Ritual Mengerikan Mencongkel Mata, dan Ritual Mengerikan Lain Yang Dilakukan Rakyat India




 Ritual adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk tujuan simbolis. Biasanya suatu ritual dilaksanakan berdasarkan suatu kepercayaan agama, keyakinan, atau bisa juga berdasarkan suatu tradisi dari suatu komunitas di daerah tertentu dan masih dilakukan secara turun temurun.


Salah satu negara yang memiliki banyak tradisi dan masih dijalankan sampai sekarang adalah India. Negara dengan jumlah penduduknya yang lebih dari satu miliar jiwa ini memang dikenal dengan beragam ritual uniknya. Salah satunya adalah ritual mencongkel mata sendiri yang masih tetap di pertahankan sampai sekarang.

Mencongkel Mata, Ritual Menyeramkan Dari India

Ritual ini berlangsung beberapa hari yang biasa disebut Jaskarupi. Dengan menggunakan benda tajam seperti besi, paku, dan linggis para sufi (pemain) melakukan mutilasi untuk menunjukkan kekuatan "vidalou" yakni kekuatan dari mata para pemain.

Tak segan-segan para pelaku melakukan ritual menyeramkan ini di depan publik langsung. Walau terbilang sangat seram dan menakutkan, nyatanya ritual ini sangatlah menarik bagi banyak orang. Terbukti ketika ritual ini dilakukan banyak orang-orang berbondong-bondong berkumpul untuk melihat langsung dari dekat.

Bahkan tak sedikit para penonton yang menyaksikan mengabadikan ritual seram ini dalam sebuah foto. Dalam aksinya para pemain mencongkel bola mata mereka secara langsung tanpa adanya sebuah obat atau penawar. Sehingga bisa dipastikan jika salah sedikit dalam melakukan ritual ini para pemain akan mengalami rasa sakit yang sangat luar biasa sakitnya.

7 Ritual Mengerikan Yang Dilakukan Rakyat India

7 Ritual Mengerikan Yang Dilakukan Rakyat India


India merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia setelah China, dengan jumlah populasi lebih dari 1 miliar jiwa. India juga merupakan negara terbesar ketujuh di dunia berdasarkan ukuran wilayah geografis. Selain itu Ekonomi di negara yang terkenal dengan Bollywoodnya ini adalah terbesar ke empat di dunia.

Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak tersebut tentunya India memiliki banyak budaya yang beragam. Salah satunya ritual-ritual keagamaan yang masih dipertahankan sampai sekarang. Namun dari banyaknya budaya tersebut ternyata ada ritual di India yang terbilang mengerikan. Seperti 7 ritual paling aneh dan mengerikan yang dilakukan di India berikut ini :



Ritual Jalan Kaki di atas bara

Ritual ini dilaksanakan saat orang India terutama India bagian selatan merayakan festival Theemithi. Orang-orang dewasa dengan telanjang kaki berjalan santai di atas bara api yang menyala-nyala. Ritual ini dilakukan dengan tujuan untuk menghormati dewi Hindu yaksni Draupati Amman.

Ritual ini dimulai saat sang pemimpin atau Imam memulai berjalan  dengan  membawa baskom yang berisi air suci di kepalanya. Tanpa di komando para laki-laki dewasa mengikuti dibelakangnya, berjalan di atas bara api yang menyala-nyala seolah mereka berjalan di sebuah taman.

Dengan berjalan di atas bara api, para laki-laki ini telah membuktikan kesalehannya dengan menahan rasa sakit. Kadang-kadang beberapa peserta menderita luka bakar, yang lainnya terjatuh, melepuh di seluruh tubuh.

Ritual Bertarung dengan Banteng

Kalau di Spanyol dikenal dengan matador, pertempuran dengan banteng di India disebut Jallikattu. Dalam pertempuran ini, seorang laki-laki tanpa senjata melawan banteng yang dianggap  suci. Ritual ini dirayakan selama masa panen, sebagai bentuk syukur kepada dewa-dewa. Jallikattu adalah salah satu olahraga paling berbahaya di India.

Pertempuran dengan banteng tersebut selain sebagai bentuk kemuliaan seseorang juga sebagai ajang untuk memperebutkan hadiah.

Ritual Menyakiti Diri

Ritual ini dilakukan pada bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender Islam.  Bulan ini adalah saatnya ritual untuk memperingati pertempuran Karbala, saat Hussein bin Ali terbunuh.Dalam peperangan ini, 72 orang prajurit tewas.

Para muslim syiah di India dan juga negara-negara  seperti Pakistan dan Bangladesh berkabung. Mereka memperingati hari penting itu dengan mencambuki tubuh telanjang mereka sendiri dengan “matan”, rantai yang dilengkapi dengan pisau yang tajam.

Ritual Bakar diri bagi janda yang ditinggal mati

Ritual ini dipraktekkan secara luas pada abad ke-17 lalu. Ritual yang disebut Sati ini hanya dilakukan oleh seorang perempuan yang ditinggal mati oleh suaminya karena sebab apapun. Seorang janda akan dengan suka rela, membakar dirinya hidup-hidup di samping mayat suaminya yang terbujur kaku. Jika seorang janda ketahhuan melarikan diri dari ritual ini, ancaman sosialnya sangat berat.

Kadang-kadang masyarakat akan memaksa perempuan janda tersebut untuk terjun ke dalam api saat pembakaran mayat suaminya. Pada tahun 1859 Inggris yang saat itu berkuasa di India melarang praktek ini. Namun di beberapa wilayah ritual mengerikan itu masih tetap dijalankan. Saat ini pemerintah India melarang keras ritual janda bakar diri ini, jika ada yang melanggar akan dikenakan sanksi berat.

Lembar bayi dari Candi

Tak kalah berbahayanya dengan ritual-ritual yang di atas, tradisi yang biasa dilakukan pada bulan Desember ini sungguh mengerikan. Setiap tahun lebih dari ratusan bayi-bayi imut tak berdosa harus menjalani ritual ini.

Bayi-bayi lucu itu dilempar ke bawah dari atas candi dengan ketinggian 60 meter. Sementara di bawah orang-orang membentangkan kain untuk menangkap bayi agar tak terjatuh langsung ke tanah.

Ritual ini bertujuan agar pasangan orang tua bayi menjadi pasangan yang terberkati. Dan juga dimaksudkan agar bayi-bayi yang melakukan ritual ini membawa keberuntungan bagi keluarga dan selalu dalam keadaan sehat. Pemerintah India sedang mempersiapkan peraturan untuk melarang ritual yang masih banyak terjadi di daerah selatan Karnataka ini.

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !



Back to Top