Apa saja misteri mengenai Palung Mariana ?




[ TahukahAnda.info ]  Penduduk bumi mungkin lebih mengenal Gunung Everest sebagai tempat tertinggi di dunia. Namun, sedikit dari mereka yang mengetahui tempat terdalam di dunia. Itu dikarenakan baru 5 persen lautan bumi saja yang telah dijelajahi manusia.

Menurut para ilmuwan, tempat terdalam di bumi yang diketahui sejauh ini bernama Palung Mariana. Palung tersebut berada di sebelah barat Samudera Pasifik, tepatnya di dekat Kepulauan Mariana. Palung Mariana adalah palung curam berbentuk huruf V, dengan panjang 1.500 km, dengan kedalaman kurang lebih 11.000 meter.


Dikutip dari East News, sebagai perbandingan, dalamnya Selat Mariana (10.927 meter) melebihi tinggi Gunung Everest (8.848 meter). Palung ini juga dikenal sebagai tempat paling misterius di bumi, tentu tidak semua orang bisa dan berani untuk mengeksplorasi Mariana. Itu dikarenakan perairannya yang begitu dalam dan berbahaya. Kendati demikian, misteri yang dimiliki Mariana inilah justru yang membuat para ilmuwan penasaran untuk terus mengeksplorasi bawah laut itu.
Dari sejumlah ekspedisi yang pernah dilakukan, yang paling terkenal adalah pada 1960 oleh seorang peneliti dari Swiss bernama Jacques Piccard. Dia menyelami Palung Mariana hingga kedasarnya dengan menggunakan kapal selam.


Saat itu, semua orang sulit memercayai apa yang dilakukan Piccard, karena pada kedalaman tersebut, kapal yang ditumpangi bisa mengalami kerusakan bengkok karena tingginya tekanan air. Selain karena faktor tekanan air, kedalaman Palung Mariana juga terdapat banyak spesies laut yang mematikan.
Ekspedisi yang dilakukan di Palung Mariana adalah untuk membuktikan adanya kehidupan bawah laut. Selama bertahun-tahun, peneliti telah melihat berbagai macam makhuk laut aneh yang ditemukan di dasar samudera dan belum diteliti.



Palung Mariana dimulai dari kedalaman 6.000 meter. Ikan paling dalam yang ditemukan di palung tersebut adalah snailfish, yang berada di kedalaman 7.900 meter. Tubuh hewan ini transparan, sehingga manusia dapat melihat bagian dalam tubuh ikan tersebut melalui kulitnya. Lalu pada kedalaman sekitar 10.900 meter, kita tidak akan menemukan hewan dan makhluk jenis apa pun karena tekanan air yang dihasilkan terlalu tinggi.
Penjelejahan terdalam Palung Mariana sampai saat ini telah mencapai dasarnya pada kedalaman 10.927 meter. Bagian ini diamggap menjadi bagian dasar bumi yang sesungguhnya. Akan tetapi, faktanya hanya sedikit manusia yang pernah datang ke kedalaman ini, sehingga sangat seikit yang menguasai pengetahuan tentang dasar bumi. (Icheiko Ramadhanty)

📢 Republished by [Tahukah Anda ?]  




loading...

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini