Makna Logo Baru PKS Warna Oranye dan Bentuk Lingkaran

Artikel Terbaru Lainnya :

PKS Ubah Lambang Partai di Munas V

 PKS Ganti Logo! Filosofi dari Bentuk hingga Warna Oranye Kekinian, Hidayat Nur Wahid Beri Penjelasan

Perubahan terjadi mulai dari bentuk dasar hingga warna. Salah satu petinggi partai PKS, Hidayat Nur Wahid menjelaskan bahwa perubahan terjadi pada bentuk.

Partai yang terbentuk pada 20 April 1998 tak lagi menggunakan bentuk persegi empat.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meluncurkan logo baru dalam acara puncak Musyawarah Nasional (Munas) ke-V PKS di Bandung, Minggu (29/11/2020).

"Perubahan lambang, mars dan hymne sudah dirumuskan sejak kepengurusan sebelumnya. Esensi perubahan ini adalah PKS harus tampil lebih segar, lebih dekat dan terbuka untuk semua kalangan," papar Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsy. 

Menurut Aboe, tagline yang akan dipakai pada masa kepengurusan Presiden PKS Ahmad Syaikhu adalah Bersama Melayani Rakyat dengan gerakan #PKSPelayanRakyat.

"Kita melanjutkan semangat berkhidmat untuk rakyat dengan meneguhkan sikap hangat dan dekat dengan rakyat dengan terus istikamah melayani mereka. Ini semangat baru PKS," papar Aboe.

Lambang atau logo PKS yang baru, terlihat warnanya didominasi orange berbentuk lingkaran dan di tengahnya terdapat gambar padi, serta dua bulan sabit. 




Adapun filosofi dari logo PKS yang baru, yaitu : 





Bentuk bulat 

Bentuk dasar dari lambang PKS yang melambangkan kesetaraan, keteraturan, keserasian, persatuan dan kesatuan arah demi memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan rakyat di bumi Indonesia yang berlandaskan pancasila.

Warna orange

Melambangkam kehangatan, harapan, semangat kehidupan yang selalu optimis dan juga semangat muda.

Dua bulan sabit 

Melambangkan dimensi waktu, keserasian, keindahan, pencerahan, keluhuran Islam untuk menjaga keseimbangan, kesinambungan sejarah, kejayaan, dan kelangsungan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Untaian 17 butir padi berdiri tegak 

Melambangkan adil, ukhuwah, istiqomah, berani, disiplin dalam menjalankan tugas, serta tegas dalam mewujudkan keadilam, dan kesejahteraan. 

Warna putih 

Melambangkan bersih, suci, tulus, ihklas, dan mulia. 

Warna hitam ditulisan PKS 

Melambangkan kemauan keras, disiplin, kekuatan, ketegasan, berwibawa, kepastian, aspiratif, dan perlindungan.












Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini