Mengapa Pasukan khusus Denjaka TNI-AL begitu disegani oleh Navy Seal Amerika ?






[ TahukahAnda.info ]  Disclaimer : Saya tidak bermaksud menghina atau merendahkan siapapun di sini. Saya hanya memberikan pandangan objektif.

Mengapa Pasukan khusus Denjaka TNI-AL begitu disegani oleh Navy Seal Amerika?


Karena Media Indonesia terlalu melebih-lebihkan.
Contohnya berita yang satu ini :
Jika saudara mencari berita atau list tentang pasukan khusus terbaik di dunia pada artikel berbahasa asing, anda akan sangat sulit bahkan tidak mungkin menemukan nama dari Denjaka, Kopassus, dan segala macam pasukan khusus dari Indonesia disebut.
Saya kasih link contoh artikel berbahasa asing yang melist pasukan khusus terbaik di dunia dan di sana tidak nama Denjaka sama sekali :
….
Pada kenyataannya sangat sulit untuk disegani di kalangan Navy Seal sendiri. Untuk bisa disegani, biasanya seorang personil harus memiliki yang namanya " Real Combat Experience " atau Pengalaman pertempuran nyata.
US Navy seal memiliki kiprah yang sudah melanglang buana melewati segala pertempuran yang pernah terjadi di segala penjuru dunia. Sejarah Navy Seal bisa dilacak dari berbagai organisasi pasukan khusus pendahulu mereka yang terjun di Perang Dunia Kedua.
Mereka sudah melewati berbagai Operasi militer seperti Perang Iran-Irak (1987–88), Intervensi di Panama 1989, Perang Teluk (1990–1991), Perang Afghanistan (2001), Perang Irak (2003), Perang melawan teroris (2001-sekarang).
Illustrasi Navy Seal yang diterjunkan di Afghanistan :
Sekarang bandingkan dengan DENJAKA, apakah mereka memiliki pengalaman pertempuran sehebat US Navy Seal ?
Bahkan saya kira DENJAKA juga masih kalah jauh dengan Beberapa pasukan khusus lain seperti Spetsnaz (Russia), Sayeret Matkal (Israel), atau SAS (Inggris). Kondisi Indonesia yang relatif damai dan tidak terlibat dalam perang di belahan dunia lain membuat para tentaranya tidak memiliki pengalaman pertempuran yang nyata. Tentara Indonesia sekarang ini paling banter hanya bertugas sebagai Penjaga Perdamaian atau bantuan kemanusiaan.
Walau memang bagus Indonesia yang damai dan tidak perlu mengorbankan nyawa prajuritnya dalam pertempuran. Tapi hal ini juga membuat pasukan khusus seperti DENJAKA hampir tidak mungkin dihormati oleh personil US Navy Seal yang lebih battle hardened.
THANK U :)
DAFTAR GAMBAR
Pasukan Khusus Denjaka. [1]
Navy SEALs on Deployment in Afghanistan | Discover Military [2]
U.S. Navy SEALs inspecting a cache of enemy munitions and weapons in Paktia province, Afghanistan, February 2002.[3]
DAFTAR PUSTAKA
Catatan Kaki






📢 Republished by [Tahukah Anda ?]  




Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top