Erdogan Resmikan Pembukaan Kembali Biara Bersejarah Abad Ke-4 Yang Diperbaiki Pemerintah Turki







 Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada Selasa (28/7/2020) membuka kembali Biara Sümela pasca restorasi di provinsi Trabzon di Laut Hitam Turki melalui upacara konferensi video.

Biara Sümela adalah kompleks biara yang dibangun di atas tebing curam setinggi 1.200 meter di Lembah Altındere yang dibangun pada tahun 385 Masehi. Setelah Ottoman berkuasa, biara ini tetap dipelihara dan digunakan umat Kristiani.

"Ini memang MARVELOUS (menakjubkan) banget! Saya pernah ke sana dan takjub peradaban Kristiani di era pra Ottoman itu memang dahsyat. Bangun monastri (biara) di pinggir tebing ini gimana. Jalan ke atas aja udah capek. Dan TURKI merawatnya dgn baik. Sumela Monastry, namanya," ujar Herriy Cahyadi @herricahyadi, mahasiswa Indonesia yang tengah menemuh program doktoral di Turki.

Berbicara pada upacara pembukaan, Erdogan mengatakan, "Jika Turki tidak menghormati budaya yang berbeda, seperti yang diklaim oleh beberapa negara Barat, itu tidak akan memulihkan dan melestarikan artefak bersejarah seperti itu." Dia merujuk pada kritik pembukaan kembali Turki terhadap museum Hagia Sophia di Istanbul sebagai masjid. Dia juga mengatakan warga negara Ortodoks Turki pada bulan Agustus akan dapat menghadiri Litani Santa Perawan Maria di biara ini, sebuah kebaktian keagamaan yang tidak dapat mereka hadiri karena pekerjaan pemulihan (restorasi).

Sebagai bagian dari pekerjaan, pemulihan batu yang terletak di gerbang masuk biara sebagian besar telah selesai, sementara pekerjaan pada permukaan batuan di atas biara akhirnya dilakukan oleh pendaki industri. Juga, sebagai bagian dari pekerjaan restorasi, tebing curam dibersihkan dan perancah pelindung dipasang untuk mencegah kerusakan pada struktur yang mendasarinya.

Sumber: Daily Sabah 
 

source https://www.kontenislam.com/2020/07/erdogan-resmikan-pembukaan-kembali.html

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top