Tetangga 'Gelandangan' yang Ditemui Risma: Dia Orang Kaya, Punya Rumah, Dagang Kursi, Dagang Kelapa

Artikel Terbaru Lainnya :

  Gelandangan yang ditemui Menteri Sosial Tri Rismaharini saat blusukan di Jakarta ternyata orang kaya.

Begitu yang disampaikan seorang ibu-ibu yang mengaku kenal dengan gelandangan berambut putih yang sedang viral saat ini.

Ibu yang tak mau disebutkan namanya ini membuka usaha fotokopian yang jaraknya hanya sekitar dari 10 meter dari lokasi tempat yang biasa gelandangan tersebut duduk.

Tetangga 'Gelandangan' yang Ditemui Risma: Dia Orang Kaya, Punya Rumah, Dagang Kursi, Dagang Kelapa


"Iya kenal, sering di sini dia," ujar ibu yang mengenakan kerudung berwarna merah muda kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (7/1).

Menurut ibu ini, gelandang tersebut merupakan orang kaya yang mempunyai usaha sendiri. Yaitu, usaha jual kursi kantoran, usaha es kelapa dan bensin eceran.

"Emang di sini dia. Emang iya dagang dia. Yang dagang kursi itu dia, yang dagang kelapa itu dia, dagang bensin dia. Kalau lukisan lain orangnya. Ah kaya dia ini," ungkapnya.

Bahkan kata ibu ini, gelandangan tersebut juga mempunyai rumah di perkampungan di belakang usaha fotokopiannya.

"Rumahnya di belakang juga ada," terangnya.

Selain itu, gelandangan tersebut juga bukanlah pemulung seperti saat ditemui oleh Risma.

"Dia gak pemulung, emang begitu penampilannya," tegasnya.

Ibu ini pun juga merasa kaget jika pria berambut putih panjang ini disebut sebagai gelandangan atau pengemis.

"Dia ngaku orang susah, padahal kalau saya pikir dia kaya, pikir aja itu rumahnya juga jual kursi, dagang kelapa, di belakang ada rumahnya. Ada anaknya menantunya, ada cucunya juga," pungkasnya.

Sementara itu, Kantor Berita Politik RMOL belum menemui sosok pria yang ditemui Risma. Pria tersebut tidak terlihat di lokasi usaha es kelapa.

Beberapa orang pun terlihat menghampiri usaha es kelapa itu hanya untuk menemui pria yang disebut gelandangan itu.

Lokasi es kelapa tersebut berada di Jalan Minangkabau Timur, Manggarai, Jakarta Selatan.

Di sebelah kanan es kelapa itu terdapat usaha jual bensin eceran. Sedangkan sisi lainnya terdapat penjual gambar, lukisan atau foto yang bergambar Presiden Soekarno, Megawati Soekarnoputri, Hasto Kristiyanto dan beberapa petinggi PDIP lainnya.

Sedangkan Ibu yang diwawancarai membuka usaha disebelah penjual foto Soekarno yang dibatasi oleh jembatan kecil.

Di atas warung es kelapa tersebut juga berkibar bendera PDIP dan terdapat dua poster yang berlogo PDIP. []

Viral gegara Ditemui Risma, Bapak Tunawisma Dikabarkan Menutup Warungnya



Viral gegara Ditemui Risma, Bapak Tunawisma Dikabarkan Menutup Warungnya



Menteri Sosial Tri Rismaharini memantik perhatian publik sejak dilantik Presiden Joko Widodo. Mensos Risma dalam hitungan hari sejak dilantik  sudah melakukan blusukan ke beberapa wilayah Jakarta.

Kepada para tunawisma yang ditemuinya, Risma menjanjikan penghidupan lebih layak. Ia menjanjikan tempat tinggal, pekerjaan, bahkan beasiswa bagi para anak jalanan atau anak tunawisma.

Menanggapi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) DKI Jakarta Irmansyah segera mengecek sosok tunawisma yang ditemui Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma) di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

“Sudah kita tindak lanjuti di lapangan (arahan Anies),” ujar Kasudinsos Jakarta Pusat, Ngapuli Parangin-angin, melalui pesan singkat, Rabu (6/1/2021).

Dalam penelusuran itu, Ngapuli mengaku belum menemukan tunawisma yang ditemui Risma. Pihaknya juga mengaku tidak mengetahui secara pasti para tunawisma itu sekarang di mana.

“Kita sudah coba telusuri, tapi tidak ditemukan lagi bagi PMKS yang bawa-bawa karung itu. Kita nggak tahu ke mana dan dari mana mereka,” ucapnya.

Sebelumnya, Salah seorang netizen dengan akun twitter @Andhy_SP211 mengunggah beberapa potongan gambar yang berisi pembuktian terkait sosok salah satu tunawisma yang bertemu Menteri Sosial itu.

Pada potongan gambar yang diunggah itu, Andhy menampilkan pembuktian warganet tentang seorang gelandangan atau PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) yang ditemui Mensos Risma beberapa waktu lalu di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

“Kalau yg menghadap ke depan atau yg rambutnya putih/ubanan kek kenal itu, tukang jualan poster Soekarno Menang dia orang PDIP. Lokasi jualanya jln Minang kabau Manggarai, selain itu dia juga jualan kelapa muda. Terciduk juga ,” tulis akun Adhe Idol yang di-capture dan diunggah Andhy, yang dibalas oleh beberapa komentar dari akun-akun lain.

Sementara dalam rilis yang dimuat CNNIndonesia.com, Kamis (7/1), diketahui tunawisma tersebut bernama Nursaman (68). Ia mengakui mengakui dirinya didatangi Menteri Sosial Tri Rismaharini di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/1).

"Iya itu saya, waktu Senin, ketemu orang pakai baju putih (Risma) di Jalan Sudirman," kata Nursaman kepada CNNIndonesia.com, Kamis (7/1).

Dalam rilis resmi Kemensos, tak ada tunawisma bernama Nursaman yang ditemui Risma. Saat itu, Risma menemui gelandangan bernama Faisal, Kastubi, dan Fitri.

Nursaman menegaskan bahwa namanya bukanlah Kastubi. Dalam foto Kemensos, sosok yang disebut Kastubi mirip dengan Nursaman.

Namun, Nursaman tak menjawab banyak saat ditanya soal pertemuannya dengan Risma pada Senin lalu.

Nursaman hanya mengatakan dirinya menolak dibawa ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis "Pangudi Luhur", Bekasi.

"Enggak mau dibawa ke Bekasi. Seenaknya di kampung orang, saya enggak mau," ujarnya.

Di lokasi tempat ditemui Nursaman, memang terdapat tempat jualan poster Soekarno, poster Megawati, dan poster lainnya. Persis di samping tempat jualan poster ini, terdapat sebuah lapak kelapa muda.

Baru-baru ini kembali beredar dari salah seorang warganet bernama Rahma Ayu, ia menyebut salah satu PMKS yang ditemui Risma tersebut kini menutup ke 3 kios miliknya.

“Bapak Tunarisma yg punya 3 Kios Usaha: Jualan lukisan, warung rokok, warung es kelapa di Manggarai. Menutup Kios nya” tulis Rahma di akun twitter pribadinya @RahmaAy86090311, Kamis (07/01). 

 Juga komentar serupa di postingan instagram @geloranews,


Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini