MENGERIKAN ! Ini Bahaya Jika Sering Makan Mie Instan Selama Masa Karantina






[ AyoJalanTerus.com ]  Imbauan pemerintah untuk karantina mandiri di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19, membuat masyarakat menyimpan makanan dalam jumlah banyak. Mi instan menjadi makanan yang paling sering dipilih karena proses memasaknya yang mudah dan rasa yang lezat.

Tetapi, rutin mengonsumsi mi instan selama karantina mandiri di rumah bisa berisiko besar. Sebab, kandungan di dalam mi instan terdapat banyak garam yang tak boleh dikosumsi dalam jumlah besar.

"Semua makanan instan tinggi garam. Di dalam makanan instan ada banyak garam agar awet. Padahal kebutuhan natrium hanya 1,5 sdt per hari," ujar dokter spesialis gizi klinis, Dr.dr Samuel Oetoro MS SpGK (K) dalam acara Hidup Sehat di tvOne.

Terlebih, sering kali seseorang makan mi instan bukan dalam jumlah sedikit. Padahal, dalam satu bungkus mi instan bisa memicu bahaya tekanan darah tinggi dan obesitas yang mengintai di kemudian hari.

"Bahayanya enggak sekarang tapi bisa timbul hipertensi jangka panjang. Makan mi instan bisa 2-3 bungkus, kalori dan natrium berlebih, apalagi tiap hari, bisa obesitas," terangnya.


Selain itu, dengan timbulnya hipertensi, lemak jahat yang juga turut dikonsumsi bisa berdampak pada kondisi kolesterol. Bahaya kolesterol bisa menganggu fungsi kerja organ lain seperti peredaran darah hingga jantung.

"Bahaya lain ada lemak jahat. Bisa tingkatkan kolesterol ujungnya penyumbatan pembuluh darah," ungkapnya.[viva]





Ngeri, Ternyata Ini Lho 7 Bahaya Jika Sering Makan Mie Instan!


Mie instan merupakan makanan favorit hampir semua orang, terutama bagi para anak kos.Harganya yang murah dan nikmat, membuat mie instan menjadi makanan yang digemari oleh para anak kos. Apalagi jika sedang tanggal tua, di mana biasanya seseorang harus berhemat agar dapat mencukupi kebutuhan sampai waktu gajian tiba, tentu mie instan akan jadi menu andalan untuk mengisi perut yang kosong.

Namun, mengonsumsi mie instan terlalu sering juga tidak baik lho untuk kesehatan, mengapa? Karena mie instan mengandung banyak bahan kimia dan pengawet, yang jika terlalu sering dikonsumsi akan menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh kita. Nah, berikut ini tujuh bahaya yang akan menyerangmu jika sering makan mie instan. Dicatat ya!


1. Mengganggu sistem pencernaan


Mie instan sangat nikmat untuk dimakan, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Namun, jika kamu terlalu sering mengonsumsinya dapat berdampak buruk lho bagi pencernaan kamu, mengapa? Karena mie instan dapat menghambat nutrisi untuk masuk ke dalam tubuh, akibatnya pencernaan akan menjadi terganggu.
Agar pencernaan dapat berjalan dengan baik, memerlukan bantuan mineral dan nutrisi yang banyak. Nah, akibat terganggunya pencernaan ini, akan membuat kamu beresiko mengalami sembelit, kembung, dan usus bocor.

2. Memicu kanker


Kanker merupakan penyakit mematikan no 1 di dunia, yang tentunya ditakuti oleh banyak orang. Namun, jika kamu terlalu sering makan mie instan, kamu akan beresiko lebih besar lho terkena kanker. Bahan-bahan kimia dan pengawet yang ada pada mie instan dapat memicu sel kanker menjadi aktif.

3. Obesitas

Terlalu sering mengonsumsi mie instan dapat menyebabkan kamu terkena obesitas lho, mengapa? Karena mie instan mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Selain itu, makan mie instan hanya akan memberikan efek kenyang yang bersifat sementara saja.
Padahal, kandungan lemak, kalori dan karbohidratnya yang ada pada mie instan sudah banyak. Akibat dari efek rasa lapar ini akan membuat kamu cenderung makan lebih banyak dari biasanya.

4. Meningkatkan kolestrol


Kandungan garam yang tinggi pada mie instan dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh. Terlalu sering mengonsumsi mie instan akan membuat kamu rentan terkena kolestrol.

5. Menyebabkan keguguran pada ibu hamil


Buat para ibu hamil sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan karena dapat membahayakan kandungan, bahkan bisa menyebabkan keguguran. Kandungan natrium yang ada pada mie instan dapat membuat ibu hamil terkena hipertensi (darah tinggi). Akibat dari hipertensi ini akan menyebabkan ibu hamil rentan terkena penyakit komplikasi kehamilan yang tentunya akan membahayakan keselamatan ibu dan janinnya.
Selain itu, bahan kimia pada mie instan dapat menembus sampai ke dalam plasenta, yang nantinya akan membuat ibu hamil beresiko mengalami keguguran. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil menghindari terlalu sering makan mie instan, jika memang ingin sekali memakannya, disarankan untuk mengonsumsinya satu bulan sekali saja.

6. Gagal ginjal


Jika ingin ginjalmu tetap sehat, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan, mengapa? Karena mie instan mengandung zat yang berbahaya bagi ginjal, yaitu proplene glycol. Akibat zat berbahaya ini, kerja ginjal menjadi terganggu, sehingga mengakibatkan kamu terkena gagal ginjal.

7. Kerusakan hati


Terlalu sering makan mie instan juga dapat merusak organ hati kamu lho, mengapa? Karena bahan anti beku yang ada dalam mie instan yang dikenal dengan nama Humektan, sangat berpotensi membuat organ hati kamu menjadi rusak.
Kandungan Humektan ini berfungsi untuk mie cepat mengering, namun jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan merusak organ hati dan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu.
Nah, itulah ulasan tentang tujuh bahaya yang akan menyerangmu jika terlalu sering makan mie instan, sebaiknya kurangi mengonsumsi mie instan terlalu sering dan terlalu banyak, karena jika dibiarkan akan berakibat fatal bagi kesehatan kamu.




Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top