Relawan "Pasutri" / Pasukan Tri Rismaharini Dideklarasikan, Usung Risma Jadi DKI 1

Artikel Terbaru Lainnya :

Saat ini muncul kelompok Relawan Pasukan Tri Rismaharini (Pasutri) yang dideklarasikan untuk menjadikan Risma sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ketua Pasutri, Amin mengatakan, mayoritas relawan merupakan pemuda-pemuda Jawa Timur yang saat ini berdomisili di Jakarta.

"Itu saja semangatnya. Dari (mayoritas) relawan deklarasi di Jakarta memang pemuda asal Jawa Timur,’’ ujar dia ketika dikonfirmasi Republika, Jumat (8/12).

Ketika ditanya jumlah dari relawan tersebut, ia mengaku belum bisa menjawabnya. Namun demikian, dia mengatakan sudah ada banyak yang menghubunginya untuk bergabung menjadi relawan.

"Cuma karena posisinya PSBB, kami tahan dulu dan deklarasi kecil-kecilan juga,’’ tambahnya.

Lanjutnya, pemilihan Gubernur DKI Jakarta memang masih akan dilakukan beberapa tahun ke depan. Kendati demikian, deklarasi relawan yang akan digelar besok (9/1) itu, hanya untuk memperkenalkan jika Pasutri untuk menjadikan Tri Rismaharini sebagai Gubernur DKI memang ada.

"Tapi, karena situasi PSBB, kami tidak ingin bawa orang banyak-banyak besok. Ke depan mungkin bisa besar-besaran,’’ kata dia.

Amin menambahkan, tujuan ingin menjadikan Risma pemimpin di Jakarta adalah karena kinerjanya di Surabaya yang ia nilai sangay baik. Menurut dia, para relawan menginginkan Risma mengabdi di Jakarta, dengan capaian yang telah dilakukannya di Surabaya.

"Kami ingin apa yang bisa dilakukan Bu Risma di Jawa Timur, bisa dilakukan di Jakarta,’’ jelasnya.

Dalam pelaksanaanya, Amin mengaku tidak ada sangkut pautnya dengan Risma maupun PDIP. Ia juga menegaskan, tidak ada relawan yang menjadi anggota PDIP ataupun berhubungan langsung dengan Risma.

"Bu Risma ini tokoh lokal yang namanya sudah dikenal nasional. Secara pribadi kami bangga pada beliau.’’ ungkap dia.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, mengaku tidak mengetahui adanya relawan Tri Rismaharini for Gubernur DKI di Pilgub 2022 mendatang. Dirinya juga belum mendapat kabar apapun menyoal deklarasi tersebut.

"Deklarasi apa itu ya?’’ tanyanya singkat kepada Republika, Jumat (8/1). Sejauh ini, PDIP dikatakan masih fokus untuk merayakan HUT PDIP ke-48 pada 10 Januari mendatang. (*)


Pasutri, Pasukan Tri Rismaharini Usung Risma Jadi DKI 1


Relawan "Pasutri" Dideklarasikan Untuk Siapkan Mesin Politik Tri Rismaharini Di Pilkada Jakarta


Sekelompok anak muda akan mendeklarasikan relawan "Pasutri for DKI Jakarta". Kata Pasutri adalah singkatan dari Pasukan Tri Rismaharini.

Relawan "Pasutri" Dideklarasikan Untuk Siapkan Mesin Politik Tri Rismaharini Di Pilkada Jakarta

Pasutri for DKI Jakarta rencananya akan diperkanalkan ke publik pada Sabtu besok (9/1). Pasutri for DKI Jakarta memiliki tagline "Membangun Jakarta untuk Semua".

Rencana awal deklarasi akan digelar di Restoran Handayani, Matraman Raya, Jakarta Timur, tapi karena masih situasi pandemi Covid-19, dan dikhawatirkan akan banyak orang, pihak restoran tidak bersedia.

Ketua Relawan Pasutri for DKI Jakarta, Khoirul Amin mengatakan, saat ini pihaknya masih mencari alternatif. Apakah akan mencari tempat lain, atau cukup acara kecil-kecilan tanpa menghadirkan wartawan.

"Kami dan pihak restoran takut dibubarkan. Jadi sekarang kami masih cari alternatif, paling nanti kami hanya mengirimkan rilis dan foto-foto acara kepada rekan-rekan wartawan," ujar Amin saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (8/1).

Dijelakannya, deklarasi besok hanya memperkenalkan Pasutri for DKI Jakarta. Jadi tidak akan banyak orang, paling 5 sampai 10 orang. Adapun deklarasi besar-besaran dari seluruh wilayah Jakarta, masih diagendakan.

Amin mengungkapkan, anak muda yang menggawangi Pasutri for DKI Jakarta adalah kaum milenial yang berasal dari Jawa Timur. Anak muda beragam latar belakang ini tinggal dan berdomisili di ibukota DKI Jakarta.

Adapun tujuan membentuk relawan ini, sesuai dengan namanya, mendorong dan memperjuangan Tri Rismaharini maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada pilkada mendatang.

Tri Rismaharini adalah mantan Walikota Surabaya, Jawa Timur, dua periode. Saat ini dia dipercaya sebagai Menteri Sosial.

Ditambahkan Amin, pembentukan Pasutri for DKI Jakarta yang rencananya hingga ke tingkat RT/RW, adalah sebagai mesin politik Risma kelak.

"Pilkada memang masih lama, jadi kami siapkan sejak awal. Kami menyiapkan mesin politik, persoalan jadi nanti, kami sudah siap, kalau pun tidak jadi, tidak apa-apa," ucapnya.

Kemungkinan pilkada tahun 2022 dan tahun 2023 masih terbuka untuk digelar, dimana DPR RI masih membuka wacana normalisasi pilkada dalam revisi UU Pemilu. Kalau jadi digelar, DKI akan menggelar pilkada pada 2022.

Risma sendiri sudah pernah disebut-sebut pada Pilkada DKI 2017.

Beberapa pengamat memprediksi, Risma salah satu yang akan dipertimbangkan PDI Perjuangan maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada pilkada mendatang.(RMOL)

 

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini