Perbandingan Militer Turki vs Prancis Tahun 2020 yang Dikabarkan Kian Panas Soal Yunani




 Ketegangan yang terjadi antara Turki dan Prancis berawal dari soal klaim pelecehan kapal di Laut Mediterania. Saat itu, Prancis hendak memeriksa kapal milik Turki, Cirkin, namun menolak dengan cara mematikan sistem pelacakan, menutup ID, dan menolak memberikan lokasi yang dituju.

Tuduhan yang dibuat oleh pejabat Kementerian Pertahanan Prancis tersebut, membuat pihak Turki gerah. Sebelumnya, Prancis juga mendukung Yunani soal aktivitas eksplorasi sumber daya minyak dan gas yang bakal dilakukan oleh Turki. Jika dibandingkan, Inilah kekuatan militer antara Turki dan Prancis berdasarkan Global Firepower 2020.


Turki unggul soal jumlah personel militer aktif dan cadangan dibanding Prancis

Turki memiliki keunggulan dari jumlah personel militer maupun cadangan dari Prancis. Militer Ankara diketahui memiliki tentara sebanyak 355,000 personel dan Prancis sebanyak 268,000 Pasukan. Selisih di antara keduanya pun cukup besar, yakni sebesar 87,000 personel.

Ilustrasi pasukan Turki dan Prancis [sumber gambar]

Untuk kategori pasukan cadangan atau reserve personel, Turki kembali unggul dengan menempatkan 380,000 prajurit. Jauh lebih banyak daripada yang ditugaskan sebagai personel aktif. Sementara Prancis hanya memiliki 183,635 pasukan cadangan untuk militernya.

Alutsista darat Turki menang telak atas Prancis

Di atas kertas, pasukan darat Turki menang telak dari segi kepemilikan alutsista dibanding Prancis, dengan rincian 2,622 tank tempur, 8,777 kendaraan lapis baja, 1,278 artileri swa-gerak, 1,260 artileri medan, dan 438 buah peluncur roket. Jauh di atas kekuatan Prancis yang terbilang lebih sedikit.

Ilustrasi kekuatan darat pasukan Turki dan Prancis [sumber gambar]

Kekuatan pasukan darat Prancis bisa dibilang masih jauh di bawah Turki karena hanya didukung dengan 528 tank tempur, 6,028 kendaraan lapis baja, 109 artileri swa-gerak, 12 artileri medan, dan 13 buah peluncur roket. Di beberapa kategori, Prancis hanya memiliki puluhan unit alutsista dibanding Turki yang mencapai di atas seribu.

Prancis menguasai ruang udara soal jumlah pesawat dibanding Turki

Prancis boleh kalah di darat, namun tidak untuk ruang udara. Angkatan Udara Prancis didukung dengan 269 pesawat tempur, 121 pesawat transportasi, 187 pesawat latih, 45 pesawat untuk misi khusus, 589 helikopter, dan 62 helikopter tempur. Total kepemilikan seluruhnya mencapai 1,229 buah alutsista.

Ilustrasi jet tempur AU Turki dan AU Prancis [sumber gambar]

Turki sejatinya tidak terlalu buruk soal ruang udara dari Prancis. Angkatan Udaranya didukung dengan 206 pesawat tempur, 80 pesawat transportasi, 276 pesawat latih, 18 pesawat untuk misi khusus, 497 helikopter, dan 100 helikopter tempur. Hanya kalah di beberapa kategori alutsista. Total, AU Turki mengoperasikan 1,055 alutsista tempur.

AL Prancis unggul tipis atas AL Turki atas kekuatan di laut

Kedua negara bisa dikatakan berimbang untuk kekuatan lautnya, yakni sama-sama memiliki kelemahan dan kekuatan pada jenis kepemilikan alutsista. Turki memiliki total 149 buah alutsista, dengan rincian 12 kapal selam, 16 frigates, 10 korvet, 35 kapal penjaga pantai, dan 11 kapal penyapu ranjau, namun tak memiliki kapal perusak dan kapal induk.

Ilustrasi kekuatan laut pasukan Turki dan pasukan Prancis [sumber gambar]

Sedangkan AL Prancis mengoperasikan total 180 alutsista yang terdiri dari 4 kapal induk, 9 kapal selam, 11 kapal perusak, 11 frigates, 17 kapal penjaga pantai, dan 17 kapal penyapu ranjau. Kekurangannya hanya terletak pada kepemilikan corvettes, di mana AL Paris tidak memiliki satu pun kapal tersebut.

Jika ditarik ke belakang, Turki dan Prancis pernah terlibat konflik militer yang disebut Perang Silisia (Desember 1918 – Oktober 1921). Peristiwa tersebut terjadi setelah Perang Dunia I usai. Pasukan yang terlibat pada saat itu adalah tentara utama Prancis yang dibantu oleh kolonial Prancis dan Legiun Armenia Prancis, melawan Tentara Nasional Prancis. Kemudian untuk peringkat militer saat ini, Perancis berada di urutan ke 7, sedangkan Turki ada di 11.

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !

Back to Top


Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini