Utang Indonesia Buat Pandemi Corona Dianggarkan Rp1.439 Triliun, Bisa Buat Apa Aja, Ya?




[ AyoJalanTerus.com ]  Indonesia menganggarkan utang sebesar Rp1.439 triliun rupiah untuk penanganan pandemi. Ada lima hal yang bisa dilakukan dengan uang sebanyak itu.


Indonesia menganggarkan utang sebesar Rp1.439 triliun untuk penanganan pandemi. Sri Mulyani berkata bahwa utang tersebut didominasi oleh penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp1.289 triliun rupiah



Uang segede itu dibutuhkan untuk mengatasi pandemi yang sepertinya belum akan berakhir dalam waktu dekat. Desperate times call for desperate measures, langkah ini harus diambil.

Tapi serius, uang seribu triliun itu bisa buat apa saja sih? Buat orang yang rekeningnya lebih sering dikuras daripada diisi, uang segede itu nggak terbayang betapa banyaknya.

Terlepas dari jadi enggaknya utang Indonesia itu “terjadi”, nilainya gede betul. Bisa bikin satu keluruhan tenggelam duit recehan.

Memberi bantuan bagi yang terdampak pandemi di seluruh Indonesia

Pandemi ini meluluhlantakkan usah-usaha kecil yang bergantung kepada pendapatan harian. Rental mobil, bakul pecel, bakul togel, dan bakul-bakul yang bergantung pada orang-orang yang datang tiap harinya diremuk oleh pandemi. Uang sebesar itu bisa digunakan untuk membantu mereka menyambung hidup dan memulai usahanya kembali di kala pandemi berakhir.

Bisa nge-Zoom sampai mata pedes

Bagi yang pake aplikasi Zoom buat rapat atau kuliah online, kuota adalah masalah utama. Penggunaan Zoom yang intens membuat kuota jebol, yang berarti dompetmu ikutan bobol.


Kalau uang itu dipake buat beli kuota doang, berarti kalian bisa dapet kuota 19,197,333 GB. Misalnya, 2 jam Zoom itu ngabisin kuota 500 MB, maka kalian bisa gunain Zoom selama 38,394 jam. Artinya, kalian bisa idupin Zoom selama 4 tahun tanpa henti.

Bisa kuliah tatap muka tiap hari tuh. Selesai Zoom 4 tahun tiba-tiba udah wisuda aja.

Bisa bikin rumahmu “tenggelam” kopi literan

Kopi literan lagi ngehits. Nah, utang Indonesia Rp1.439 triliun kalau dibelikan kopi literan, dengan asumsi per porsi seharga Rp100 ribu, kamu bisa membawa pulang 14,398,000 liter kopi.

Buuuanyak banget. Bisa nenggelamin kelurahanmu. Udah tenggelam duit recehan, tambah kopi pula.


Beli hand sanitizer buat Bupati Klaten

Utang Indonesia sampai ribuan triliun, kalau dibelikan hand sanitizer, bakal seru banget, tuh.

Asumsikan harga hand sanitizer merek Dettol botol berisi 200 ml adalah 70 ribu rupiah, maka kita akan mendapat 20,568,571 botol. Hand sanitizer segitu banyak bisa dipake cuci tangan satu kabupaten sampe mlocot tangane.

Atau, kamu bisa sumbangin ke Bupati Klaten. Kasihan, biar nggak pakai hand sanitizer bantuan buat “kampanye” sendiri. Nah, stiker muka beliau biar dicetak sendiri. Nempelinnya juga biar beliau sendiri. Selesai nempelin, corona udah ilang paling.

Buat nikahin 14 juta pasangan


Utang Indonesia juga bakal seru banget kalau mau dijadiin biaya nikah. Bisa buat nikahin 14.398.000 pasangan sekaligus. Dengan estimasi biaya pernikahan Rp100 juta per pasangan.

\Sebanyak 14 juta pasangan, nikahnya barengan, di hari dan jam yang sama. Pengusaha katering langsung pensiun habis nikahan. Duitnya dah cukup buat naik haji dan nggak habis 7 turunan paling. Jadi rezeki buat banyak orang, bukan.

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !

Back to Top


Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini