Bagaimana Film Ertugrul Membangkitkan Imajinasi Muslim Dunia

Artikel Terbaru Lainnya :

 Bagaimana Film Ertughrul Membangkitkan Imajinasi Muslim Dunia



Berawal Dari Film Lion of the Desert

'Lion of the Desert', film yang didanai oleh Pemimpin Libya Muammar Gaddafi dan disutradarai oleh Moustapha Akkad ini menceritakan kisah Omar Mukhtar, pejuang legendaris Libya dan Senussi yang berjuang melawan kolonialisme Italia pada awal abad ke-20.

Ketika film tersebut masuk ke bioskop di seluruh dunia pada tahun 1981, gerakan perlawanan dari Palestina hingga Kashmir menyerap kata-kata Omar Mukhtar (diperankan oleh Anthony Quinn), seorang guru yang berubah menjadi komandan pejuang yang menghadapi Italia fasis pada puncaknya.

“Kami telah melawan Anda selama 20 tahun. Dan dengan pertolongan Tuhan, kami akan tinggal bersamamu, sampai akhirmu,” kata Mukhtar kepada orang-orang Italia dalam film tersebut.

Mukhtar dan kelompoknya yang terdiri dari beberapa ratus pejuang Badui dengan menunggang kuda, bersenjatakan senapan dan mengenakan jalabiya menghadapi tentara Italia modern yang dipersenjatai dengan tank dan senapan mesin yang melakukan kekejaman luar biasa terhadap orang Afrika Utara, termasuk memisahkan keluarga, membakar tanaman dan ladang, dan membangun kamp konsentrasi yang menewaskan puluhan ribu.

Bagi mereka yang tidak menemukan Lion of the Desert di layar bioskop mereka, film itu akhirnya masuk ke kaset VHS di seluruh dunia, diputar untuk pejuang yang menentang pendudukan dan pengunjuk rasa yang menentang otoritarianisme.

Ertugrul: Kebangkitan sosok Legenda

Pada 10 Desember 2014, sebuah acara televisi baru, atau sebutan "dizi", ditayangkan untuk pertama kalinya di Turki pada TRT 1.

"Dirilis: Ertugrul" (Kebangkitan Ertugrul), diciptakan oleh Mehmet Bozdag, menceritakan kisah seorang pejuang muda di Anatolia abad ke-13 yang memulai misi untuk mencari rumah permanen bagi suku Turki-nya, yang dikenal sebagai Kayi, yang hidup sebagai pengembara di stepa Asia Tengah. Di sana, mereka mencari perlindungan dari cuaca buruk, mengatasi kekurangan makanan selama musim dingin yang keras, dan berperang melawan Tentara Salib Kristen dan Mongol.

Pada saat yang disebut dunia Islam, seperti sekarang, sedang berantakan, dengan kerajaan seperti Ayyubi dan Seljuk merupakan bayangan dari diri mereka yang dulu. Ertugrul (diperankan oleh Engin Altan Duzyatan), putra Suleyman Shah, mengejar impian untuk menyatukan umat Islam dan akhirnya mengamankan rumah bagi suku-suku Turkmenistan.

Untuk mencapai ini, ia bergerak ke barat menuju Anatolia, semenanjung besar yang sekarang menjadi bagian terbesar Turki modern. Pada saat ini, kekaisaran Seljuk, yang dianggap sebagai hegemon wilayah yang lebih luas antara 1037 dan 1194, telah menderita akibat pertempuran dan infiltrasi oleh Bizantium dan penjajah Mongol. Dan di dalam kesultanan Seljuk Rum, yang telah memisahkan diri dari kerajaan Seljuk yang lebih besar pada tahun 1077, di mana banyak aksi Dirilis: Ertugrul  terjadi.

Ertugrul dan unit prajurit elitnya, yang dikenal sebagai pegunungan Alpen, bertempur melawan Templar, Tentara Salib, Bizantium, dan Mongol, serta beberapa kolaborator dalam kamp mereka sendiri dan pengkhianat di dalam Rum itu sendiri, semuanya dalam upaya untuk membangun rumah di Anatolia.

Segera, Ertugrul muncul sebagai komandan kunci dan mulai mengkonsolidasikan suku-suku Turki saat matahari mulai terbenam di Kesultanan Rum. Eksploitasi, kemenangan, dan kepemimpinannya yang menginspirasi akhirnya membuka jalan bagi pembentukan kekaisaran baru. Pewaris Ertugrul adalah Osman - pendiri Kekaisaran Ottoman.

Dirilus: Ertugul berakhir pada Mei 2019 setelah lima musim. Setiap
musim terdiri dari 30 episode dua jam per musim - secara keseluruhan, itu sekitar 150 film. Di Netflix, tempat rilisnya secara internasional, itu telah diedit untuk menampung sekitar 80 episode 40 menit per musim.

Menonton Dirilis: Ertugrul adalah upaya maraton. Setiap angsuran dua jam memiliki alurnya sendiri: intrik, dilema moral, pertempuran berdarah, dan akhir dari cliffhanger. Meskipun demikian, reputasi dan popularitasnya terus berkembang lebih dari setahun setelah berakhir, melampaui waktu, ruang, dan TV itu sendiri.

Seperti Lion of the Desert, acaranya adalah tentang sejarah Muslim, cita-cita Islam, dan melawan tirani. Kode dan nilai sosial tidak hanya dapat dihubungkan, mereka adalah norma dan standar; alam semesta pemikiran dan praktik mandiri, di mana Muslim dapat melihat diri mereka sebagai pahlawan dan bukan sebagai karikatur yang ditulis oleh orang luar.

Di Turki, serial ini telah membuka jalan baru dan mengumpulkan pengikut yang kuat (dan menyertai snark). Mereka yang akrab dengan meningkatnya populisme Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menunjukkan bagaimana Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa telah menginstrumentalisasi pertunjukan tersebut, menggunakan aktor, musik, dan gambar untuk mendorong agendanya dan menggunakan pengaruhnya atas konstituennya.

Disadari atau tidak, Dirilis: Ertugrul hadir untuk merepresentasikan apa yang dilihat oleh sekuler Turki sebagai Islamisasi ruang seni dan budaya di negara tersebut. Dengan penggambaran ritual Islam yang nyaman dan kesederhanaan sebagai inheren Turki, pertunjukan tersebut telah dianggap oleh beberapa lawan politik Erdogan sebagai sombong, pedesaan, dan revisionis.

Beberapa komentator bahkan telah menunjuk busur tertentu dalam alur cerita yang tampaknya mennyiratkan bahwa Dirilis: Ertugrul adalah simbol kelahiran kembali neo-Ottoman seperti yang dirancang oleh partai AKP dan di mana Ertugrul yang abadi sebenarnya adalah Erdogan yang tidak dapat binasa.

Muslim di Asia Selatan dan Timur Tengah, juga di Amerika Selatan dan sebagian Afrika bagian selatan yang paling menggemari film Dirilis Ertugrul.

Film ini telah menarik penonton jauh melampaui batas Turki, dengan terjemahan tersedia setidaknya dalam setengah lusin bahasa. Menurut Riyaad Minty, direktur digital di TRT, Dirilis: Ertugrul telah memiliki lisensi untuk siaran di 72 negara dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Rusia, Spanyol, Arab, dll.

Dan ini bukan hanya masalah jangkauan: kedalaman fandom internasional sangat menakjubkan.

Di Gaza, orang tua dan anak muda Palestina hafal nama-nama karakter favorit mereka dan menyanyikan nada musik tema acara tersebut. Di Pakistan, pasangan pengantin meniru pernikahan bergaya Turki. Di Kashmir, orang tua menamai bayi mereka Ertugrul. 

Dan di pengadilan Selandia Baru, Hamimah Tuyan, yang suaminya Zekeriya adalah salah satu dari 51 korban tewas dalam serangan masjid di Christchurch pada tahun 2019, menggambarkan suaminya sebagai berikut: "Dia adalah imam saya, pengawal saya ... Ertugrul saya."

Bagi banyak orang di seluruh dunia, karakterisasi kebangkitan Islam adalah kerinduan yang mereka tanggapi. Minty mengatakan: “Fakta bahwa hal itu dapat bergema lebih dari sekedar dunia Muslim menunjukkan bahwa, dengan adanya kesempatan untuk menceritakan kisah kita sendiri, kita akan menemukan bahwa kita sebagai umat manusia memiliki lebih banyak kesamaan daripada yang kita pikirkan.”

Menjelang debut Dirilis: Ertugrul versi Urdu di TV utama di Pakistan pada April 2020, Perdana Menteri Imran Khan mengatakan acara tersebut menampilkan nilai-nilai Islam dan membawa lebih banyak bobot budaya dan sejarah daripada Hollywood dan Bollywood.

Pada pertengahan Mei, versi sulih suara Urdu telah memecahkan rekor langganan di YouTube. Pada bulan September, dampaknya di Asia Selatan dirasakan melalui serangkaian artikel yang berusaha untuk mengakui dan menjelaskan demam film Ertugrul.

Pada tahun 2014, Ertugrul telah menjadi karakter periferal dalam sejarah Turki.

Pada tahun 2020, ratusan juta orang di seluruh dunia tidak dapat membayangkan dunia tanpa dia.

[Oleh Azad Essa/middleeasteye.net]
Back to Top