Cek Fakta : Anies Sedang Bikin Shaf Sholat, Dituding 'Masjid Dicoret-coret, Laknatullah, Bedebah.."




[ TahukahAnda.info ]   Beredar foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diklaim sedang mencoret-coret masjid.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Aska kemudian dibagikan ke grup Presiden Akal Sehat (Rocky Gerung), pada 5 Juni 2020.

Foto yang diunggah akun Facebook Aska memperlihatkan Anies Baswedan sedang memegang spidol dan membuat bentuk kotak panjang, pada lantai di dalam masjid. Dalam foto tersebut Anies didampingi empat orang.




Pada unggahan foto tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"Vangke kaf1r.. Laknatulloh... Bedebah..

Mesjid di Coret2......"

Benarkah klaim foto Anies Baswedan mencoret-coret masjid?

Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim memperlihatkan Anies Baswedan sedang mencoret-coret masjid, dengan menjadikan gambar tersebut bahan penelusuran menggunakan Google Reserve Image.

Hasil penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Jelang Sholat Jumat, Anies Cek Kesiapan Masjid Fatahillah" yang dimuat situs megapolitan.okezone.com, pada 5 Juni 2020. Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.


Pada foto tersebut, diberikan keterangan sebagai berikut:

"Gubernur Anies Baswedan dan sejumlah pejabat di Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta (Instagram @aniesbaswedan)"

Penelusuran dilanjukan dengan mengunjungi sumber foto yang berasal dari akun Instagram resmi @aniesbaswedan.



Akun Instagram resmi @aniesbaswedan, mengunggah rangkaian foto salah satunya seperti yang terdapat pada klaim, pada 5 Juni 2020.


Kegiatan Anies dalam foto tersebut adalah meninjau kesiapan Masjid Fatahillah di kompleks Balai Kota DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, untuk menggelar Salat Jumat perdana di hari pertama masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Jika rangkaian foto tersebut diperhatikan secara utuh, terlihat
Anies sedang membuat shaf sholat sesuai dengan protokol kesehatan di era pandemi Covid-19.

Berikut keterangan foto tersebut di akun Instagram Anies Baswedan:

"Alhamdulillah, berbagai parameter tunjukkan penularan wabah di Jakarta melandai, walau masih jauh dari bisa dibilang tuntas.⁣⁣⁣⁣Dengan diterapkannya #PSBBTransisi mulai hari ini 5 Juni 2020, kegiatan ibadah berjamaah boleh kembali dilakukan di rumah ibadah, dengan tetap harus ikuti protokol kesehatan secara ketat.⁣⁣⁣⁣

Ingat, kegiatan ibadah berjamaah tanpa memperhatikan protokol kesehatan di berbagai daerah dan negara sering menjadi salah satu sumber kluster penularan COVID-19. Kita tentu tidak mau kembali ke masa-masa di mana kegiatan ibadah berjamaah terpaksa dilarang sepenuhnya.⁣⁣⁣⁣

Oleh karena itu, perhatikan dan taati benar-benar protokol kesehatan di Rumah Ibadah:⁣⁣
-Jumlah peserta ibadah maksimal 50% dari kapasitas.⁣⁣
-Menerapkan jarak aman (1 m) antar orang.
⁣⁣-Mencuci tempat kegiatan dengan disinfektan sebelum dan setelah kegiatan.⁣⁣
-Setelah tempat ibadah dipakai untuk kegiatan rutin, ditutup kembali.⁣⁣⁣⁣


Bagi Masjid/Musholla:⁣⁣
-Tidak menggunakan karper/ permadani, setiap jamaah harus membawa sendiri sajadah/alat sholat.⁣⁣
-Penitipan alas kaki ditiadakan, setiap jamaah harus membawa sendiri kantong/tas dan membawa masuk alas kakinya masing-masing.⁣⁣⁣⁣

Mari laksanakan dengan disiplin oleh pengurus rumah ibadah dan warga Jakarta yg akan beribadah, saling mengingatkan antar jamaah, dan kita semua berharap bisa melewati transisi fase pertama ini dengan baik.⁣⁣⁣⁣Semoga Allah SWT melindungi kita semua."

Arti Istilah Coret-Coret

Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri arti kata coret-coret dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring di tautan kbbi.kemdikbud.go.id.

Berikut artinya:

Kesimpulan

Klaim klaim foto Anies Baswedan mencoret-coret masjid tidak benar, dalam foto tersebut Anies sedang membuat shaf salat di Masjid Fatahillah di kompleks Balai Kota DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Pembuatan shaf dalam rangka persiapan Salat Jumat perdana di hari pertama masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Apa yang dilakukan Anies Baswedan sama sekali tidak memenuhi dengan arti kata 'coret-coret' dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

(Sumber: Liputan6)



📢 Republished by [Tahukah Anda ?]  




Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !

Back to Top


Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini