59 Negara Menutup Pintu Untuk WNI, RR: Sungguh Ironi, Pemerintah Tidak Suka Lockdown, Tapi Akhirnya Di-Locked Down Negara Lain





 Sebanyak 59 negara menutup pintu untuk warga Indonesia. Negara-negara tersebut khawatir pendatang asal Indonesia bisa menularkan virus corona.

Kondisi ini sungguh ironi. Indonesia yang tidak mau menerapkan kebijakan lockdown tapi akhirnya di-lockdown oleh negara-negara lain.

Hal ini disampaikan ekonom senior mantan Menko Perekonomian Dr. Rizal Ramli melalui akunnya di Twitter, Minggu (6/9/2020).

"Pemerintah tidak suka lock-down, tapi akhirnya Indonesia yang di-locked-down oleh negara-negara lain - what an irony," tulis Rizal di akun @RamliRizal.

Dalam twit itu Rizal menyertakan sebuah tautan berita tentang 59 negara yang tak mau dimasuki WNI. Kebijakan itu didasari kekhawatiran bahwa WNI yang datang akan membawa Covid-19.

Sebelumnya pemerintah Malaysia menutup pintu masuk bagi warga negara asing pemegang visa jangka panjang dari 23 negara yang berisiko tinggi terhadap COVID-19, termasuk dari Indonesia.

Menurut Dirjen Imigrasi Malaysia Indera Khairul Dzaimee Bin Daud, negerinya melarang masuk WNA dari negara-negara dengan jumlah kasus COVID-19 melebihi 150.000.

Negara yang masuk dalam daftar larangan imigrasi Malaysia itu antara lain Amerika Serikat, Brazil, India, Rusia, Peru, Kolombia, Afrika Selatan dan Indonesia. Saat ini jumlah kasus Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Data pemerintah per Minggu (6/9) pukul 12.00 WIB memperlihatkan adanya 3.444 kasus positif Covid-19. Adapun jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 194.109.


source https://www.kontenislam.com/2020/09/59-negara-menutup-pintu-untuk-wni-rr.html
loading...

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini