Tak dilirik Media, Daftar Lengkap Penghargaan Anies Baswedan Selama Pimpin Ibukota Negara




 Anies Baswedan sudah setahun lebih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Anies terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta dalam Pilgub 2017. Dia yang berpasangan dengan Sandiaga Uno mengalahkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat pada putaran kedua Pilgub DKI.

Anies dan Sandiaga kemudian dilantik pada 16 Oktober 2017 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat. Selama 13 bulan memimpin DKI, terhitung sejak Oktober 2017 hingga pertengahan Desember 2018, ternyata semakin banyak penghargaan yang diperoleh Anies.  Setidaknya hingga Selasa (11/12/2018) ada 17 penghargaan. Berikut daftar penghargaan yang diperoleh mantan Rektor Universitas Paramadina itu.


Deretan Penghargaan Diraih Pemprov DKI





1. Anugrah Obsession Awards 2018 pada katagori Best Achiever in Regional Leader


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima Anugerah Obsession Awards 2018 pada Individual Achievers Category ‘Best Achiever in Regional Leader’ yang diberikan kepada para kepala daerah terbaik, di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (22/3/2018).

Dalam kesempatan tersebut Anies menegaskan, penghargaan ini bukan semata untuk dirinya pribadi, tetapi untuk dedikasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang selama ini telah bekerja dan berkarya dengan baik.

Obsession Awards adalah ajang bergengsi tahunan yang digelar Obsession Media Group (OMG) sejak tahun 2006. Obsession Awards lahir dari tekad OMG untuk memberikan apresiasi kepada tokoh nasional, individu, dan korporasi yang telah menunjukkan dedikasi pada bidangnya masing-masing, memiliki keteladanan, inspiratif, dan inovatif.

2. Top Pembina BUMD 2018 Award dari majalah Indonesia Business News


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meraih penghargaan prestisius sebagai Top Pembina BUMD 2018 di ajang Top BUMD 2018 Award dari majalah Indonesia Business News.  Wakil Gubernur DKI Jakarta saat itu, Sandiaga Uno menerima langsung penghargaan tersebut mewakili Anies yang berhalangan hadir.

“Kami tentunya persembahkan penghargaan ini kepada seluruh masyarakat Jakarta,” ujar Sandi, usai menghadiri Top BUMD 2018 di Balai Kartini, Jl Jenderal Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (3/5/2018).

Untuk diketahui, PT Jakarta Propertindo menyabet empat penghargaan untuk kategori Top BUMD 2018, Top BUMD Aneka Usaha, Top BUMD of The Year (Best of The Best), dan Top CEO BUMD 2018.

3. Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS Award


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) Award kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Rabu, (23/5/2018) lalu.

“Alhamdulillah pada hari Rabu kemarin Bapak Presiden menyerahkan UHC KIS award kepada empat provinsi yang berhasil menjangkau di atas 95 persen warganya untuk jaminan kesehatan nasional,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, (24/5/2018).

4. Opini WTP atas LKPD DKI Jakarta tahun 2017 dari BPK


Pemprov DKI mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) DKI Jakarta tahun 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Anies menyebut perolehan opini WTP itu sebagai berkah ramadan.

“Rasanya seperti betul-betul berkah ramadan, ramadan tahun ini terasa membawa berkah bagi Pemprov DKI Jakarta,” kata Anies usai rapat paripurna pembacaan hasil pemeriksaan laporan keuangan BPK di Gedung DPRD Jakarta, Senin (28/5).

Anies menganggap hal itu sebagai berkah karena terakhir kali Pemprov DKI mendapat opini WTP, yakni pada 2012. Sejak Basuki Tjahaja atau Ahok jadi Gubernur (2014), Pemprov DKI tak pernah mendapatkan kembali status tersebut. WTP ini memang menjadi salah satu target yang ingin dicapai Anies dan Sandiaga Uno sejak pertama kali memimpin Jakarta.

5. One Planet City Challenge dan We Love Cities 2018


Pemprov DKI menerima penghargaan One Planet City Challenge dan We Love Cities 2018. Gubernur DKI Anies Baswedan bersyukur Jakarta bisa merebut penghargaan kota paling dicintai masyarakat yang sebelumnya diraih Kota Bogor.

“Alhamdulillah kita bersyukur bukan hanya air yang mengalir dari Bogor, penghargaan pun mengalir, jadi alhamdulillah kita bersyukur sekali,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2018).

Kampanye ‘We Love Cities’ merupakan bagian dari kompetisi One Planet City Challenge (OPCC) yang diadakan setiap dua tahun dan diikuti oleh kota-kota di dunia. Kampanye tersebut menunjukkan berbagai ambisi, komitmen dan inovasi yang telah dibuat untuk mengatasi perubahan iklim di kotanya masing-masing.

Dalam kesempatan ini, Jakarta menang dengan total 164,954 interaksi dari suara, saran, dan media sosial. Menurutnya kemenangan tersebut menunjukkan kemampuan Jakarta untuk merangkul warganya dalam mendukung kampanye internasional ini.

Jakarta terpilih sebagai pemenang nasional OPCC karena komitmen dan upaya Jakarta untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim. Hal itu disampaikan dalam laporan Carbon Climate Registry (CCR) yang dinilai oleh juri OPCC.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pihaknya dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota berkelanjutan, antara lain dengan penggantian lampu hemat energi untuk penerangan jalan, penambahan koridor bus rapid transit (BRT) Transjakarta, pemasangan panel tenaga surya.

6. 10 Penghargaan Kota Layak Anak 2018


Pemprov DKI Jakarta meraih 10 penghargaan Kota Layak Anak dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2018 di Hutan Kota, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (23/7/2018).

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Yohana Yembise.

Penghargaan yang diraih ini tak lepas dari motivasi yang diberikan gubernur serta kerja keras semua pihak terkait untuk menciptakan Jakarta menjadi kota layak anak. Untuk tingkat provinsi, DKI meraih dua penghargaan yaitu sebagai pengembangan penggerak kabupaten/kota layak anak dan sebagai Inisiator Pembentukan UPTD P2TP2A.

Kemudian untuk tingkat kota, penghargaan sebagai Kota Ramah Anak tingkat Madya diraih Pemkot Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sedangkan tingkat pratama disabet Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Selain itu, Sudin Dukcapil Jakarta Barat meraih penghargaan pelayanan akte kelahiran tingkat madya. Sementara untuk kategori Sekolah Ramah Anak diraih Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 13 Jakarta Selatan.

7. Penghargaan Bapak Peningkatan Kompetensi Guru Indonesia dari IGI


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 27 September 2018. IGI menjuluki Anies sebagai “Bapak Peningkatan Kompetensi Guru Indonesia”.

IGI menilai Anies telah berjasa di dunia pendidikan, terutama terkait dengan profesi guru. Saat masih menjadi Menteri Pendidikan, Anies telah mengesahkan kurikulum pendidikan 2013. Kurikulum ini masih digunakan hingga sekarang di sekolah-sekolah di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi igi.or.id, IGI merupakan organisasi profesi guru yang didirikan berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. IGI terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM melalui SK Depkumham Nomor: AHU-125.AH.01.06.

8. Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2018 dari KIP


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan pengarhaan penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik. Anies mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha lebih kolaboratif kedepannya meski mendapat penghargaan sebagai salah satu badan publik yang kualitatif dan informatif kepada masyarakat. Pemprov DKI Jakarta mendapat nilai 93,19 dari Komisi Informasi Pusat (KIP) lewat penghargaan itu.

“Artinya kita harus terus meningkatkan keterbukaan informasi, terutama aspek kolaborasi dalam keterbukaan. Informasi ada itu baik, tapi informasi bisa dimanfaatkan untuk membuat kegiatan, membuat kolaborasi lebih banyak itu lebih baik lagi, jadi nanti kita berharap di Pemprov DKI aspek informatif ini bisa menjadi kegiatan untuk kolaborasi,” kata Anies kepada para wartawan, Senin (5/11/2018) sore.

Hal tersebut dikatakan Anies setelah ia dan dua gubernur lainnya, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo, mendapat penghargaan Penganugerahaan Keterbukaan Informasi Publik 2018 dari Komisi Informasi Pusat (KIP), di Istana Wapres, pada Senin (5/11/2018) sore.

9. Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 dari Kemenpan RB


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi disingkat Kemenpan RB.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Pembukaan The International Public Service Forum (IPS Forum) 2018 kepada Gubernur Anies Baswedan sebagai pucuk tertinggi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, di JCC, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).

Dalam acara itu, Pemprov DKI Jakarta memperoleh dua penghargaan untuk dua inovasi. Penghargaan pertama untuk inovasi Cek Dan Sadari (Cegah Kanker Serviks Dengan Aplikasi MAPLE-S dan Mobil Deteksi Kanker HIBISCUS), serta inovasi Sipil Doyan Jalan (Sistem Pilih Dokter dan Waktu Pelayanan Pasien Rawat Jalan dan Peserta JKN-KIS).

Untuk inovasi Cek Dan Sadari, Puskesmas Kecamatan Senen mendapatkan penghargaan itu. Melalui inovasi tersebut, wanita usia subur yang belum melakukan tes IVA untuk pencegahan kanker serviks, dapat diketahui melalui aplikasi MAPLE-S.

10. Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima penghargaan AP2I Award dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan perencanaan pembangunan nasional (Bappenas) pada Jumat (9/11/2018).

Penghargaan yang diraih dalam bidang perencanaan pembangunan tersebut, merupakan apresiasi atas capaian indeks pembangunan ekonomi inklusif yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta tahun 2018.

“Pemprov DKI Jakarta mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas penghargaan ini. Kita mendapatkan penghargaan yang terbaik dalam perencanaan. Mudah-mudahan ini menjadi pemicu untuk kita bisa meningkatkan kinerja dalam perencanaan,” kata Anies, di Redtop Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (9/11/2018).

11. Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (INTEGRA) 2018


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil memperoleh empat kategori penghargaan pada Indeks Prestasi Ketenagakerjaan (INTEGRA) 2018. Penghargaan diserahkan Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta Selatan, pada Senin (19/11/2018) lalu.

Empat penghargaan yang didapat Pemprov DKI Jakarta berdasarkan indikator, antara lain indikator urusan ketenagakerjaan terbaik, indikator kesempatan kerja terbaik, indikator produktivitas tenaga kerja terbaik, serta indikator jaminan sosial tenaga kerja terbaik.

12. Penghargaan Grand Property Award


Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meraih penghargaan Grand Property Award dalam acara malam apresiasi Indonesia Property and Bank Award XIII Tahun 2018 di Ruang Ballroom Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Rabu (21/11/2018) malam.

Anies meraih penghargaan untuk kategori tokoh yang inspiratif dan aktif melakukan pembinaan terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Dikatakan Anies, pengelolaan BUMD saat ini membutuhkan perjuangan panjang, khususnya dalam hal integrasi transportasi umum massal.“Salah satu tantangan terbesarnya adalah bagaimana angkutan umum massal bisa membawa lebih banyak penduduk ibukota dan sekitarnya,” ucap Anies, usai menerima penghargaan.

13. Sabet 3 Penghargaan Sekaligus dari KPK di Hari Anti Korupsi Dunia


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Pemprov DKI berhasil meraih tiga penghargaan dalam Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2018 dari lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2018).

“Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta kembali mendapatkan penghargaan, kali ini dari KPK RI dalam acara penutupan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2018,”kata Anies melalui akun facebooknya yang dikutip Ngelmu.co pada Kamis (6/12/2018).

Tiga kategori penghargaan tersebut antara lain penerapan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN) terbaik 2018, Pemerintah Daerah dengan nilai gratifikasi terbesar yang ditetapkan menjadi milik negara 2018 dan Pemerintah Daerah dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik 2018.

“Ini adalah kerja kolektif Pemprov DKI karena begitu sampai di LHKPN ini dikerjakan semuanya dan alhamdulillah kita dapatkan yang terbaik di level provinsi seluruh Indonesia,” ujar dia.

14. Penghargaan Reksa Bahasa dari Kemendikbud RI


Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan Reksa Bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI atas prestasi Pemprov DKI Jakarta dalam mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik wilayah Ibu Kota.

Penghargaan ini diterima oleh Gubernur Anies dalam kegiatan lokakarya hasil kajian dan evaluasi kegiatan kebahasaan dan kesastraan di Gedung Samudera, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Senin (10/12).

“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memberikan penghargaan Reksa Bahasa. Kami di Pemprov DKI Jakarta memiliki komitmen untuk ikut mengembangkan bahasa Indonesia. Karena itu, Ibu Kota Jakarta harus menjadi tempat di mana Bahasa Indonesia memberikan penjelasan yang lengkap atas seluruh fasilitas yang ada di sini. Komitmen kami adalah mengadopsi bahasa yang ada di nusantara untuk bisa menjadi istilah yang nantinya diakui oleh Badan Bahasa sebagai bahasa Indonesia,” ungkap Gubernur Anies usai menerima penghargaan.


DKI Jakarta Raih Top 50 Smart City

DKI Jakarta masuk dalam peringkat ke-47 Smart City Government pada 18 Januari 2019. Peringkat DKI setingkat dengan kota Paris di posisi ke-46. Dari 10 indikator penilaian, DKI Jakarta meraih 3 nilai tertinggi pada indikator, yaitu Visi Pemprov DKI Jakarta, Kepemimpinan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Kepala Pemerintahan dan Alokasi Anggaran/APBD Provinsi DKI Jakarta.

"Pemprov DKI Jakarta telah menerapkan Konsep Kota Pintar, ditandai dengan dibentuknya unit pengelola @jsclounge. Ada 6 indikator yang menjadi fokus Jakarta Smart City, yakni Smart Governance, Smart Economy, Smart People, Smart Mobility, Smart Environment, dan Smart Living," seperti dikutip dari Instagram @Aniesbaswedan.

DKI Jakarta Dapat Penghargaan dari KemenpanRB

DKI Jakarta mendapat penghargaan dari Kemenpan untuk kategori terbaik di seluruh provinsi di Indonesia pada 27 November 2018. Jakarta berada di posisi pertama dari 32 provinsi lain. "DKI mendapatkan kategori terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia, kami nomor 1 dari 32 provinsi," ujar Anies.

Anies mengatakan penghargaan itu adalah hasil dari kerja luar biasa dari seluruh jajaran Pemprov DKI. Ia mengingatkan penghargaan itu merupakan tantangan agar para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bisa terus mempertahankannya.

Tak hanya itu saja, DKI juga menerima penghargaan sebagai PTSP Provinsi terbaik se-Indonesia dari Kemenpan RB dan PTSP dengan tingkat inovasi terbaik dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Pemprov DKI Jakarta Borong 9 Penghargaan di Bidang Komunikasi-Kehumasan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta menjadi juara umum Kategori Pemerintah Provinsi dalam Kompetisi Kinerja Komunikasi di ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga meraih PR Indonesia Most Popular Leader in Social Media 2020 Kategori Gubernur dalam Ajang The 6th Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) 2020.

"Komunikasi adalah Kunci dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Prima di Jakarta" ungkap Pj. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati dalam keterangan tertulis, Senin (19/10/2020).


Sri menyampaikan Pemprov DKI Jakarta dalam beberapa tahun terakhir sangat fokus terhadap pengembangan komunikasi efektif dan efisien serta strategis dalam menyampaikan informasi, inovasi dan berbagai kebijakan publik serta capaian maupun kinerja Pemprov DKI Jakarta. Hal itu dilakukan agar dapat diketahui secara masif oleh masyarakat selaku penerima manfaat dari berbagai program yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta

"Saya mengapresiasi atas terselenggaranya Kegiatan The 5th PR INDONESIA Awards (PRIA) 2020 dan The 6th Jambore PR INDONESIA (Jampiro) 2020," imbuh Sri.

Ia mengapresiasi penyelenggara PRIA dan Jampiro 2020 yang tetap konsisten untuk mewujudkan komitmen PR Indonesia sebagai barometer dunia komunikasi, khususnya kehumasan di Indonesia melalui penilaian kinerja komunikasi/kehumasan di Indonesia pada segala sektor, mulai dari Kategori Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD dan Swasta serta Praktisi Komunikasi, meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Terlebih PR Indonesia berkolaborasi bersama para pakar, akademisi, praktisi senior dan tokoh yang sangat kompeten di bidang komunikasi untuk menilai secara komprehensif kepada seluruh peserta kompetisi sehingga menjadi Pemenang dalam ajang ini adalah Hal yang sangat membanggakan," imbuh Sri.

Sri menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemprov DKI Jakarta dalam ajang tersebut. Ia turut mengapresiasi Dinas PM dan PTSP yang telah berhasil bersaing dengan 534 peserta yang terdaftar di kompetisi tersebut.

"Terima kasih telah mengharumkan nama Pemprov DKI Jakarta di kancah nasional melalui Ajang PR Indonesia Awards 2020. Saya harap hal baik ini dapat terus dipertahankan pada tahun-tahun mendatang,"tambah Sri.

'Urus Izin Sendiri itu Mudah' Menuai Pujian

Sementara itu, Founder dan CEO PR Indonesia Group Asmono Wikan menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih oleh Pemprov DKI Jakarta dalam berbagai penghargaan yang diselenggarakan oleh PR Indonesia tahun 2020.

"Apa yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta khususnya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sangat menginspirasi bagi dewan juri dan kami selaku penyelenggara PRIA 2020. Program Komunikasi/Kehumasan melalui kampanye publik Urus Izin Sendiri itu Mudah telah berhasil mengubah stigma dan membangun kepercayaan,"ungkap Asmono.

Pria yang juga aktif sebagai Sekretaris Jenderal Serikat Perusahaan Pers (SPS) pusat ini mengatakan salah satu Juri dalam ajang tersebut juga menyampaikan kekaguman terhadap kinerja DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta sebagai perangkat daerah yang mampu melakukan berbagai program komunikasi yang kualitas setara.

Bahkan melebihi program komunikasi yang dilakukan korporasi besar di Indonesia. Hal yang menarik adalah berbagai program komunikasi yang membanggakan tersebut dilakukan oleh pihak internal (in house) DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dan berkolaborasi bersama berbagai publik internal dan publik eksternal pemerintah.

"Para pemimpin terkemuka dunia dan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Rasyid Baswedan telah menyampaikan bahwa saat ini merupakan abad kolaborasi dan saya rasa informasi menjadi batubara yang sangat penting untuk disematkan di dalam perspektif kolaborasi tersebut demi kemajuan bersama," papar Asmono.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Benni Agus Candra sangat mengapresiasi dan bangga atas prestasi jajarannya yang telah berhasil berkompetisi dengan para praktisi komunikasi/kehumasan di Indonesia.

"Tujuan utama kami mengikuti ajang PRIA 2020 adalah untuk berjejaring dengan praktisi komunikasi di Indonesia, sehingga menjadi pemenang adalah anugerah tersendiri atas Berkah dan Rahmat Allah SWT," kata Benni.

Benni menambahkan dirinya mengapresiasi terselenggaranya PRIA 2020. Ia melihat banyak praktisi komunikasi yang telah dikenal baik oleh publik bahkan pemimpin daerah pun juga turut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut dengan mempresentasikan program komunikasi terbaiknya secara langsung di hadapan dewan juri.

"Bangga rasanya, jajaran kami dapat berbagai informasi dan pengetahuan yang dimiliki bersama orang- orang hebat baik para dewan juri maupun peserta kompetisi di ajang PRIA 2020. Hal ini juga sebagai sarana untuk memperluas kampanye publik yang kami lakukan yaitu, Urus Izin Sendiri itu Mudah," urai Benni.


Ini merupakan kali pertama Pemprov DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta mengikuti ajang tahunan kompetisi kinerja komunikasi/ kehumasan di Indonesia tersebut. Di tahun pertama, Pemprov DKI berhasil menyabet Penghargaan tertinggi pemenang Platinum kategori Pemerintah Provinsi dengan meraih 9 penghargaan sekaligus. Adapun penghargaan yang didapatkan, antara lain.

- Platinum Awards (juara umum) Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020 kategori Pemerintah Provinsi

- Penghargaan Terpopuler di Media PRIA 2020 kategori Pemerintah Provinsi

- Best Presenter PRIA 2020 - Rinaldi, S.I.Kom., M.Si. kategori Pemerintah Provinsi

- Gold Winner Departemen PR PRIA 2020-Kinerja Bidang Penyuluhan dan Pengaduan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta

- Gold Winner PRIA 2020 - Media Sosial DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta @layananjakarta

- Silver Winner PRIA 2020 - Video Profil Jakarta Investment Centre; Silver Winner PRIA 2020 - Pra Krisis DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta

- Silver Winner PRIA - Program Government PR Urus Izin Sendiri itu Mudah

- Silver Winner PRIA 2020

- Program Digital PR Mini Seri di-AJIBin Aja.



raih penghargaan bergengsi 👍👍

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima penghargaan Indonesia Government Procurement Award dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI.

Penghargaan itu diraih Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena dinilai memiliki inovasi pengadaan yang mendukung transparansi belanja pengadaan.

“Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta kembali meraih penghargaan. Kali ini pada Indonesia Government Procurement Award yang diselenggarakan oleh salah satu lembaga negara yaitu LKPP RI (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah).

Provinsi DKI Jakarta dinilai sebagai pemerintah daerah dengan inovasi pengadaan yang mendukung transparansi belanja pengadaan,” kata Anies Baswedan di akun Instagramnya, Rabu (18/11/2020).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala LKPP Pak Roni Dwi Susanto pada Rakornas Pengadaan 2020 di Bogor, Rabu, 18 November 2020.

“Republik ini, kota ini harus dibangun dengan semangat gotong royong. Kami menerjemahkan visi ini menjadi berbagai terobosan/inovasi pengadaan oleh Badan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Provinsi (BPPBJ) DKI Jakarta,” ujar Anies.

Salah satu terobosan tersebut adalah e-Order.

https://eorder-bppbj.jakarta.go.id. Inovasi PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) untuk belanja UMKM s/d 50 juta dengan menggunakan e-Order. 

“Membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar. Memastikan hadir kesetaraan kesempatan. Jangan sampai yang kecil tertinggal apalagi tergilas. Itulah semangat kami di Pemprov DKI,” kata Anies.

Market place yang diluncurkan sejak tahun lalu ini, membuka ruang bagi UMKM untuk ikut menikmati PBJ di Indonesia. Pengadaan 22 juta masker kain untuk seluruh warga DKI di masa awal pandemi COVID-19 juga dimungkinkan melalui e-Order.

“Dengan kolaborasi tentu saja akan membuat apa yang Pemprov DKI kerjakan makin akuntabel dan transparan. DKI Jakarta akan terus menjadi barometer dalam pelayanan sistem teknologi terkini, membangun sistem aplikasi kota cerdas (smart city), memberikan pelayanan yang efektif, cepat dan mudah,” ungkap Anies.

“Terima kasih atas kolaborasi LKPP RI selama ini, kita berharap bisa terus kembangkan dan mendorong lebih luas keterlibatan warga. Dengan pendekatan pembangunan seperti ini harapannya dapat mencapai tujuan kita: Keadilan Sosial,” tutupnya.

ANIES MEMANG SELALU BEGITU...

MENJAWAB KATA-KATA... DENGAN KARYA NYATA...

SELAMAT UNTUK PAK GUBERNUR DAN SELURUH JAJARAN PEMPROV DKI JAKARTA.

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini