Viral Video Terakhir Diduga Milik Penumpang Sriwijaya Air yang Hilang

Artikel Terbaru Lainnya :

 Beredar sebuah video terakhir yang diduga milik penumpang pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak. Video tersebut viral di media sosial dan diunggah ulang oleh beberapa akun instagram.


Seperti dalam unggahan akun @informasipontianak dan @pontianakmediaa, Sabtu (9/1/2021). Video itu memperlihatkan seseorang berpamitan dengan keluarganya.

Viral Video Terakhir Diduga Milik Penumpang Sriwijaya Air yang Hilang
"Byebye keluarge semua..kite pulang kampung dlu ya," begitu tulisan yang tertera di video viral tersebut.

Rekaman berdurasi singkat itu memperlihatkan seorang wanita berpamitan dengan beberapa anggota keluarganya. Terdapat sosok orang tua hingga anak kecil yang terekam di video itu.

Pemilik video itu pun memiliki nama yang diduga sama dengan salah satu penumpang dalam daftar manifest yang telah beredar di media sosial. Lihat videonya di sini.



Pesawat Sriwijaya Air dinyatakan hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB. Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air Theodora Erika dalam keterangannya mengatakan masih terus berkomunikasi dan menginvestigasi kejadian ini.

Ia menyebutkan, pihaknya terus berusaha melakukan kontak dengan berbagai pihak untuk mengetahui lebih rinci terkait pesawat tersebut.

“Sriwijaya Air sampai saat ini masih terus melakukan kontak dengan berbagai pihak terkait guna mendapatkan informasi lebih rinci terkait penerbangan SJ182 rute Jakarta - Pontianak,” kata Erika.

Pesawat bernomor registrasi PK CLC jenis Boeing 737-500 itu hilang kontak pada posisi 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang setelah melewati ketinggian 11.000 kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13.000 kaki.

Sejumlah unggahan dari warganet yang memperlihatkan dugaan serpihan bagian pesawat atau debris pesawat yang diklaim berada di sekitar Pulau Seribu. Meski demikian, hingga saat ini belum diketahui kebenaran unggahan tersebut dan belum ada konfirmasi resmi dari pihak terkait.

Berdasarkan informasi dari Basarnas, pesawat itu hilang kontak di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan membenarkan bahwa Pesawat Sriwijaya Air hilang kontak. Pesawat Sriwijaya Air hilang kontak yakni pesawat rute Jakarta-Pontianak dengan nomor penerbangan SJY 182.

“Telah terjadi ‘lost contact’ pesawat udara Sriwijaya rute Jakarta - Pontianak dengan ‘call sign’ SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto dilansir dari Antara.

Novie mengatakan saat ini tengah dalam investigasi dan tengah dikoordinasikan dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Kami akan menyampaikan informasi lebih lanjut jika sudah ada perkembangan lain,” katanya. (*)


Pesawat Sriwijaya Air Jakarta-Pontianak Hilang Kontak di Kepulauan Seribu

''Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 kehilangan kontak. Pesawat itu terbang dari Jakarta ke Pontianak.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto mengatakan, regulator telah menerima informasi soal kehilangan kontak tersebut.

"Kami masih kehilangan kontak sampai sekarang. Kami masih berusaha mencapai. Dan masih koordinasi terus dengan pihak Basarnas untuk memastikan," kata Novie, Sabtu (9/1/2021).

Berdasarkan data Flight Radar, Pesawat tersebut hilang kontak tak lama setelah take off dari Bandara Soekarno-Hatta dan tak ada komunikasi saat berada di Perairan Kepulauan Seribu.

Pesawat yang hilang kontak itu berjenis Boeing 737-524. Belum diketahui jumlah penumpang yang diangkut dalam pesawat tersebut.

Pesawat tersebut terbang dari Bandara Soetta Tangerang pukul 13.40 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Supadio Pontianak pada pukul 15.15 WIB.

Sementara berdasarkan informasi yang terhimpun, pilot pesawat Sriwijaya Air SJ 182 itu adalah CAptain Afwan serta Kopilot Diego M.

Kru kabin pesawat itu ialah Dhika, Okky, Bisma, Mia T, dan Gita L. Sementara di dalamnya terdapat 56 penumpang, terdiri dari 46 dewasa, 7 anak-anak, sertai 3 bayi. 

Konfirmasi Bupati Kepulauan Seribu

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan laporan dari nelayan di sekitar Pulau Lancang bahwa ada pesawat yang jatuh.

"Katanya ada (pesawat jatuh) tadi jam 14.30 WIB. Mungkin saat ini sedang ada pencarian infonya ada yang jatuh, meledak di Pulau Laki," jelasnya saat dihubungi Wartawan, Sabtu (9/1).

Adapun Junaedi menjelaskan, pulau tersebut berada di perbatasan antara pulau tidung itu dan lancang.

"Iya di tengah-tengah pulau itu," katanya.

Saat ini pun, Basarnas telah mengirimkan tim untuk proses pencarian pesawat Sriwijaya Air tersebut.

Penemuan Diduga Puing-Puing Pesawat Sriwijaa

Sejumlah petugas melihat serpihan pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak dengan menara pengawas, Sabtu (9/1/2021).

“Personel Kepulauan Seribu udah liat serpihan badan pesawat. Pesawat sriwijaya jatuh disekitar kepulauan seribu,”ujar seorang petugas kepada MNC Media.

Pihak Sriwijaya Air memastikan sedang melakukan investigasi terhadap pesawatnya yang hilang kontak tersebut.

"Sriwijaya Air sampai saat ini masih terus melakukan kontak dengan berbagai pihak terkait guna mendapatkan informasi lebih rinci terkait penerbangan SJ-182 rute Jakarta – Pontianak,” tulis keterangan resmi Sriwijaya Air yang diterima Okezone.

“Management masih terus berkomunikasi dan menginvestigasi hal ini dan akan segera mengeluarkan pernyataan resmi setelah mendapatkan informasi yang sebenarnya,” tutupnya.

Tim SAR, Babinsa, Pospol Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, telah melakukan kroscek ke lapangan. Info dari nelayan Bubu, nelayan melihat ada benda jatuh di laut sekitar perairan Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Getaran jatuhnya pesawat Sriwijaya Air ini terasa hingga ke perumahan penduduk di Pulau Lancang.

Seperti diketahui, pesawat komersial Sriwijaya Air tujuan Jakarta-Pontianak dikabarkan hilang kontak, Sabtu (9/1/2021) sore ini

“Dengan hormat disampaikan laporan awal lost contact pesawat Sriwijaya dg data2 sbb :

Callsign : SJY182 Type : B737-500 Reg: PKCLC Route : WIII-WIOO

Last contact : 11 Nm north CGK pd pukul 07.40 UTC ketinggian passing 11.000ft on climb to 13.000ft,” tulis akun @viantyTJP dikutip pojoksatu.id

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak Sriwijaya Air.

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini