Kisah Raffi Ahmad Sebagai Pengusaha: Punya Omset Rp100 Miliar dan Perjuangannya Jalani Bisnis




[ AyoJalanTerus.com ]  Sosok Raffi Ahmad selama ini memang dikenal luas sebagai artis yang memiliki banyak talenta. Tak hanya bergelut di dunia entertainment, suami dari Nagita Slavina itu juga memiliki banyak bisnis yang dikelolanya. Ya, Rafi Ahmad adalah seorang artis sekaligus pengusaha.

Bidang usah yang digeluti pun tak jauh dari profesinya di dunia entertainment. Mulai dari bisnis makanan berupa keripik, rumah produksi, hingga fashion. Semua dilakukan dengan penuh perjuangan dan kerja keras. Kisah Raffi Ahmad dan bagaimana dirinya menjalankan bisnis ini pun diceritakannya saat berbincang-bincang dengan Anji.

Sosok artis yang memiliki banyak bisnis di berbagai bidang

Dalam obrolannya dengan Anji, Raffi mengaku dirinya memiliki beberapa bisnis yang kini dijalankannya. Mulai dari keripik, fashion, hingga media (RANS entertainment, RA Pictures, label musik RANS Musik dan RANS Carnival). Dirinya mengatakan usahanya itu bidang sandang, pangan, dan papan. Saking banyaknya, Raffi bahkan sampai lupa bisnis apa saja yang dijalankannya.

Raih keuntungan hingga Rp 100 miliar dari bisnis makanan kripik


Salah satu bisnis Raffi Ahmad di bidang makanan berupa keripik, bahkan meraih omset hingga Rp 100 miliar per tahun. Saat menjalankan bisnisnya ini, Raffi memiliki strategi hanya dengan menjualnya di pasar modern (modern market) dan mampu menghasilkan omset hingga Rp 100 miliar per tahun. “Itu percaya nggak percaya, omsetnya 1 tahun itu hampir cepek (Rp100 miliar).” ucapnya saat berbincang dengan Anji.


Kelola keuntungan untuk mengembangkan bisnis lainnya


Meski mendapatkan keuntungan besar, biaya tersebut dipotong untuk berbagai biaya lainnya karena Raffi bekerja sama dengan sebuah pabrik untuk produksi. Dari omset yang ada, Raffi menerima untung sebanyak Rp 20 miliar. Meski demikian uang tersebut tak serta merta diambil semua, melainkan diputar kembali untuk menjalankan bisnis lain yang potensial.


Alami fase naik turun dalam berbisnis


Meski banyak memiliki usaha, tak semuanya berjalan dengan mulus. Salah satunya adalah RANS Musik yang disinggung Anji dianggap masih belum berjalan dan menghasilkan keuntungan. Meski demikian, Raffi menanggapi hal tersebut dengan bijaksana. Dirinya mengatakan memang benar jika bisnisnya di label musik itu masih belum menghasilkan keuntungan. Tapi lewat RANS Musik, Raffi menolong teman-temannya dari label musik lainnya.

Berupaya tak PHK karyawan di tengah sulitnya bisnis


Di tengah wabah COVID-19, Raffi juga berusaha untuk mempertahankan karyawannya di RANS Carnival agar tidak sampai kena pemutusan hubungan kerja (PHK). Meski ada uang Rp5 miliar yang tidak bisa diputar, Raffi bahkan telah menyiapkan dana aman (safe) untuk para menggaji karyawannya hingga bulan Desember 2020 mendatang. Pekerja di RANS Carnival kemudian ditariknya untuk bergabung di RANS Entertainment.

Ada banyak hal yang bisa kita ambil hikmahnya dari kisah dan perjuangan Raffi Ahmad menjalankan bisnis di atas. Selain berbagi pengalamannya selama menjalankan usaha di berbagai bidang, kita juga bisa belajar dari seorang Raffi Ahmad soal bagaimana dirinya mengelola bisnis, mengeksekusi ide, hingga tetap mempertahankan karyawannya. Hebat ya Sahabat

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !

Back to Top


Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini