Saleh Daulay Kritik Komite Covid-19 Yang Hanya Mendahulukan Ekonomi Dibanding Kesehatan Rakyat




Saleh Daulay Kritik Komite Covid-19 Yang Hanya Mendahulukan Ekonomi Dibanding Kesehatan Rakyat

Pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional memperlihatkan prioritas pemerintah lebih kepada pemiluhan ekonomi dibanding kesehatan masyarakat.
Kalau kita lihat dari struktur organisasi dalam komite penanganan Covid-19 ini menurut saya ada ketidakproporsionalan. Kalau kita lihat orang-orangnya, itu lebih banyak ahli bidang ekonomi yang menangani persoalan ekonomi dibandingkan dengan mereka yang ahli penanganan kesehatan," kritik anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay dalam acara ILC, Selasa (11/8).

Politisi PAN ini menjelaskan, ketidakproporsionalan itu tampak pada struktur organisasi di dalam komite tersebut yang mayoritas dari kementerian bidang perekonomian. Sedangkan, untuk bidang kesehatan hanya Menkes Terawan Agus Putranto.

"Coba kita lihat misalnya dari ketua itu kan Menko Perekonomian, wakil ketuanya menko-menko lain termasuk wakil ketua lima adalah Menkes. Jadi kalau kita lihat semua itu, mereka itu adalah yang bukan ahli di bidang kesehatan. Termasuk yang pada tataran praktis yang teknis," jelasnya.

Menurutnya, pemerintah dalam penanganan Covid-19 ini masih belum seimbang antara ekonomi dan kesehatan. Oleh sebab itu, pihaknya meminta agar pemerintah melakukan evaluasi kembali perihal komite tersebut.

"Artinya masalah ekonomi kesannya masih lebih layak didahulukan dibandingkan penanganan kesehatan. Maka dari itulah saya bilang ketimpangan seperti ini harus dievaluasi lagi atau kalau perlu penambahan struktur organisasi di dalam komite ini perlu dipertimbangkan," tandasnya.
(Rmol)


source https://www.kontenislam.com/2020/08/saleh-daulay-kritik-komite-covid-19.html
loading...

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini