Mahfud Ungkap Rencana Gencarkan Polisi Siber di 2021, Rocky Gerung: Indikasi Akan Banyak Kejadian

Artikel Terbaru Lainnya :


Baru-baru ini, Menko Polhukam, Mahfud MD, mengeluarkan pernyataan bahwa polisi siber akan semakin digencarkan di tahun 2021 mendatang.


Disampaikan olehnya, polisi siber ini nantinya akan bertugas mengawasi kabar yang beredar di media sosial.


Jika ditemukan adanya kabar yang tidak benar atau keliru, maka pemerintah akan segera mengkonfirmasi bahwa hal tersebut tidak benar.


Polisi siber ini kabarnya akan memungkinkan untuk menelusuri dengan cepat penyebar kabar atau berita yang tidak benar.


Dengan demikian, kata Mahfud MD, pelaku penyebar berita bohong atau mengandung hal negatif dapat ditemukan dan ditangkap dalam waktu yang sangat singkat.


Sementara itu, pengamat politik sekaligus filsuf, Rocky Gerung, menilai dimasifkannya polisi siber ini menandakan akan adanya banyak isu yang dibuat oleh pemerintah.


“Kan polisi siber bekerja berdasarkan isu yang ada. Itu berarti 2021 direncanakan akan ada isu yang banyak. Jadi istana akan sengaja bikin isu macam-macam supaya terpancing rakyat, dan polisi siber nangkapin rakyat,” ujar Rocky Gerung, seperti dikutip dari kanal YouTube Rocky Gerung Official.


Menurutnya, sikap Mahfud MD yang mengeluarkan pernyataan akan digencarkannya polisi siber di tahun 2021, mengindikasikan adanya kepanikan dari sang Menko Polhukam,


“Ini ngapain sih Pak Mahfud itu memproyeksikan bakal ada banyak crime di siber. Jadi dia sendiri panik maka dia persiapkan sesuatu yang belum terjadi. Karena itu, artinya Pak Mahfud berpikir bahwa akan ada kekerasan, akan ada macam-macam penghinaan dalam siber, karena itu polisi siber akan diperketat,” tuturnya.


Dengan mempertimbangkan pernyataan Mahfud MD tersebut, Rocky Gerung menilai bahwa negara akan mempersiapkan suatu kasus sebagai umpan agar polisi siber dapat bergerak menangkap para pelaku cyber crime.


Lebih lanjut, Rocky Gerung menuturkan, seharusnya Mahfud MD mendukung terjadinya perdamaian di antara rakyat Indonesia, dan bukan semakin menggencarkan polisi siber.


“Mestinya Pak Mahfud bilang, kami berharap polisi siber berkurang di 2021, karena kami percaya bahwa rakyat paham bagaimana berdemokrasi. Ini di ujung tahun malah nakut-nakutin,” kata Rocky Gerung.***[pikiran-rakyat]



source https://www.kontenislam.com/2020/12/mahfud-ungkap-rencana-gencarkan-polisi.html
Back to Top