Ketua Bamusi: RUU HIP Untuk Menguatkan Dan Membumikan Pancasila




Ketua Bamusi: RUU HIP Untuk Menguatkan Dan Membumikan Pancasila

PDI Perjuangan menjadi pihak yang paling tersudutkan dari gencarnya penolakan terhadap pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila.
Dengan munculnya inisiatif RUU HIP tersebut, tidak sedikit yang memandang PDIP ingin mengubah Pancasila sebagai ideologi negara.

Ketua PP Bamusi, Faozan Amar menyebutkan, menyudutkan PDIP dalam usulan RUU HIP adalah satu kekeliruan.

Bagi dia, PDIP tidak dalam posisi ingin mengganti Pancasila. Menurutnya, usulan RUU HIP muncul karena faktor sosiologis dan Historis.

"RUU HIP yang akan berubah menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila, muncul karena alasan sosiologis dan yuridis. Di mana sejak reformasi 1998-2018 masyarakat banyak lupa tentang Pancasila," ujar Faozan dalam diskusi virtual  dengan tema “Agenda Dibalik RUU HIP”, Jumat (3/7).

Jangankan melemahkan, kata Faozan, RUU HIP yang berujung polemik justru akan menjadi langkah penguatan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman bernegara.

“Justru RUU HIP ini untuk menguatkan dan membumikan Pancasila baik dalam sosialisasi maupun implementasinya, serta melindungi dari ideologi lain seperti komunisme, liberalisme dan ekstrimisme beragama dengan payung hukum yang kuat," tegas Faozan. (Rmol)


source https://www.kontenislam.com/2020/07/ketua-bamusi-ruu-hip-untuk-menguatkan.html

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top