Bill Gates: Akan Ada Pandemi yang Lebih Besar di Masa Depan, Dunia Harus Bersiap Mencegahnya

Artikel Terbaru Lainnya :

Bill Gates: Akan Ada Pandemi yang Lebih Besar di Masa Depan, Dunia Harus Bersiap Mencegahnya

Belum juga usai pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda dunia, miliarder Bill Gates sudah mengeluarkan peringatan lain yang cukup mengerikan.

Dalam suratnya yang dirilis pada Rabu (27/1), Gates memperingatkan bahwa dunia harus bersiap untuk menghadapi pandemi berikutnya. Layaknya akan terjadi sebuah perang besar, dunia harus berjaga-jaga, salah satunya dengan melakukan tindakan pencegahan berupa investasi puluhan miliar dolar setiap tahun.

"Ancaman pandemi berikutnya akan selalu membayang di kepala kita, kecuali dunia mengambil langkah untuk mencegahnya." tulis pendiri Microsoft dalam surat tahunan, seperti dikutip dari AFP, Kamis (28/1).

Kesiapsiagaan pandemi harus ditanggapi dengan seserius mungkin, menurutnya, demi menghindari kehancuran di masa depan yang disebabkan oleh Covid-19.

Ia memperingatkan, menghentikan pandemi berikutnya akan membutuhkan pengeluaran puluhan miliar dolar per tahun. Pandemi Covid-19 diperkirakan merugikan dunia sebanyak 28 triliun dolar AS, menurut Gates.

"Dunia perlu menghabiskan miliaran untuk menyelamatkan triliunan (dan mencegah jutaan kematian)," ungkap miliarder tersebut.

Tokoh yang dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga di dunia versi majalah Forbes itu mendesak negara-negara kaya untuk menyediakan sebagian besar investasinya.

"Investasi dalam teknologi diagnostik dan vaksinasi di masa depan harus dilengkapi dengan sistem peringatan global, yang tidak kita miliki dalam skala besar saat ini. Agar memungkinkan epidemi untuk dideteksi dan ditanggapi lebih awal," kata surat itu.

Gates terkenal menyuarakan peringatan tentang risiko pandemi global pada konferensi TED 2015.

Yayasan Bill & Melinda Gates telah menginvestasikan 1,75 miliar dolar AS untuk memerangi pandemi virus corona, serta mempromosikan dan mendanai proyek inokulasi di negara-negara berkembang. 

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini