Pakar Medis China: Kondisi Trump Lebih Serius Daripada Yang Digambarkan Tim Dokternya




Pakar Medis China: Kondisi Trump Lebih Serius Daripada Yang Digambarkan Tim Dokternya

KONTENISLAM.COM - Kondisi Presiden AS pasca dinyatakan positif terinfeksi virus telah menimbulkan banyak spekulasi tentang penyakitnya. Terutama setelah penampilan singkatnya di luar Rumah Sakit Walter Reed pada Minggu (4/10) sore waktu setempat yang disebut-sebut menyembunyikan kondisi sebenarnya dari pria berusia 74 tahun itu.

Pakar medis China percaya bahwa Trump kemungkinan tengah berada dalam kondisi yang lebih serius dari Covid-19 daripada citra cerah yang dilukis oleh tim medis Trump sejauh ini.

Perjalanan singkat Trump yang keluar dari rumah sakit telah memicu kritik, dan pengamat percaya bahwa upaya Trump untuk memproyeksikan kekuatan dan menggalang dukungan untuk pemilihannya di tengah penyakitnya dapat menjadi bumerang karena ia mengabaikan prosedur standar pengobatan Covid-19, dan menempatkan orang di sekitarnya dalam risiko.

Kecaman juga datang kepada tim medis yang memberi penilaian optimis tim medis Trump terhadap kondisinya. Publik juga dibuat bingung dengan garis waktu infeksi Trump dan perawatannya.

Mark Meadows, kepala staf Gedung Putih, memberikan penilaian yang jauh lebih bijaksana kepada wartawan di luar Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di luar kamera, menyebut tanda-tanda vital Trump mengkhawatirkan, dan memperingatkan bahwa dua hari ke depan akan menjadi penting.

Pernyataan itu bertentangan dengan gambaran cerah tentang kondisi Trump yang dilukis tim medisnya beberapa menit sebelumnya. Timnya mengatakan Trump telah bebas demam selama 24 jam, menjaga kadar oksigen tetap sehat 96 persen, dengan gejala lain yabg juga mereda. Tim medis menghindari pertanyaan seputar apakah Trump pernah menerima oksigen tambahan, dan pembacaan suhunya.

"Trump berusia 74 tahun, laki-laki dan berat, menempatkannya di kelompok yang paling rentan untuk Covid-19. Dia telah diberi steroid deksametason yang biasanya disediakan untuk pasien virus corona yang sakit parah, yang menunjukkan bahwa gejalanya jauh lebih parah daripada yang dilaporkan," kata Yang Zhanqiu , wakil direktur departemen biologi patogen di Universitas Wuhan, seperti dikutip dari GT, Selasa (6/10).

“Kalau mengingat pengobatan wabah di Wuhan, pasien kritis diberikan deksametason. Efektif untuk pasien parah, yang juga diberi oksigen tambahan, atau memakai ventilator. Tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki gejala ringan karena mengandung deksametason. banyak hormon," lanjutnya.

Yang juga mengatakan, penahanan informasi penting oleh Gedung Putih telah menimbulkan kecurigaan bahwa presiden tidak dalam kondisi baik.

Keraguan publik juga muncul setelah menonton pesannya dari Walter Reed Medical Center pada Sabtu (3/10) malam waktu setempat, di mana beberapa editor film melihat kesalahan untuk menyembunyikan batuk Trump ketika dia mengucapkan kata 'therapeutics'.

"Jelas ada pemotongan di sini. Sulit membayangkan alasan apa pun selain meyakinkan publik Amerika bahwa dia lebih sehat daripada yang sebenarnya," kata seorang pengguna Twitter.

Trump dibawa ke Walter Reed Jumat (2/10), tetapi beberapa outlet berita AS melaporkan pada hari Sabtu bahwa Trump mengalami kesulitan bernapas pada hari Jumat, dan diberi oksigen tambahan untuk menjaga tingkat oksigennya selama perjalanannya ke Walter Reed.

Ahli imunologi China mengatakan, jika dia hanya memiliki gejala ringan, dia akan dikarantina daripada dirawat di rumah sakit, mengingat langkah-langkah dan standar Amerika yang longgar tentang wabah itu. Dia tidak mungkin dikeluarkan dari rumah sakit sampai tes asam nukleat negatif, dan kemungkinan untuk pergi pada hari Senin terlihat tipis.

Tetapi ahli imunologi lain yang berbasis di Beijing yang meminta anonimitas percaya bahwa deksametason dosis kecil biasanya digunakan untuk obat tetes mata umum, atau untuk gejala ringan. Tergantung dosis yang diberikan kepada presiden.

"Penting juga untuk memperhatikan kondisi dan komplikasi yang mendasari Trump sebelumnya, terutama pengalamannya dengan infeksi bakteri, yang dapat merusak kekebalannya," kata ahli tersebut.

Tidak ada informasi dan bukti yang cukup untuk menunjukkan kondisi Trump yang parah sejauh ini. Setidaknya dia bisa berbicara dengan baik, dan keluar sementara.

Minggu malam Trump di luar mengejutkan dan membuat khawatir banyak orang, saat dia melambai kepada pendukungnya di dalam SUV di luar rumah sakit.

Perjalanan singkatnya membuat khawatir agen Secret Service dan profesional medis, termasuk seorang dokter yang berafiliasi dengan rumah sakit, yang mengatakan orang lain di dalam kendaraan tersebut mempertaruhkan nyawa mereka untuk pertunjukan 'teater politik'.

Hal itu juga meningkatkan kekhawatiran para netizen China, yang secara serius mengikuti status Trump selama liburan Hari Nasional. Gambar Trump meninggalkan rumah sakit menjadi tagar populer di Sina Weibo, Twitter ala China.

Berbahaya untuk berkendara dengan presiden yang terinfeksi di dalam mobil yang sama! Peralatan pelindung yang buruk, tidak ada pakaian, ruang tertutup, jelas bahwa dia [Trump] menempatkan orang lain di dalam mobil dalam risiko besar. Tampaknya dia masih mengabaikan keseriusan dari virus super menular dan mematikan, yang sangat disayangkan bagi orang Amerika," kata seorang pengguna Weibo.

Kini, berbagai kalangan juga dikejutkan dengan kembalinya Trump ke Gedung Putih pada Senin sore (5/10) pukul 18.30 waktu setempat, di saat presiden seharusnya masih menjalani perawatan. (Rmol)



source https://www.kontenislam.com/2020/10/pakar-medis-china-kondisi-trump-lebih.html

Artikel Terkait Lainnya

Terdepan Mengabarkan !

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini