu ginjal.

• dr. Eufrat Lomes menyatakan puasa merupakan metode paling tua di dunia yang digunakan untuk proses pemulihan dan penyembuhan secara alami.

• dr. Patricia Paroki mengatakan puasa akan menyeimbangkan kelebihan berat badan, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Inilah kenapa Puasa sudah DIWAJIBKAN sejak umat-umat terdahulu.







📢  Sumber 




Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top