Jangan Malas ! Dokter Sarankan Sikat Gigi 2 Kali Sehari untuk Cegah Kena Virus Corona






[ TahukahAnda.info ]   Virus Corona COVID-19 menular melalui droplet atau percikan yang keluar saat bersin dan batuk. Ini menandakan virus Corona bisa berkumpul di dalam lendir saluran pernapasan.

Karena itu, Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Dr drg RM Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM, mengatakan sebaiknya masyarakat lebih rutin menjaga kebersihan rongga mulut.

"Kita perlu menjaga kebersihan rongga mulut. Masyarakat kami imbau untuk sikat gigi sehari dua kali, lalu kumur-kumur agar kebersihan rongga mulut tetap terjaga," kata Hananto

Menurut Hananto, berbagai macam sumber penyakit, seperti kuman, bakteri, dan virus bisa sangat mudah masuk ke dalam tubuh melalui rongga mulut.
"Karena bagaimanapun rongga mulut adalah pintu gerbang masuknya kuman-kuman ini yang menyebabkan virus ini berkembang biak di tubuh kita," tuturnya.


Jangan Malas! Dokter Sebut Rajin Sikat Gigi Bisa Cegah Penularan Corona


Dokter gigi terkemuka asal Inggris menyebut rajin sikat gigi dapat membantu melindungi dari paparan dan penularan virus Corona. Profesor Martin Addy, mengatakan pasta gigi mengandung zat yang hampir sama dengan hand sanitizer dan dapat bertidak sebagai 'tameng' selama tiga jam setelah digunakan.

Menyikat gigi selama dua menit sebelum keluar rumah dianggap mampu mencegah penularan dan penyebaran penyakit.

"Kita semua telah diberitahu tentang pentingnya mencuci tangan untuk menghentikan penyebaran virus yang menginfeksi ketika menyentuh wajah. Mengejutkan bahwa tidak ada yang menekankan pentingnya kebersihan mulut," katanya dikutip dari The Sun.


Baca juga: Tangkal Corona, Pakar Berkaca pada Industri Film Dewasa
Oleh sebab itu ia menyarankan menyikat gigi sebelum pergi berbelanja atau jika berencana berolahraga di luar rumah. Selain itu menurutnya, para tenaga kesehatan juga harus menyikat gigi sebelum mengenakan APD mereka.

"Para ilmuwan yang percaya kita harus memakai masker wajah telah menekankan bagaimana Covid-19 disebarkan oleh tetesan air liur. Kita juga disuruh mencuci tangan agar tidak terinfeksi saat menyentuh wajah," jelasnya.

"Tetapi menyikat gigi akan memberikan perlindungan penting lainnya," pungkasnya.





Manfaat Tak Terduga Gosok Gigi Sebelum Tidur


 Menggosok gigi sebelum tidur secara bersih dan rutin ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan gigi dan mulut. Ketua Persatuan Gigi Indonesia (PDGI) Tri Hananto Seno mengatakan, hampir 80 persen masalah gigi bisa dihilangkan karena gosok gigi pada malam hari.
 
Sayangnya, kebiasaan tersebut belum mendarah daging di tengah masyarakat Indonesia. Padahal menggosok gigi sampai bersih pada malam hari sebelum tidur akan mencegah seseorang terkena fermentasi pada mulut. Tidak adanya proses pengasaman pada rongga mulut membuat risiko kerusakan gigi menjadi lebih minimal.
 
"Pada malam hari saat mau tidur aktivitas tidak ada. Sehingga akumulasi mikroorganisme itu jadi tinggi sekali. Mana kala tidak sikat gigi itu kandungan asam jadi tinggi sekali, itu pemicu kerusakan pada gigi," jelasnya dalam siaran online konferensi pers Pepsodent X PDGI, Jumat (20/3/2020).
 
Seno menyampikan bahwa menggosok gigi sebelum tidur perlu menjadi kebiasaan. Berdasarkan riset yang dilakukan PDGI, sekitar 7 sampai 8 persen masyarakat Indonesia mengalami masalah kerusakan gigi.
 
"Ini tinggi sekali. WHO aja cuma 2,5 persen. Oleh karena itu dengan sikat gigi pada malam hari bisa mengurangi masalah sakit gigi," katanya.
 
Sementara kebiasaan sikat gigi pada pagi hari dipercaya tetap mampu menjaga rongga mulut tetap terjaga.
 
"Anak-anak atau orang dewasa jika sikat gigi pada pagi hari setelah itu aktif berkegiatan. Sehingga sirkulasi maupun secara mekanik itu efisien terjadi," ucapnya.

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top