Anies Baswedan, Gubernur Rasa Presiden

Artikel Terbaru Lainnya :


 Oleh: Nur Devi Rasita


Prestasi tidak selalu dalam bentuk award, tapi bisa dari pengakuan warga Jakarta, nasional dan dunia (termasuk yang tidak disorot media)

1. Maret 2020

"Anies showing more leadership than Scott Morison" (Kate Walton, jurnalis Australia). Hal itu karena saat pandemi menghadang, ABW per 16 Maret 2020 membatasi transportasi Transjakarta, MRT, LRT dan menangguhkan ganjil genap. Sebagai langkah cantik agar para perusahaan mau menerapkan sistem WFH untuk para karyawan.

Kebijakan itu diambil, dengan terlebih dahulu menutup semua lokasi wisata milik pemda, merumahkan para pelajar dan stafnya.

Sementara Morison, saat jumlah yang wafat mulai bertambah di Australia, dan rakyatnya meminta lockdown, hanya mengurangi rute MRT dan belum terpikir merumahkan pelajar atau menutup lokasi wisata.

Pemimpin yang baik berani mengambil kebijakan tidak populer demi keselamatan rakyatnya, meski resikonya investor transportasi mengancam menarik dananya. Tapi, uang tidak selalu bisa menjamin kesehatan dan keselamatan...tindakan preventif bisa.

Agak kejauhan pembandingannya ke Australia siy, karena 3.1 Km dari balaikota yaitu penghuni bangunan putih bak istana di jl veteran, saat itu masih pada belum aware kopit...

2.  April - Mei 2020

ABW membuat program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) pada 30 April 2020, karena segala sesuatu yang dikerjakan secara tersistem dan bersama-sama akan lebih efisien. 

Dan terbukti pada 19 Mei 2020, dengan kebijakan ini sekitar 60% warga Jakarta patuh untuk di rumah saja, sisanya adalah mereka yang memang harus keluar mencari nafkah dan melayani publik (hasil riset Tim Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia), padahal rerata nasional hanya 44% saja yang patuh. 

Hal itu karena KSBB meliputi, ricek tetangga yang dikomando rt/rw, kunjungi lansia (ortu saya sepekan sekali ditengokin saat psbb), pasar tradisional online  (pelapak sayur beli ke pasar tradisional by online via ojol, warga yg butuh beli bahan masakan/makanan via wa lalu diantar ojek dadakan ke rumah), liburan virtual bekerja sama dengan tourist resort milik pemda dan mengoptimalkan kanal-kanal aduan.

Sebelumnya tanggal 9 Mei 2020, media di Australia (Sidney Morning Herald dan The Ages) memuji ABW yang gercep melindungi warga berhadapan dengan presiden yang lambat, seperti Gubernur New York Andrew Cuomo.

3. Juni 2020

13 Juni 2020 Perjanjian Penataan Stasiun Terintegrasi yang ditandatangani resmi beroperasi dan bisa dimanfaatkan publik...statusnya on schedule, tidak mundur, sementara kebanyakan program pusat dan pemda lain yang mengalami pending.

13 Juni 2020 50 bus (pada awalnya 50 bus lalu terus ditambah, sd juli berjumlah 150 bus) diluncurkan ke Bogor untuk mengurai kepadatan di st Bogor, untuk pekerja yang lokasi bekerjanya di Jakarta.

Jika bergantung pada manusia, maka kau akan kecewa. Kebijakan WFH yang kala itu tidak semindset dengan pusat (kemenakertrans) membuat pekerja tetap harus wfo padahal akomoda umum di Jakarta sedang dibatasi. Jadi, daripada habis waktu berargumen denagn pusat, ABW dan tim memilih berinisiatif melakukan hal yang bisa memudahkan pekerja.

Padahal kalo dipikir, ini urusannya orang Bogor kan...

Lalu...dua hari kemudian pada 15 Juni 2020, hasil PCR test yang diperoleh Pemda DKI melampaui target WHO. Taklimat WHO adalah 1000 persejuta penduduk perpekan, yang dihasilkan Tim ABW adalah 9.669 persejuta penduduk perpekan atau 9x dari target who. Sementara Jawa Tengah menghasilkan 2x, dan sisanya masih dibawah target.

Daaan, 22 Juni 2020 menerima Hattrick WTPA dari BPK.

4. Juli 2020

Per 17 Juli Pemda Jakarta sudah menyetorkan 1.440.660.000 rupiah untuk pelanggaran PSBB sejak April. Padahal rekor terbanyak pelanggaran ada di kota Bandung sebanyak 34ribuan, Jakarta 23ribuan, Semarang 22ribuan lalu Surabaya 21ribuan. Dan jumlah setoran uang sanksi/pelanggaran mereka dibawah setoran Jakarta semua. Wajar deh bulan lalu dapat hattrick WTP.

Yang aneh di wilyah Pa Ganjar, katanya tidak ada psbb tapi ada sanksi pelanggaran psbb.

5. Agustus 2020

Mengantisipasi banjir jauh-jauh hari dengan Grebek Lumpur pada tiap DAS. Dan tetap menjaga awareness warga dengan PSBB Transisi ketimbang New Normal. Serta memperbanyak titik koneksi internet untuk mempermudah wifi dan belajar daring menjadi 4956 titik dari target 9000 titik....ini yang pure dari pemda ya, alias dari kas pemda langsung.

6. September 2020

2 September meraih penghargaan Pembina BUMD Terbaik dari Top Brand Award, tahun lalu juga dapat ya. Yakni untuk PT MRT Jakarta, PT Food Tjipinang Jaya,  Bank DKI dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung.

KSBB diperluas tidak internal sekitar Jakarta saja, tapi lintas Jakarta karena permintaan netizen, hasilnya Jakarta mengalami pertambahan tim medis sebanyak 1.174 dari nakes senusantara, pada 9 September 2020. Kenapa mereka memilih mengabdi di Jakarta?

Oh iya Grebek Lumpur masih istiqomah ya

7. Oktober 2020

Grebek Lumpur dan Sampah masih lanjut dong. 

30 Okt 2020 Aplikasi JAKI (Jakarta Terkini), meraih juara pertama dalam kategori Public Sector pada ajang Karya Terpilih Indonesia Entrepreneur. Mengalahkan Pikobar dan Sapawarga-nya Jabar dan aplikasi milik kota lainnya.

Dan dipenghujung bulan, mendapat penghargaan untuk kategori The Best City In The World for Sustainable Transport Award via Mobilize Virtual Summit 2020. Ini award kedua ya, tahun 2019 meraih posisi kedua.

8. November 2020 

Tetap fokus melindungi warga dan mensejahterakannya tanpa mengabaikan alam, adalah ciri pemimpin yang baik..

10 November 2020 dilaksanakan program Penjemputan Limbah ewaste. Warga cukup mengisi formulir di laman lingkunganhidupdotjakartadotgodotid . Maksimal berat ewaste yang bisa dijemput adalah 5kg. 

16 November 2020 merevitalisasi pengolahan air limbah pada 46 titik Rumah Pompa. 29 November 2020 mulai beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (1200Kwh/hari) di Pulau Sebira untuk 160kk warganya. 

Dan di tanggal tersebut juga dimulainya operasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Bantar Gebang. Dari 8190 ton sampah bisa menghasilkan 583,95 Mwh.

--

18 November Mendapat penghargaan Indonesia Goverment Precurement Award dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta dinilai sebagai Pemda dengan inovasi pengadaan yang mendukung transparansi belanja pengadaan.

25 November 2020 mendapat predikat Pemda Berkualifikasi Informatif oleh Komisi Informasi Pusat RI, ini penobatan ketiga (berturut-turut, alias selama ABW menjadi gubernurnya). Jabar  dan Jateng juga mendapat predikat ini, tapi Jabar posisi 3 dan Jateng posisi 2.

26 November 2020 meraih penghargaan Anugrah Humas Indonesia untuk kategori Pemerintah Provinsi Terpopuler dan Gubernur Terpopuler.

28 November 2020 meraih Bhumandala Kanaka  (Mendali Emas) dan Bhumandala Kencana (Geoportal Terbaik) dari Badan Informasi Geospacial RI - BIG. Jakarta dinilai berhasi membangun sinpul jaringan informasi geospacial dengan baik, aktif, dan operasional yakni Jakarta Satu.

Mendali perak untuk pemprov diberikan kepada Pemprov Kalimantan Timur. Mendali perak untuk kategori pemkab, diberikan kepada Pemkab Banyuasin dan Sragen.

9. Desember 2020

Gerebek lumpur masih loh.

3 Desember 2020 meraih penghargaan Platinum untuk MRT dan Gold untuk LRT karena ramah disabilitas.

5 Desember 2020, terpilih menjadi Wakil Ketua di C40cities, yang merepresntasikan  97 kotq besar di dunia dan 700juta warganya.

15 Desember 2020, jumlah laboratorium pelaksana pcr milik Jakarta selama ini berjumlah 78 lab, Jabar 28 lab, Jateng 19 lab (6 pada bulan April, 16 pada Sept, lalu ditambah 3 lagi diakhir Sept) dan Jatim 27 lab. Di Jateng hasil pcr bisa 10-15 hari, bahwan cuitan salah satu warganya (@Irafiya79, pada 2 November 2020) sempat viral, karena mengeluhkan hal ini.

21 Desember 2020 meraih penghargaan Provinsi Terinovatif dari Kemendagri. 

24 Desember 2020 meraih penghargaan Kota paling Peduli HAM dari Kemenkumham. Mendapat penghargaan juga dari Top Digital Award untuk 3 kategori : Top Digital Implementation 2020 on Province Goverment Level Start 5, Transformation Readliness 2020, Top Leader on Digital Implemntation 2020.

29 Desember 2020, Jakarta mendapat Index Pembangunan Manusia Tertinggi se-Indonesia

10. Januari 2021

6 Januari menerima Harmony Award dari Kemenag untuk Kota paling menjaga kerukunan antar agama dan  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) terbaik,  untuk kerukunan, inovasi, kerjasama dan aktif antar sesama umat beragama.

Berita dan kritik pedas tentang banjir sepi di bulan ini, karena banjir pindah ke Kaltim karena deforestasi.

11. Februari 2021

4 Februari terjelaskan dengan gamblang bahwa 5 hotel, 2 graha wisata dan 2 wisma atlet yang dijadikan ruang isolasi covid19 adalah atas biaya Pemprov DKI, sementara diluaran Jakarta ada yang menghentikan menggunakan hotel padahal RS sudah tidak menamoung dan menyuruh RS sewa hotel sendiri kalau sudah kekurangan kamar....level Jakarta yang sekarang memang beda dari kota-kota lain di Indonesia.

5 Februari 2021, menjadi salah satu Pahlawan TUMI atau Transformative Urban Mobility Initiative bersama 20 tokoh dunia lainnya.

Penutup

Pak Jokowi memang Presiden, tapi tim pendukungnya menjadikan ia makin ke sini makin tidak mirip presiden. ABW memang hanya Gubernur, tapi dia mampu membawa timnya untuk bekerja smart hingga hasil kinerjanya lebih diakui dunia ketimbang bosnya. 

Yang nggak mau mengakui kinerja ABW, jika bukan karena terisolasi dari manusia yang bisa berbicara, dunia elektronik dan digital, mungkin terisolasi hati dan pikirannya, alias sudah jadi robot bercasing manusia.

Mari mendukung dengan jujur dan adil, dukung saat ia benar dan koreksi saat ia salah. Mendukung membabi buta hanya akan memperburuk citra orang yang kita dukung...saat ini saya melihat ABW masih memimpin dengan baik karena fakta dan datanya begitu, bukan dicitrakan baik.

Yang mengecap beliau cuma berprestasi di google aja, punten ya, mungkin kamu kurang jauh mainnya di Jakarta, bak aleg A Bakri yang menyatakan di NTT cuma Komodo aja yang bagus. Kenapa banyak saya bandingkan dengan Jateng? Karena Gubernur aktifnya berdasarkan survey terbaru, merajai survey presiden 2024, dan saya nggak percaya banget hasil survey tsb....karena jauh dari fakta dan data, apalagi partai yang menaunginya.

Saya mungkin tidak berdomisili di Jakarta, tapi saya tetap bersuku Betawi yang update dengan kota asalnya, lima generasi keluarga saya bertebaran di Jakarta, dan semua memahami ABW Gubernur paling mumpuni. Semoga makin banyak sosok pemimpin yang bisa jadi role model generasi penerus di negeri ini...aamiin

(6 Februari 2021)

*fb penulis

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini