Warganet Bandingkan Paket Sembako Jabar Lebih Banyak Daripada DKI Jakarta, Ternyata ...






[ AyoJalanTerus.com ]  Warganet Bandingkan Paket Sembako Jabar Lebih Banyak Daripada DKI Jakarta, Ternyata Hanya Sebulan Sekali, DKI Seminggu Sekali


 Semua daerah yang memberlakukan kebijakan pembatasan sosial besar (PSBB) memberikan bantuan sosial berupa bahan pokok kepada warganya masing-masing. Demikian juga dengan Pemprov DKI Jakarta dan Jawa barat.




Akan tetapi nampaknya, jenis dan nominal bantuan sosial yang tidak sama dari kedua daerah tersebut menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, nominal dan jumlah barang yang disalurkan ternyata lebih banyak milik Pemprov Jawa Barat dibandingkan DKI Jakarta.

Akun Twitter @narkosun memviralkan foto perbandingan dua bansos dari 2 provinsi yang berbeda itu. Dalam unggahannya, Ia bertanya-tanya dengan kebenaran jumlah item barang dalam sembako yang tampak lebih banyak dari paket sembako Jawa Barat daripada Jakarta.

“Banyak beredar foto perbandingan bansos DKI vs Jawa Barat di TL. Beneran kah seperti ini,” tulis akun itu sebagaimana dikutip dari Suara.com, Jumat (18/4/2020).

Foto tersebut memperlihatkan paket sembako dari Jawa Barat berisi barang-barang senilai Rp 350.000 dan uang tunai sebesar Rp 150.000. Sementara, paket sembako dari DKI Jakarta berupa barang sebesar Rp 149.500 tanpa uang tunai di dalamnya.

Ternyata, perbedaan item dan nominal pada paket bantuan tersebut dikarenakan Jawa Barat menyalurkan paket bantuan sebulan sekali, sementara DKI Jakarta menyalurkan bantuan seminggu sekali

Adapun isi paket bantuan dari Pemprov Jawa Barat berupa bantuan tunai sebesar Rp 150 ribu per keluarga per bulan dan bantuan pangan non tunai mulai beras 10 kg, terigu 1 kg, Vitamin C, makanan kaleng 2 kg (4 kaleng), gula pasir 1 kg, mi instan 16 bungkus, minyak goreng 2 liter, dan telur 2 kg, senilai Rp 350 ribu per keluarga per bulan.

Dana untuk bansos tersebut, berasal dari Pemda Provinsi Jabar dengan anggaran sebesar kurang lebih Rp 4,6 triliun (di luar untuk distribusi) dari APBD. Rencananya bansos akan disalurkan selama empat bulan dari April hingga Juli.

Sedangkan Pemprov DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp 179,4 miliar. Paket sembako tersebut akan diberikan setiap minggu dalam bentuk barang senilai RP 149.500 tanpa ada uang tunai.


Isi Paket sembako tersebut adalah beras 5 kg 1 karung, sarden 2 kaleng kecil, minyak goreng 0,9 lt 1 pouch, biskuit 2 bungkus, masker kain 2 pcs, dan sabun mandi 2 batang.[idtoday]

Warganet pun berkomentar,  

Vievie Zeeshan Adhie II menulis Ini djakarta setiap Minggu dbagikan untuk data2 pertama yg sudah dapat atau setiap Minggunya dbagikan kepada orng2 yg blm mendapat bansos..saya rasa masyarakat harus tau karna stiap minggu dbagikan itu kepada yg sudah dpt di Minggu pertama atau kepada orng2 yg belum dapat jadi bisa dikatakan orng yg sudah dpt bansos ini ga akan dpt lagi di minggu2 seterusnya..mohon dterangkan ya biar masyarakat paham..yg dkatakan stiap seminggu dpt nya yg gmnaa....

Syukuri saja.....dibanding-bandingkan juga jkt - Jabar nilainya hampir sama malah lebih gede jkt, kalo DKI tiap Minggu x 4 rata-rata 1 bln _ 598.000 / bln Jabar 500.000/bln. Jadi nikmati dan trs bersyukur Tulis Duddy 


Zidane Yazid Berujar Bersyukur saja Alhamdulillah

Lain lagi Ewing Al Hamdulillah sebut  Kota Depok sdh dibagikan pd tgl 17 april kmrn, bagaimana ini dgn kab.Bogor yg warganya msh banyak yg hidupnya lbh miskin dibanding kota Depok tp koq blm cair jg....

Redy Irawan Justru Bertanya  Mana Bukti nya blm ada buat Kota Bandung juga, ko.bisa juga ya sampai di banding2 kan, jkt pembagian 4x dalam 1 Bln, Bandung ato jabar blm pernah liat ada yg di kasih bantuan..?





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top