Presiden Jokowi Tegaskan Dukung Palestina Peroleh Hak Kemerdekaan

Artikel Terbaru Lainnya :

Presiden Jokowi Tegaskan Dukung Palestina Peroleh Hak Kemerdekaan 

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina dalam pidato di Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Isu Palestina menjadi perbincangan, setelah sejumlah negara di Timur Tengah menormalisasi hubungan dengan Israel.

Presiden mengatakan, Indonesia bertekad untuk terus berkontribusi bagi perdamaian dunia. Karena itu menjadi amanat konstitusi, yakni menjadi bagian dari solusi.
 
“Secara konsisten, komitmen ini terus dijalani Indonesia, termasuk saat Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB. Spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak, tanpa meninggalkan satu negara pun. No one, no country should be left behind,” kata Kepala Negara dalam pidatonya yang disiarkan langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 23 September 2020.

Jokowi mengingatkan, PBB dibentuk 75 tahun silam adalah bertujuan agar perang dunia tidak terjadi lagi. Dunia menjadi kondusif, aman, dan tenteram.

Indonesia juga berperan dalam menciptakan itu bahwa semua negara di dunia kedudukannya sama, ada kesetaraan. Bahkan, Indonesia melalui Presiden ke-1 Sukarno, menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika pada 1955 di Bandung.

“Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina, untuk mendapatkan hak-haknya,” tutur Jokowi.

Hingga kini, persoalan wilayah antara Palestina dan Israel, masih tidak bisa diselesaikan. Bahkan tidak jarang memakan korban terutama warga Palestina.

Sumber: viva.co.id



source https://www.kontenislam.com/2020/09/presiden-jokowi-tegaskan-dukung.html
Back to Top