Senator Jakarta: Kepala Daerah Jangan Paksakan Diri Terapkan Sekolah Tatap Muka




Senator Jakarta: Kepala Daerah Jangan Paksakan Diri Terapkan Sekolah Tatap Muka

Pembelajaran secara tatap muka harus benar-benar dipertimbangkan dengan matang mengingat saat ini wabah virus corona baru (Covid-19) belum surut.

Para kepala daerah yang wilayahnya dikategorikan zona hijau dan kuning pun diminta hati-hati dan selektif membuka kembali sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka kembali.

Selain harus didasarkan atas protokol kesehatan yang sangat ketat, banyak hal yang sifatnya substantif dan teknis yang benar-benar harus dipersiapkan agar sekolah benar-benar aman dari penularan Covid-19.

“Jika memang belum siap 100 persen, kepala daerah tidak usah memaksakan diri membuka sekolah dulu," kata anggota DPD RI Fahira Idris dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/8).

Menurutnya, menerapkan protokol kesehatan yang ketat butuh persiapan dan implementasi yang matang, termasuk hal-hal yang sangat teknis seperti transportasi anak ke sekolah.

Walau wilayah termasuk zona hijau sekalipun, kata senator Jakarta ini, bukan berarti potensi penularan tidak ada. Terlebih penetapan zona hijau hanya didasarkan karena wilayah tersebut tidak memiliki kasus terkonfirmasi, tanpa didahului oleh tes corona sesuai anjuran WHO yakni satu per seribu orang.

Sebagai penanggung jawab penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing, lanjut Fahira, kepala daerah tentu paling memahami bagaimana kondisi wilayahnya masing-masing termasuk berbagai potensi penularan atau kemampuan tes corona di daerahnya apakah sudah dilakukan sesuai anjuran WHO.

Selain kesiapan infrastruktur sekolah, kesiapan guru, murid, dan orang tua, hal penting lain yang harus dipastikan kepala daerah adalah mekanisme pengawasan penerapan protokol kesehatan jika pembelajaran tatap muka dilakukan.

Selain itu, ia menekankan harus ada lembaga yang memang dibentuk untuk melakukan pengawasan bahwa sekolah-sekolah yang dibuka, secara konsisten benar-benar melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

“Ini penting agar di sekolah tidak terjadi kasus penularan yang tentunya sangat-sangat tidak kita inginkan," tandasnya(rmol)


source https://www.kontenislam.com/2020/08/senator-jakarta-kepala-daerah-jangan.html

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top