20+ Rahasia Pekerja Bandara yang Tidak Beritahu Penumpang Biasa




  Kami, sebagai penumpang, hanya ingin penerbangan kami tepat waktu dan bagasi kami dikirimkan dengan aman, dan karyawan bandara memiliki banyak pekerjaan karena check-in dan pemeriksaan keamanan hanyalah puncak gunung es. Dari saat Anda memasuki gedung bandara dan hingga saat Anda mendarat, Anda terus diawasi. Semua prosedur pra-penerbangan Anda merupakan kompromi antara keselamatan dan kecepatan.




Pemindai termal membantu mengidentifikasi orang dengan suhu tubuh tinggi dalam kelompok orang lain.


  • Pemindai termal digunakan untuk melacak suhu tubuh orang agar tidak mengizinkan orang yang sakit di dalam pesawat. Kontrol ini sangat teliti selama wabah flu. Perangkat dapat mengukur suhu seseorang dari jarak 10 meter dengan akurasi 0,1 °.

  • Di beberapa bandara, ada profiler  - spesialis yang memperhatikan bahasa tubuh, peniruan, dan pola perilaku penumpang dan mencoba mengidentifikasi orang yang berpotensi berbahaya.

  • Pemindai yang digunakan di bandara benar-benar aman . Mesin sinar-X yang digunakan di rumah sakit memiliki kekuatan sekitar 600 mikrosievert dan pemindai bandara modern tidak lebih dari 0,5 mikrosievert.

  • Ada perangkat lunak komputer khusus yang digunakan untuk memproses rekaman kamera CCTV. Ini memperkirakan keadaan psikologis orang dan dapat mengubah gerakan terkecil orang menjadi indikator warna: banyak hijau - aman, banyak merah - alasan untuk menghentikan mereka untuk cek.

  • Nampan plastik di area keamanan adalah barang paling kotor di seluruh bandara. Ilmuwan menemukan 10 virus pernapasan, seperti flu tipe A, dan lebih dari 100 mikroorganisme patogen.

  • Potongan pakaian yang paling mencurigakan dan alasan paling populer untuk pemeriksaan keamanan tambahan mungkin adalah celana kargo longgar dengan banyak saku dan gaun panjang serta rok.

  • Petugas keamanan tidak akan menyukainya jika Anda menyebutkan senjata, meskipun itu lelucon, jika Anda memiliki banyak uang, atau jika Anda terlalu khawatir tentang penerbangan yang akan datang.

  • Jika penumpang memiliki rambut yang terlihat lucu , kemungkinan besar mereka akan diundang untuk pemeriksaan tambahan karena gaya rambut besar bisa menyembunyikan senjata.



Lebih baik bersikap tenang dan informatif saat menjawab pertanyaan seperti, "Ke mana Anda terbang?", "Apa yang Anda bawa?", Dan "Apa tujuan kunjungan Anda?"

  • Jika seorang karyawan melihat paspor dan tiket Anda dan bertanya, "Ke mana Anda terbang?", Mereka tidak bercanda. Ini adalah bagian dari proses pembuatan profil yang mencoba mengidentifikasi orang yang mencurigakan. Jika Anda bereaksi terlalu cepat atau menjawab dengan cara yang tidak percaya diri, ini mungkin menjadi alasan untuk pertanyaan lebih lanjut. Jika Anda belum pernah melakukan sesuatu yang ilegal dan Anda hanya khawatir karena semua pertanyaan dan kecurigaan, beri tahu karyawan tersebut tentang hal itu. Setelah ini, mereka cenderung berpikir Anda aman.

  • Agar tidak menarik perhatian tambahan dari layanan keamanan, lebih baik  tidak menggunakan jepit rambut. Jika Anda memiliki terlalu banyak, detektor logam mungkin bereaksi terhadapnya atau terhadap gelang dan kalung logam besar lainnya.

  • Orang-orang yang mencurigakan dikirim untuk pemeriksaan keamanan tambahan dengan pemindai yang dapat melihat secara harfiah melalui organ internal mereka. Di masa lalu, pemindai digunakan untuk menampilkan seluruh tubuh tetapi mesin saat ini hanya menampilkan benda asing dan menyembunyikan bagian tubuh.

  • Jika Anda mencoba membawa sesuatu yang dilarang, Anda tidak akan bisa  mendapatkan benda itu kembali. Layanan keamanan akan memutuskan apa yang harus dilakukan dengan hal-hal ini. Beberapa di antaranya dibuang, beberapa dijual di pelelangan.

  • Untuk menghindari kesalahan, petugas keamanan sering berganti posisi setiap 30 menit. Mereka tidak melakukan pekerjaan yang sama untuk waktu yang lama karena jika mereka melakukannya, tindakan monoton dapat menyebabkan mereka melakukan kesalahan dan kehilangan sesuatu yang penting. Perubahan fokus ini membantu agen menjadi lebih terkonsentrasi.

  • Tepat sebelum Anda memasuki pos pemeriksaan keamanan, agen keamanan bandara akan menandai tiket Anda dengan nomor lencana mereka, atau indikasi lain dari siapa yang memeriksa Anda untuk memberi tahu petugas pos pemeriksaan lain bahwa Anda harus menerima pemeriksaan tambahan.


Oranye untuk pakaian dan air, hijau untuk logam, dan biru untuk perangkat elektronik.


  • Bagasi dan koper jinjing diperiksa dengan mesin sinar X khusus yang tidak dapat melihat melalui benda yang dibungkus dengan kertas timah. Ini menghalangi sinar-X, itulah mengapa tampak seperti titik hitam di layar. Anda akan diminta membuka tas dan menunjukkan benda yang dibungkus.

  • Hewan-hewan yang bekerja di bandara sangat kuat karena kondisi kerja yang sulit: ada banyak orang, banyak kebisingan, dan banyak bau yang berbeda. Anjing ini tidak hanya mencari obat, tetapi juga uang dalam jumlah besar, dan zat lain yang mungkin diselundupkan.

  • Seekor anjing yang melihat sesuatu yang mencurigakan tidak akan menggonggong dengan keras dan membuat takut semua orang di sekitarnya. Ia menggunakan bahasa tubuh yang halus, misalnya, mengibas-ngibaskan ekornya untuk memberi tahu petugas tentang ancaman tersebut. Dengan cara ini, saat anjing mencium sesuatu, petugas masih memiliki waktu untuk memberi sinyal tanpa menimbulkan kecurigaan.

  • Setelah seekor anjing selesai bekerja dalam penerbangan, itu diberi hadiah. Tetapi ada metode khusus Petugas menyembunyikan bagasi pelatihan khusus yang berisi tiruan dari zat terlarang. Saat anjing menemukannya, ia mendapatkan mainan favoritnya. Ini diperlukan untuk mendukung minat mereka pada pekerjaan itu. Petugas keamanan menyatakan bahwa anjing harus aktif. Inilah sebabnya mengapa ada orang-orang istimewa yang meniru bau berbahaya di bandara agar anjing tetap tertarik.


Saat Anda berada di ruang tunggu, bagasi Anda berjalan dengan kecepatan tinggi menggunakan semacam “rollercoaster” - jalur bergerak besar tempat tas disortir secara otomatis. Di bandara besar, jarak tempuh perjalanan ini mungkin sekitar 2 mil.

  • Petugas keamanan mungkin diberi  tahu jika Anda memiliki bungkus kopi: ini adalah cara klasik untuk menyembunyikan bau zat ilegal. Jika Anda akan terbang dengan benda yang bentuknya aneh, seperti stapler atau kandil panjang, pasti akan terlihat mencurigakan selama pemindaian.

  • Setiap Anda memeriksa tas, ia mendapat stiker dengan kode batang unik. Jika Anda memutuskan untuk meninggalkan stiker ini sebagai kenangan pada penerbangan Anda sebelumnya, ada kemungkinan tas Anda akan hilang pada penerbangan berikutnya. Sistem dapat mendistribusikan bagasi ke sekitar 50 pesawat yang berbeda, jadi sistem mungkin memindai kode batang yang salah dan mengirim tas Anda ke pesawat yang salah. Ngomong-ngomong, sekarang, tas lebih jarang hilang. Menurut SITA, penyedia teknologi informasi internasional, jumlah tas yang hilang telah menurun dari 46,9 juta pada 2007 menjadi 24,8 juta pada 2018. Dan jumlah penumpang hampir dua kali lipat.


Jika tas Anda tampak mencurigakan dan dibuka, seharusnya ada stiker khusus yang bertuliskan tas dibuka untuk pemeriksaan keamanan tambahan.

  • Sebelum naik pesawat, tas Anda akan dipindai dengan Introscope. Dan tas yang tampak paling berbahaya dapat diperiksa dengan 4 perangkat lain, termasuk tomograf komputer dan mesin difraksi.

  • Sangat sering, meskipun dengan jumlah perangkat modern yang berbeda, orang-orang memeriksa barang bawaan mereka. Ini karena mungkin sangat sulit untuk membedakan banyak zat dari satu sama lain selama pemindaian. Misalnya, kartu musik terlihat seperti bom di pemindai dan sepotong  keju besar mungkin terlihat seperti cairan peledak.

  • Petugas di bandara mengambil dan membuang hingga 125 tas setahun. Menurut mereka, kemungkinan besar penyebab hilangnya bagasi adalah terlambat tiba di bandara. Diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk memeriksa Anda, tetapi mungkin perlu lebih banyak waktu untuk memeriksa bagasi Anda, sehingga mereka tidak akan naik pesawat yang sama dengan Anda.



  • Yang paling dibenci para mover adalah tas yang dikemas penuh barang. Sangat sering, mereka dibuka dan penggerak harus menutupnya untuk Anda. Yang terburuk mungkin adalah cairan di kantong samping kecil. Mereka membocorkan dan menodai tas tetangga.
  • Tas dengan pegangan yang nyaman kemungkinan besar akan tetap utuh. Idealnya, pegangan ini harus ada di atas dan di bawah. Mereka adalah tas pertama yang naik ke pesawat. Cara lain untuk menyimpan barang bawaan Anda adalah dengan tidak membuatnya terlalu berat. Lebih baik membawa 2 tas besar dan ringan daripada satu tas berat.

Ruang kendali


  • Ada beberapa tempat kerja di ruang kontrol : orang yang mengendalikan pesawat di darat, dan orang yang mengontrol lepas landas dan mendarat. Mereka bertanggung jawab atas berbagai hal. Tetapi untuk menjaga keamanan, mereka harus berkomunikasi satu sama lain. Ada seorang manajer kepala yang mengontrol jumlah pekerjaan yang didapat setiap anggota.

  • Terlepas dari kenyataan bahwa mereka memiliki perangkat, semua operator perlu mengetahui meteorologi . Jika komputer tidak berfungsi, mereka harus dapat menentukan arah dan kecepatan angin menggunakan windsock. Dan untuk menentukan tingkat visibilitas, petugas operator melihat hal-hal spesifik: seperti gedung atau menara di sekitarnya.

  • Jika radio rusak di ruang kendali, petugas operator menunjukkan lampu hijau kepada pilot yang memberi tahu mereka bahwa aman untuk mendarat. Dan jika ada masalah, lampu akan berkedip merah.

  • Ada lusinan operator untuk setiap penerbangan. Tampaknya ada banyak ruang di langit tetapi ini tidak benar: ia terbagi menjadi beberapa area dengan jalan raya dan persimpangannya sendiri. Seluruh langit terbagi menjadi beberapa sektor.


Selang waktu di Bandara Nasional Reagan

  • Setiap 2 jam, petugas operator ruang kendali harus beristirahat . Biasanya selama 20 menit. Ada ruang khusus untuk istirahat dengan sofa dan TV. Mereka dapat pergi dan minum kopi, berbaring, berbicara di telepon, berjalan-jalan, atau membaca. Ada juga gym di dalam gedung, tetapi tidak disarankan untuk menggunakannya selama bekerja.


  • Petugas operator harus melatih suara mereka. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka mungkin berbicara dengan pelan, tetapi di tempat kerja, suara mereka berubah seolah-olah menjadi pembawa berita. Ini diperlukan untuk memastikan bahwa informasi yang mereka sampaikan di radio benar-benar jelas.


Bandara masa depan



Robot yang membantu di Bandara Incheon, di Seoul memindai boarding pass Anda dan menemani Anda ke gerbang jika Anda terlambat atau tersesat.


  • Belum lama ini, platform khusus ditemukan yang dapat mendeteksi bahan peledak yang disembunyikan di sepatu orang menunggu pemeriksaan keamanan. Pemindai sepatu menggunakan elektroda yang sangat sensitif untuk menganalisis sepatu dan isinya.

  • Para ilmuwan sedang bekerja untuk menciptakan kecerdasan buatan dengan versi pemindai gelombang milimeter yang lebih sensitif yang sudah digunakan di bandara. Ini akan memungkinkan penumpang melewati pemindai tanpa mengosongkan kantong mereka dan petugas keamanan masih dapat mendeteksi ancaman tersembunyi.

  • Penumpang tidak perlu mengeluarkan semua perangkat elektronik dan cairan dari tasnya. AI akan dapat menganalisis laptop biasa dan memeriksanya untuk melihat apakah itu diubah untuk memuat materi yang belum pernah dilihat sistem di laptop lain sebelumnya.

  • Ada  nampan makanan ramah lingkungan . Terbuat dari biji kopi, daun pisang yang diperas, dan sendoknya dari kelapa yang harganya murah dan mudah ditemukan.
  • Ada sistem baru yang disebut MagRay berdasarkan teknologi yang digunakan dalam pengobatan. Ini adalah kombinasi sinar-X, dan resonansi magnetis nuklir yang digunakan dalam MRI. Kedua metode tersebut digabungkan untuk dapat membedakan cairan berbahaya dari cairan yang aman dengan cepat.

  • Robot akan dapat mengambil bagasi penumpang tepat di pintu masuk. Robot-robot ini, yang dikembangkan oleh  SITA , sedang diuji di sebuah bandara di Jenewa. Perangkat ini memungkinkan penumpang untuk memindai boarding pass mereka, meletakkan tas mereka di robot, dan meletakkan tag yang dicetak robot di tas. Bandara Singapura juga memiliki terminal robot sekarang. Penumpang memiliki akses ke tabel check-in otomatis dan kontrol paspor dengan sistem pengenalan diri.

Menurut Anda seperti apa bandara di masa depan?

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini