Apa saja contoh dari gaslighting?






[ TahukahAnda.info ]  Gaslighting adalah bentuk pelecehan emosional.
Yang artinya memanipulasi pikiran seseorang mempertanyakan apakah ada yang salah terhadap dirinya atau membuat mereka mempertanyakan ingatan, sudut pandang, atau kewarasan mereka.


Contohnya seseorang yang melakukan gaslighting :
  1. Menyalahgunakan ketakutan mu, contoh mudah kamu yang merasa minder dengan berat badanmu dan dia akan berbicara berulang-ulang tentang berat badanmu atau membandingkan dengan seseorang yang kurus terus menerus yang akan membuat rasa percaya diri mu runtuh
  2. "Knowing" you, dia merasa paling tau tentang dirimu. dan membuat mu 100 persen merasa percaya dirinya.
  3. Mendoktrin perubahan itu NORMAL, ini ciri paling obvious contoh dalam suatu hubungan partner mu mulai melakukan tindakan yang lebih / di luar kenyamananmu. Dia akan berkata "ga kok. Ini normal orang lain juga begini…" Nah, hatihati kamu nak!
  4. Membuat kamu berbohong, entah untuk menutupi kebenaran atau karena tertekan. Kamu akan mulai dengan terbiasa dengan kebohongan karenanya.
  5. Pura pura lupa, biasanya seseorang yang gaslighting begini misal ada janji atau omongan yang tidak bisa terlaksana atau tidak sesuai, ketika kamu bertanya "dulu kamu yang bilang gitu" dia akan malah membentak mu balik dan bilang "kapan ya aku ngomong? Ga pernah tuh.."
  6. Membuat depresi, stress dan kamu mempertanyakan apakah benar atau salah tindakan ini. Kenapa tidak nyaman tapi seperti tidak ada jalan keluar. nah!
  7. Mempertanyakan logika dan kewarasanmu, ya karena kamu selalu di doktrin dengan banyak perkataan nya yang membuat mu tertekan dan minder. Kamu mulai bertanya tanya "gw bener ga sih.." "apa gw yang salah ya?"
  8. Kamu akan minta maaf walau kamu tidak tau dimana salahmu.
  9. Kamu akan merasa ragu dengan dirimu sendiri
Gaslighting tidak hanya ada di pasangan loh, bisa jadi di teman atau teman kantor atau pasangan.
Tidak mungkin saya salah, kamu pelupa!
Hati hati ya dear. Gaslighting sama dengan pelecehan mental. Lebih baik pergi daripada semakin buruk nantinya.
Atau jika kamu tidak bisa lepas dari seseorang yang gaslighting jagalah kesehatan mentalmu, sayangilah dirimu lebih dan percaya akan akal sehat mu..
Yang bisa menolongmu hanyalah dirimu sendiri..🖤






📢 Republished by [Tahukah Anda ?]  




Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top