Komnas HAM-Polisi Cek Mobil Laskar FPI, Komisi III: Bukti Transparansi

Artikel Terbaru Lainnya :

Komnas HAM-Polisi Cek Mobil Laskar FPI, Komisi III: Bukti Transparansi 

KONTENISLAM.COM - Komnas HAM dan polisi memeriksa mobil laskar FPI dan polisi yang terlibat dalam penembakan di Tol Jakarta-Cikampek Km 50. Komisi III menilai pemeriksaan itu bukti transparansi dalam penyelidikan tewasnya 6 pengikut Habib Rizieq Shihab itu.
"Transparan yang dilakukan Polri sangat baik bahwa ini bukti keterbukaan dalam satuan lembaga untuk menyampaikan kepada publik secara terbuka," kata Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni kepada wartawan, Senin (21/12/2020).

Sahroni mengatakan Komnas HAM memiliki ruang untuk melakukan investigasi dalam kasus ini. Namun dia menilai, Komnas HAM perlu melakukan koordinasi dengan polisi dalam mengusut insiden penembakan ini.

"Seperti yang kami DPR kemukakan sebelumnya, silakan saja Komnas HAM ikut menyelidiki dan mengawasi kasus ini, tapi harus berkoordinasi penuh dengan pihak kepolisian, mengingat kasus ini juga masih dalam proses di kepolisian," jelasnya.

Pemeriksaan terhadap mobil 6 laskar FPI dan mobil polisi yang terlibat dalam penembakan di Tol Japek ini, menurut Sahroni salah satu langkah dari polisi untuk membuka pintu penyelidikan kepada Komnas HAM. Dia berharap Komnas HAM transparan dalam kasus ini.

"Sekarang apabila dari polisi sudah oke dan membuka pintu untuk Komnas HAM, ya silakan Komnas HAM bekerja sebaik-baik dan seobjektifnya. Hasilnya pun kami harapkan transparan dan bisa dibawa berkoordinasi lagi dengan polisi dan lembaga hukum lain termasuk komisi III DPR," ucap dia.

Komisi III akan mengundang Komnas HAM dan polisi dalam rapat kerja (raker) untuk membahas investigasi. Sahroni menyebut pertemuan akan dilakukan ketika DPR telah masuk masa sidang.

"Setelah masuk masa sidang dan Komnas HAM bersama Polri sedang bekerja nanti sekaligus kita Panggil Kapolda Metro dan Komnas HAM untuk kami undang Raker bersama," ujarnya.

Komnas HAM dan Bareskrim Polri pada Senin (21/12) kemarin memeriksa barang bukti penembakan yang menewaskan 6 anggota laskar FPI di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek. Kedua pihak sama-sama memeriksa mobil yang ditumpangi oleh 6 anggota laskar FPI dan Bareskrim Polri saat itu.

Pantauan detikcom di garasi Subdit Ranmor Polda Metro Jaya, Senin (21/12/2020), sekitar pukul 14.40 WIB, terdapat tiga mobil di situ. Tiap mobil tersebut dipasangi garis polisi.

Satu mobil berwarna hitam jenis Chevrolet terlihat mengalami kerusakan di ban bagian depan. Kaca depan mobil Chevrolet tersebut juga mengalami kerusakan.

Di samping kendaraan tersebut, ada satu mobil Toyota Avanza berwarna silver. Terlihat ada lubang yang menganga di kaca mobil itu. Diduga kendaraan tersebut merupakan kendaraan petugas kepolisian yang terlibat insiden.

Kemudian ada satu lagi mobil Toyota Avanza warna silver. Dibanding dua kendaraan lainnya, kendaraan ini terlihat tidak mengalami kerusakan yang parah.(detik)



source https://www.kontenislam.com/2020/12/komnas-ham-polisi-cek-mobil-laskar-fpi.html

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini