Kisah Paul Bristow, Anggota Parlemen Inggris yang Ikut Puasa demi Memahami Islam




[ AyoJalanTerus.com ]  Bulan Ramadhan yang menjadi momen paling sakral bagi umat Islam tampaknya ikut menginspirasi umat agama lain. Hal itu setidaknya terlihat dari sikap yang ditunjukkan anggota parlemen Inggris Paul Bristow.



Pada Ramadhan tahun ini, Bristow yang merupakan non-Muslim ini memutuskan untuk ikut berpuasa selama tujuh hari pertama. Dia mengaku ingin memahami Islam lebih dalam, terutama mengenai Ramadhan.

“Ramadhan adalah waktu untuk refleksi spiritual, peningkatan diri dan beribadah lebih giat lagi. Dalam minggu pertama Ramadhan, saya memutuskan untuk berpuasa," ujar Bristow dalam video yang diunggahnya melalui akun Twitter pribadinya.

"Saya bukanlah Muslim tapi saya merasa penting untuk membagikan pengalaman saya dengan 20 ribu Muslim yang tinggal di Peterborough,” lanjut Anggota Parlemen yang mewakili Kota Peterborough itu.

Ya, Bristow sengaja mengunggah pengalamannya berpuasa melalui media sosial setiap harinya. Dia membuat vlog yang menunjukkan aktivitasnya selama berpuasa.

Bukan bermaksud cari panggung, politikus 41 tahun ini berharap videonya tersebut bisa berguna bagi orang yang sebelumnya tak pernah menjalani puasa. Memberikan mereka pengertian terhadap Ramadhan secara utuh.

Bristow mengatakan dengan berpuasa dia berharap dapat mempelajari Islam


lebih komprehensif sembari berharap bisa mendapat pelajaran bagi dirinya sendiri. Dia mengaku berpuasa sangat menguji kekuatan mental dan disiplinnya.

“Umat Muslim berpuasa jelas mengikuti agama mereka, bukan hanya tentang aturan. Dari situ, kita bisa belajar disiplin, pengorbanan, dan empati untuk orang yang kurang beruntung. Karena kerendahan hati tidak terbatas oleh keyakinan,” katanya.

Keputusan Bristow ikut berpuasa mendapat dukungan dari komunitas Muslim di Inggris. Begitu pula dengan netizen yang memuji langkahnya tersebut. [kumparan]

[Video - Paul Bristow Day 6]





Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top