Jadi 'Buronan' Anies Baswedan (Pemprov DKI), Tunawisma Mensos Risma 'Menghilang Misterius'

Artikel Terbaru Lainnya :

 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta langsung mencari sejumlah tunawisma ataupun pengemis yang ditemukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di kawasan Sudirman Thamrin.


Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat mengaku sudah melakukan penelusuran. "Sudah kita tindak lanjuti di lapangan," ujar Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Ngapuli Parangin-angin, Rabu 6 Januari 2021.


Dalam perburuan tuna wisma tersebut, ia mengaku tak menemukan tuna wisma yang ditemui Risma. Ia juga mengaku tak mengetahui pasti para tuna wisma itu sekarang di mana.

"Kita sudah coba telusuri, tapi tidak ditemukan lagi PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) yang bawa-bawa karung itu. Kita enggak tahu ke mana dan dari mana mereka," ucapnya.

Meski demikian, ia mengaku mendapat informasi satu wanita yang bertemu dengan Risma. Wanita tersebut merupakan warga sekitar di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Namun yang satu orang perempuan, seperti yang ada gangguan jiwa, menurut penelusuran tim sosial itu memang warga sekitar. Tapi ketika kita coba sisir wilayah tersebut juga kita tidak nemu lagi," ucapnya.

"Karena kita coba-coba cari untuk berikan pelayanan. Namun belum ketemu juga," kata Ngapuli.

Seperti diketahui, setelah dilantik, Mensos Risma kerap melakukan blusukan. Seperti pada Senin 4 Januari 2021 kemarin, Risma menemui gelandangan dan pemulung di kawasan Sudirman-Thamrin dan Pasar Baru, Jakarta Pusat. 

(Sumber: Pikiran-Rakyat)

Jadi 'Buronan' Anies Baswedan,  Ini Pengakuan 'Gelandangan' Yang Fotonya Viral Bersama Mensos Risma

 Gelandangan yang Ditemui Risma jadi 'Buronan' Anies Baswedan

Aksi blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini di DKI Jakarta menuai sorotan masyarakat. Dalam salah satu blusukannya, Risma bertemu dengan gelandangan atau tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.


Hal ini mengundang komentar dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Sepanjang tinggal di Jakarta, Riza mengaku baru kali ini melihat ada tunawisma di kawasan Sudirman-Thamrin yang dikenal sebagai kawasan perkantoran tersebut.

"Memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman Thamrin," kata Riza kepada wartawan di Jakarta, Rabu 6 Januari 2021.




Menurut Riza, Gubernur DKI Anies Baswedan juga penasaran dengan hal tersebut. Anies memerintahkan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta untuk mengecek tunawisma itu.

"Kami, saya, Pak Gubernur langsung memerintahkan kepada Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada
di situ," ujar Riza.

Riza menjelaskan, kawasan Sudirman-Thamrin merupakan kawasan yang terbuka sehingga kehadiran tunawisma pasti mudah terlihat orang. Tunawisma menurut dia biasanya ada di kawasan pinggiran Jakarta.

"Setahu kami jalan ke Jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh," kata Riza. [VIVA]



Pengakuan 'Gelandangan' Yang Fotonya Viral Bersama Mensos Risma


Salah satu gelandangan yang fotonya viral di media sosial karena ditemukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021), saat sang Menteri sedang blusukan di jalan itu, mengakui kalau yang di foto tersebut memang dirinya.


Tapi pria bernama Nursaman itu mengaku tak pernah bertemu Risma dan juga tidak berada di Jalan Sudirman-Thamrin saat Risma blusukan di situ.

“Ya, itu saya,” kata Nursaman saat diperlihatkan salah satu foto yang viral di media sosial tersebut, ketika ditemui di warung tempat dimana dia dan istrinya berjualan makanan, minuman dan kelapa muda di Jalan Minangkabau, Kecamatan Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (6/1/2020).

Foto yang diperlihatkan adalah foto yang menggambarkan dua pria yang sedang makan di sebuah kantin, yang menurut netizen merupakan gelandangan-gelandangan yang ditemukan Risma saat blusukan di Jalan Sudirman-Thamrin. Pria yang diakui Nursaman sebagai dirinya adalah pria yang menghadap ke depan, berkaos coklat dan bertopi.

Nursaman yang saat ditemui tidak memakai topi, bahkan menunjukkan topi yang mana yang ia pakai dalam foto itu, kemudian mengambil topi itu yang disangkutkan di sebuah pengait di depan warungnya, dan memakainya. Ia pun menjelma menjadi sosok yang berada di dalam foto itu, hanya saja saat ditemui dia sedang mengenakan kemeja.

Ketika ditanya siapa pria yang bersamanya di foto itu, yang duduk dalam posisi menghadap ke dirinya? Pria 70 tahun asal Indramayu, Jawa Barat, itu menyebut nama Rizal.

“Bapak kenal dia?” tanya wartawan.

“Ya, dia pemulung di sini,” jawab Nursaman.

Tapi ketika ditanya dalam foto itu dia dan Rizal sedang makan dimana? Nursaman bingung.

“Itu dimana ya? Mungkin di situ, di rumah makan yang ada di situ,” katanya sambil menunjuk ke ujung Jalan Minangkabau.

“Bapak benar-benar tidak ingat?” tanya wartawan.

“Kayaknya
memang di situ,” jawabnya.

Ketika ditanya siapa yang mengajak dirinya dan Rizal ke Jalan Sudirman-Thamrin pada Senin (4/1/2021), dan ditemukan Risma di sana? Nursaman mengatakan kalau dia tidak ke Jalan Sudirman-Thamrin pada hari itu, karena meski dia tak punya rumah di Jakarta, biasanya dia hanya tidur di emperan pertokoan di sepanjang Jalan Minangkabau.

“Saya pernah ke Thamrin, tapi sudah lama sekali. Waktu itu cuma buat ngambil kardus,” katanya.

Ketika kepadanya diperlihatkan foto yang menggambarkan dirinya sedang berhadapan dengan Risma, dia bingung lagi dan mengatakan bahwa dia tidak pernah bertemu Risma.

“Waktu saya lagi di emperan toko di sana itu (menunujuk ke satu arah) malam-malam, ada orang datang pakai mobil. Dia perempuan, masih muda, dan ngasih seratus ribu ke saya,” katanya.

Ketika ditanya bagaimana ada foto dirinya yang berada di hadapan Risma, jika tidak bertemu dengannya? Nursaman mengatakan tidak tahu bagaimana bisa ada foto itu. 😅

Istri Nursaman, juga pedagang figura di samping warung Nursaman, memberi tahu kalau pria berambut putih dan gondrong itu sudah pikun.

“Dia sering lupa sama apa yang dia lakukan dan yang dia omong,” kata istrinya.

Ketika istri Nursaman ditanya apakah dia tak tahu kalau hari Senin lalu Nursaman mungkin ke Jalan Sudirman-Thamrin? Istri Nursaman mengatakan tak tahu.

“Dia ini kalau pergi-pergi suka ngeloyor begitu saja, nggak bilang-bilang,” katanya.

Wartawan sempat menyusuri Jalan Minangkabau untuk mencari Rizal, tapi tak berhasil menemukannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, penemuan sejumlah gelandangan oleh Risma saat Mensos itu blusukan di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021), bikin heboh, karena sejumlah netizen mengatakan, sebelumnya mereka tak pernah melihat tuna wisma berkeliaran di jalan protokol itu.

Sumber: id-times

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini