Apa saja FAKTA MENCENGANGKAN tentang Kutub Selatan/Benua Antarktika?






[ TahukahAnda.info ]  Benua Antarktika ditutupi es dengan ketebalan rata-rata 1,6 kilometer[1]- 1,9 kilometer[2].




Ada satu tempat di Antarktika seluas 4000 km persegi yang tidak pernah turun hujan maupun turun salju sejak dua juta tahun lalu.

Batu meteorit lebih banyak ditemukan di Antarktika dibanding tempat manapun di Bumi.
Sejak 1976, ada ebih dari 20.000 sampel batuan asing yang berasal dari sumber yang tidak diketahui.
Menurut para ilmuwan, meteorit mendarat dan tersebar di seluruh penjuru bumi dengan probabilitas yang hampir sama. Namun, jika meteorit jatuh di hutan, maka kelembaban dan oksigen akan merusaknya, sedangkan di Antartika, iklim sangat kering, sehingga tidak ada korosi. Selain itu, secara kasat mata, batuan lebih mudah terlihat di permukaan Antartika yang putih.

Di Antarktika ada air terjun berwarna merah dinamakan The Blood Falls
Warna merah ini berasal dari oksidasi batuan yang mengandung logam. Air tidak membeku karena salinitas sangat tinggi, tiga kali lipat dibanding air laut.

Antarktika tidak mempunyai zona waktu resmi

Emilio Marcos Palma adalah manusia pertama yang lahir di Antarktika pada tahun 1978. Seorang anak dari pasangan ilmuwan.

Antarktika tidak mempunyai penduduk asli, namun sekarang sudah ada dua kota di sana
Esperanza Base adalah sebuah kota yang didirikan pada tahun 1953 dan berfungsi sebagai stasiun penelitian Argentina. Kota ini menampung 55 penduduk di musim dingin, termasuk 10 keluarga dan 2 guru sekolah. Kota ini mulai dikenal luas pada tahun 1978 karena kelahiran Emilio Marcos Palma.
Villa Las Estrellas (Kota Bintang) adalah kota kedua yang lebih besar. Didirikan pada tahun 1984 oleh Pinochet dari Chili. Saat ini juga merupakan stasiun penelitian. Di kota ini terdapat sekolah, rumah sakit, asrama, kantor pos, internet dan sinyal ponsel dan bahkan TV.

Di Antarktika hanya ada satu mesin ATM

Total ada tujuh Gereja di Antarktika

Ada lebih dari 300 danau besar yang tertutup lapisan es di Antarktika
Beberapa diantaranya adalah danau yang terisolasi, dalam arti tidak ada perpindahan air selama ribuan tahun. Sehingga ilmuwan percaya dalam danau ini banyak organisme yang mungkin belum pernah ditemukan sebelumnya.

Antarktika adalah satu-satunya benua yang tidak terdapat binatang reptil maupun ular
Kebanyakan adalah Pinguin, paus, anjing laut dan beberapa spesies burung.

Beda dengan Kutub Utara, di Antarktika justru tidak ada Beruang Kutub.
Beruang kutub adalah binatang asli Kutub Utara. Berasal dari leluhur beruang cokelat Eurasia dan Amerika Utara. Mereka tidak berpindah ke kutub selatan karena memang tidak memungkinkan. Lagipula mereka tidak akan bertahan terhadap iklim tropis di antara dua kutub ketika menyeberang.

Sama seperti Kutub Utara, di Antarktika juga tidak terdapat semut

Ada sepasang Ilmuwan yang mendapat match di Tinder di Antarktika
Suatu malam yang dingin dan sepi di bulan Desember, seorang ilmuwan Amerika yang sedang melakukan penelitian di Antartika memutuskan untuk login ke Tinder hanya untuk bersenang-senang. Dia ingin melihat apakah ada perempuan single di benua yang dingin dan sepi itu. Pada awalnya tidak ada profil yang muncul, tetapi setelah memperluas radius, dia menemukan seseorang ilmuwan lain, hanya berjarak 45 menit naik helikopter. Dia swipe ke kanan dan beberapa menit kemudian mereka match.
Peristiwa ini menjadi yang pertama dan satu-satunya pasangan yang bertemu melalui aplikasi Tinder di Antarktika.

Catatan Kaki





📢 Republished by [Tahukah Anda ?]  




Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top