Sekjen PBB: Hanya Vaksin Corona yang Bisa Bikin Dunia Kembali Normal




[ AyoJalanTerus.com ]   Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan bahwa vaksin COVID-19 mungkin satu-satunya hal yang bisa mengembalikan dunia pada keadaan normal. Guterres pun berharap vaksin tersebut akan tersedia sebelum akhir tahun ini.
"Vaksin yang aman dan efektif mungkin merupakan satu-satunya alat yang dapat mengembalikan dunia pada rasa 'normal,' menyelamatkan jutaan nyawa dan triliunan yang tak terhitung," ujar Guterres dalam konferensi video dengan puluhan negara-negara Afrika yang menjadi anggota PBB.

Pemimpin badan dunia itu meminta percepatan pengembangan vaksin untuk virus Corona dan akses untuk semua, seraya menambahkan bahwa vaksin itu harus memiliki "manfaat global yang universal dan memungkinkan kita untuk mengendalikan pandemi."
"Kita membutuhkan upaya ambisius untuk memastikan bahwa para pemangku kepentingan internasional beroperasi melalui pendekatan yang terpadu dan terintegrasi untuk memaksimalkan kecepatan dan skala yang diperlukan untuk penyebaran universal vaksin tersebut pada akhir 2020," tegasnya seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (16/4/2020).
Guterres juga mengatakan bahwa permintaan yang disampaikannya pada 25 Maret lalu mengenai donasi US$ 2 miliar untuk penanganan komprehensif PBB atas pandemi virus Corona, sejauh ini telah terkumpul sekitar 20 persen dari jumlah itu.
Lewat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ujar Guterres, PBB telah bisa melengkapi 47 negara Afrika dengan alat tes virus Corona.

Sekjen PBB itu juga memuji upaya sejumlah negara Afrika untuk memitigasi konsekuensi dari pandemi Corona, misalnya Namibia yang memberikan dana darurat bagi para pekerja yang kehilangan pekerjaan dan Mesir yang telah menurunkan pajak atas industri-industri.

Virus corona: Seberapa cepat vaksin Covid-19 tersedia?



Virus corona menyebar cepat namun sejauh ini masih belum ada obat untuk mengobati dan vaksin untuk melindungi orang-orang dari penyakit itu.
Seberapa cepat vaksin akan tersedia?
Penelitian berjalan dengan sangat cepat.
Saat ini, lebih dari 20 vaksin dalam pengembangan. Satu di antaranya telah diuji coba pada manusia setelah melewati uji coba pada hewan, langkah yang sangat tidak biasa untuk meneliti keefektifan dan keamanan vaksin.
Para peneliti juga telah mengembangkan vaksin dan telah diuji pada hewan. Jika itu berjalan sukses, uji coba terhadap manusia akan dilakukan akhir tahun ini.
Kendati para ilmuwan dapat merayakan temuan vaksin sebelum akhir tahun ini, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk melakukan produksi vaksin itu secara massal. 
Artinya, secara realistis, vaksin itu belum akan siap hingga setidaknya pertengahan tahun depan.
Semua ini terjadi pada skala waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menggunakan pendekatan baru untuk vaksin, sehingga tidak ada jaminan semuanya akan berjalan lancar.
Ingat ada empat virus corona yang sudah menginfeksi di manusia. Mereka menyebabkan pilek, dan kita tidak memiliki vaksin untuk mereka.


Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top