Perbedaan UKT Dan SPP Yang Perlu Kamu Tau Untuk Bekal Kuliah

Artikel Terbaru Lainnya :

[ AyoJalanTerus.com ]  Ada dua istilah yang sering digunakan untuk menyebut biaya kuliah, yaitu UKT dan SPP. UKT merupakan singkatan dari uang kuliah tunggal, sedangkan SPP merupakan singkatan dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan. UKT mulai diberlakukan sejak tahun 2013 sedangkan istilah SPP sudah digunakan sejak lama. Selain berbeda secara penyebutan dan tahun diberlakukan, masih ada perbedaan UKT dan SPP yang lainnya. Agar Kamu tidak bingung, berikut ini 10 perbedaan UKT dan SPP yang perlu Kamu ketahui untuk bekal masuk perguruan tinggi.




1. UKT Berdasarkan Kondisi Ekonomi
Nominal UKT didapatkan didasarkan pada kondisi ekonomi dan sosial orang tua dari mahasiswa tersebut. Jadi, setiap mahasiswa akan mendapatkan nominal UKT yang berbeda meskipun berasal dari prodi yang sama.
2. SPP Berdasarkan Jalur Masuk
SPP biasanya ditetapkan berdasarkan jalur masuk. Kalau Kamu masuk melalui jalur prestasi, nominalnya akan lebih murah daripada mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri.
3. Nominal UKT Tetap Sama Sampai Lulus Kuliah
Perbedaan UKT dan SPP selanjutnya masih pada nominal. Nominal UKT yang Kamu dapatkan akan berlaku tiap semester sampai Kamu lulus kuliah. Jadi, meskipun Kamu hanya mengerjakan skripsi di semester tersebut, yang Kamu bayarkan tetap sama.
4. Nominal SPP Per Semester Bisa Berbeda
Sedangkan nominal SPP per semester bisa berbeda-beda. Biasanya, semakin lama Kamu berkuliah, jumlah yang dibayarkan akan semakin murah karena jumlah SKS yang Kamu ambil semakin sedikit.
5. UKT Memiliki Sistem Golongan
UKT memiliki 5 sampai 8 golongan. Golongan ini ada agar mahasiswa benar-benar bisa mendapatkan nominal UKT yang sesuai dengan kondisi ekonominya.
6. SPP Tidak Memiliki Sistem Golongan
SPP tidak menyediakan sistem golongan. Perbedaan nominal uang kuliah yang dibayarkan hanya didasarkan pada jalur masuknya saja.
7. UKT Diterapkan Di PTN
Perbedaan UKT dan SPP berikutnya adalah pada perguruan tinggi yang mengadopsi aturan ini. UKT diterapkan di PTN berdasarkan Permendikbud No. 55 Tahun 2013. Meskipun demikian, tidak sedikit juga PTS yang sekarang ini juga menggunakan sistem UKT.
8. SPP Diterapkan Di PTS
SPP biasa digunakan oleh Perguruan Tinggi Swasta sebagai sistem pembayaran uang kuliah.
9. UKT Mendapatkan Subsidi Pemerintah
Uang kuliah PTN yang menganut UKT sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
10. SPP Tidak Mendapat Subsidi
SPP yang berlaku di PTS tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Dengan demikian, semua biaya operasional selama perkuliahan ditanggung oleh mahasiswa.

Nah, itulah 10 perbedaan UKT dan SPP yang perlu Kamu ketahui. Dari poin-poin yang sudah dijelaskan, Kamu tentu sudah mengerti sekarang kenapa uang kuliah di PTN bisa lebih murah dibandingkan di PTS. Selain karena ditetapkan berdasarkan kondisi ekonomi keluarga, UKT juga mendapatkan subsidi pemerintah sehingga bisa lebih murah.


Back to Top