Waspada ! Ramai WhatsApp Kena Bajak dengan Modus Minta SMS OTP

Artikel Terbaru Lainnya :


Kalian pengguna WhatsApp harus berhati-hati bila ada pesan dari orang tak dikenal meminta one time password (OTP). Ini aksi hacker jahat yang mau membajak atau mengambil alih akun.

DNA India melaporkan, Rabu (25/11/2020), aksi penipuan meminta OTP ini sedang ramai dilakukan oleh para pelaku kejahatan. Biasanya mereka menggunakan cara social engineering atau rekayasa soal.

Caranya hacker akan mengirim pesan ke korban yang mengaku sebagai teman korban. Kemudian mereka akan mengabarkan akan adanya kondisi tak terduga atau darurat untuk menarik perhatian.

Kemudian mereka akan meminta nomor OTP yang dikirimkan ke ponsel korban melalui pesan singkat (OTP). Mereka mengaku itu sebagai pesan terusan (forward) yang tak sengaja terkirim ke korban.

Setelah korban membagikan nomor OTP, secara tiba-tiba akan keluar dari WhatsApp. Itu berarti akun WhatsApp itu tidak lagi dikuasai korban. OTP merupakan nomor enam digit sebagai kode verifikasi untuk masuk WhatsApp.

Selanjutnya mereka akan menggunakan akun WhatsApp yang dicuri untuk meminjam uang pada teman-teman yang ada di kontak WhatsApp. Penipuan ini tentu dilakukan hacker.

Untuk mencegahnya kalian disarankan untuk mengaktifkan otentifikasi dua faktor WhatsApp. Kalian juga tak seharusnya membagikan OTP pada siapapun.


Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini