Hari Ini Dies Natalis UGM, Anies Baswedan Kenang Era Perjuangan Melawan Represif Orde Baru

Artikel Terbaru Lainnya :

 Hari ini, Sabtu, 19 Desember 2020, tepat ulang tahun ke-71 Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan kenangannya saat-saat menjadi mahasiswa UGM.

"Pagi ini muncul notifikasi: Dies Natalis UGM. Memori berputar, mengulang rekaman-rekaman kenangan masa kuliah dan masa belajar di Jogja," kata Anies Baswedan yang diposting di akun Instagramnya, Sabtu (19/12/2020).



Memorinya berputar mengulang rekaman masa kuliah dan masa kecilnya yang gembira bermain di hutan-hutan laboratorium kampus.

"Rumah kami di Karangwuni, 1/2 km dari Gedung Pusat UGM. Masa kecil adalah masa bermain di kampus," tulisnya.

Anies kemudian mengenang saat menjadi mahasiswa. Ia masuk di Fakultas Ekonomi angkatan 1989. Ia menikmati masa pembelajaran di dalam ruang dan luar kuliah. Aktitasnya sebagai aktivis mahasiswa berjibun. Ia bergabung dalam
program Tanah Merdeka di TVRI Yogyakarta dan bertugas mewawancarai tokoh-tokoh nasional, menjadi Ketua Senat UGM, dan aktif di Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) MPO. 

"Pada masa kuliah inilah gemblengan pengalaman membekas hingga kini. Pergolakan ide tentang keterbukaan, tentang demokrasi dihadapkan dengan kondisi represif era Orde Baru. Kita bersyukur bahwa ambil rute repot, rute perjuangan, berada di sisi pendorong perubahan, bersama dalam angkatan mahasiswa yang berdiri tegak menyuarakan dan memperjuangkan perubahan," ungkap Anies.

Untuk melengkapi kegembiraannya mengenang masa perkuliahan di UGM, Anies mengunggah sepuluh foto masa-masa aktivitasnya di Kampus Biru, 30 tahun lalu. Ada foto saat ia bersama para pengurus Senat Mahasiswa UGM, saat memimpin demonstrasi di depan Gelanggang Mahasiswa UGM, hingga saat Wisuda.  

Berikut postingan Anies Baswedan di akun IG-nya:

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini