Adhie Massardi: Sri Mulyani Ngelindur Pansus Century-nya Sampai Today

Artikel Terbaru Lainnya :

Adhie Massardi: Sri Mulyani Ngelindur Pansus Century-nya Sampai Today

Menteri Keuangan Sri Mulyani masih ngelindur atau mengigau soal kasus Bank Century. Di mana dalam kasus ini, dia merasa pembentukan Panitia Khusus di DPR tahun 2009 lalu bertujuan untuk menjatuhkan dirinya.

Ngelindurnya sampai today,” begitu kata Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi dalam akun Twitter pribadinya, Jumat (18/9).

Kicauan ini mengomentari sebuah artikel berjudul “Mengapa Sri Mulyani Ngember di Wall Street Journal”. Artikel itu sendiri dimulai dengan pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang secara terang-terangan mengatakan bahwa pembentukan Panitia Khusus untuk mengusut megaskandal dana talangan Bank Century yang membengkak hingga Rp 6,7 triliun punya maksud lain. Yakni, mendiskreditkan dan menjatuhkan dirinya.

Pernyataan Sri Mulyani itu menjadi menarik lantaran dimuat di harian Wall Street Journal pada 10 Desember 2019.

Menkeu berpredikat terbaik dunia itu merasa dirinya bersama Wakil Presiden Boediono dijadikan objek penyelidikan skandal dana talangan yang dikucurkan antara November 2008 hingga Juli 2009 itu.

Dalam kasus ini sendiri, Sri Mulyani secara ex officio menduduki kursi Ketua Komite Stabilitas Sektor Keuangan (KSSK) saat keputusan “menyelamatkan” Bank Century diambil.

Dia menyetujui usul yang disampaikan Boediono (kala itu Gubernur Bank Indonesia) untuk memberikan status “bank gagal yang berdampak sistemik” untuk Bank Century.

Kepada Wall Street Journal, Sri Mulyani mengatakan bahwa keputusan itu sudah sesuai dengan kewenangan yang mereka miliki. Dia juga mengatakan bahwa keputusan itu diambil untuk menyelamatkan industri perbankan dan perekonomian nasional di tengah krisis saat itu.

Artikel ini semakin menarik karena turut mengutip ucapan Sri Mulyani dalam wawancara dengan Wall Street Journal yang menunjuk hidung elite Golkar sebagai dalang kejatuhan dirinya.

Sri Mulyani terang-terangan menuding Aburizal Bakrie (Ketua Umum Partai Golkar saat itu) tidak suka pada dirinya dan dia tidak berharap siapapun di Golkar akan bersikap baik pada dirinya.

Tudingan ini diduga berkaitan dengan penutupan perdagangan saham milik keluarga Bakrie, Bumi Resource, yang anjlok.

“Pernyataan Sri Mulyani ini jelas mengagetkan. Dia seakan membuka lebar-lebar pintu konfrontasi dengan pihak manapun yang menurutnya hendak menjadikan dirinya sebagai korban dari skandal ini,” demikian bunyi artikel tersebut.(rmol)

 



source https://www.kontenislam.com/2020/09/adhie-massardi-sri-mulyani-ngelindur.html
Back to Top