Maruf Amin Imbau Ormas Islam Patuhi Keputusan MUI

Artikel Terbaru Lainnya :

Maruf Amin Imbau Ormas Islam Patuhi Keputusan MUI 

KONTENISLAM.COM - Ada 3 hal yang perlu diselaraskan agar terdapat kesamaan sudut pandang dalam menyikapi perumusan visi Majelis Ulama Indonesia (MUI). Di antaranya keputusan MUI merupakan kesepakatan di antara ormas-ormas Islam di bawah naungan MUI.

Hal tersebut jadi pembahasan saat Pimpinan Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 menggelar silaturahmi secara virtual pada Jumat malam kemarin (18/12).
 
Silaturahmi bertujuan untuk saling mengenal antarpimpinan Dewan Pertimbangan MUI serta mendapatkan arahan dari Ketua Dewan Pertimbangan MUI, KH Maruf Amin.

Dikatakan Maruf Amin, ada 3 hal yang perlu diselaraskan agar terdapat kesamaan sudut pandang dalam menyikapi perumusan visi MUI.

Pertama adalah terkait dengan Manhaj, untuk dirumuskan secara konkret cara berfikir dan cara pergerakannya agar tidak terjebak pada ifrath (kebablasan) ataupun tafrith (bersikap gegabah).

“Kedua menyangkut koordinasi gerakan, di mana bila MUI disepakati sebagai Imamah Institusionaliyah atau imam di antara ormas Islam, maka seluruh keputusan yang dihasilkan oleh MUI haruslah merupakan hasil kesepakatan ormas-ormas Islam di bawah naungan MUI,” kata Maruf Amin yang dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Sabtu (19/12).

Ketiga, Wakil Presiden RI ini menyampaikan terkait pokok-pokok gerakan perlindungan, penguatan, dan penyatuan negara dan umat.
 
Selain itu, ia juga berpesan agar pikiran-pikiran dan keputusan yang dirumuskan oleh Dewan Pertimbangan dapat dikonsultasikan dengan Dewan Pengurus Harian sehingga keduanya dapat bersama membangun MUI dengan lebih baik lagi.

“Saya kira supaya tidak merupakan keputusan sepihak saja, sebab hal-hal yang harus dikerjakan bersama. Walaupun rumusan pokoknya ada di Dewan Pertimbangan tapi eksekusinya detailnya tentu ada di Dewan Pengurus Harian. Itulah saya ingin membuat situasi yang baru, saling mengisi sesuai fungsinya jangan melewati seperti yang digariskan Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (PDPRT),” kata Maruf Amin.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof Dr Syafiq A. Mugni, Ketua MUI Masduki Baidlowi, dan Masykuri Abdillah, serta seluruh jajaran kepengurusan Dewan Pertimbangan MUI periode 2020-2025.
 
Sumber: rmol.id



source https://www.kontenislam.com/2020/12/maruf-amin-imbau-ormas-islam-patuhi.html
Back to Top