Fakta Ustadz Zainal Abidin, Pendakwah "SALAFI" yang Viral Gara-gara Trending #LaguAnakMurtad




[ TahukahAnda.info ]  Sosok Ustaz Zainal Abidin mendadak jadi perbincangan hangat setelah potongan video ceramahnya viral di sosial media. Dalam tayangan yang ada, ia menyebutkan bahwa lagu berjudul ‘Balonku’ dan ‘Naik-naik ke Puncak Gunung’ mengajarkan anak-anak membenci Islam.


Potongan video ceramahnya juga diunggah oleh komika Arie Kriting di Twitter pribadinya. Dilansir dari Suara (12/06/2020), ceramah bertajuk Prioritas Tauhid itu disampaikannya di Imam Bukhori Center Dumai Riau, beberapa waktu lalu. Lantas, siapakah sosok Ustaz Zainal Abidin?



Sosok penceramah yang videonya banyak bertebaran di YouTube


Sebagai seorang pendakwah, Ustaz Zainal Abidin aktif memberikan ceramah keagamaan maupun membagikan kisah-kisah yang masih bersinggungan dengan topik agama. Salah satunya yang berkaitan dengan kontroversi soal sebutan Wahabi yang banyak beredar di tengah-tengah masyarakat.

Tak hanya itu, video-video ceramahnya yang mudah ditemukan di YouTube juga kerap membahas masalah-masalah tentang praktik keagamaan yang dilakukan masyarakat, sejarah Walisongo, hingga pandangannya terhadap tradisi lokal Indonesia yang kerap dijadikan sebagai bagian dari ibadah.

Sempat berdialog soal bid’ah dengan Ustaz Idrus Ramli


Sosok Ustaz Zainal Abidin juga sempat menjadi sorotan tahun 2013 silam saat beradu argumen dengan Ustaz Idrus Ramli. Tema yang diambil saat itu memang cukup sensitif dan tengah hangat-hangatnya diperbincangkan di tengah-tengah masyarakat, yakni perkara bid’ah.

Tak sendiri, Ustaz Zainal Abidin didampingi oleh Ustaz Firanda Andirja. Sementara Ustaz Idrus Ramli hadir bersama Ustaz Muhammad Toha Syadzili. Acara yang berlangsung pada 28 Desember 2013 itu banyak menarik perhatian khalayak umum. Baik bagi yang hadir secara langsung maupun melihat rekamannya yang beredar di Youtube.

Kisah masa lalunya yang diangkat oleh akun YouTube Yufid TV

Perjalanan spiritual Ustaz Zainal Abidin terbilang cukup berliku. Sebelum dikenal sebagai pendakwah, dirinya merupakan figur yang dikatakan lekat sebagai pelaku tradisi. Hal ini tak mengherankan karena Ustaz Zainal Abidin lahir dan dibesarkan di lingkungan keluarga tradisional.
Hingga pada akhirnya, Ustaz Zainal Abidin bercerita dirinya secara perlahan mulai mengenal dakwah sunnah – sesuatu yang selama ini ditentangnya dengan keras, dan secara perlahan mulai mengubah hatinya. Kisahnya itu diunggah oleh akun YouTube Yufid.TV – Pengajian & Ceramah Islam berjudul “Kisah Islami: Kisah Taubat Sang Penentang Sunnah – Ustaz Zainal Abidin”.

Sosoknya viral lewat potongan video ceramah yang beredar di sosial media

Ustaz Zainal Abidin. kembali menjadi sorotan setelah potongan video ceramahnya viral di sosial media. Hal ini terjadi setelah Peneliti Budaya Pesisiran, Rumail Abbas, mengunggahnya di akun Twitter pribadinya pada hari Kamis(11/6/2020). Potongan video tersebut juga terlihat di linimasa Komika Arie Keriting.
Dalam potongan isi ceramah yang disampaikan pada tahun 2018 lalu itu, Ustaz Zainal Abidin mengatakan bahwa lagu berjudul ‘Balonku’ dan ‘Naik-Naik ke Puncak Gunung’ mengajarkan anak-anak membenci Islam. Alhasil, unggahan ini pun mendapat tanggapan yang beragam dari para netizen.

Potongan video ceramahnya yang viral di dunia maya ternyata banyak mengundang perhatian netizen. Tagar #LaguAnakMurtad pun sempat menjadi trending topic di linimasa Twitter dan banyak menuai komentar yang beragam. Kalau pendapatmu gimana nih Sahabat.

📢 Republished by [Tahukah Anda ?]  




Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini