Buntut Saling Blokir Akses Media, China Sebut Inggris Munafik

Artikel Terbaru Lainnya :

Buntut Saling Blokir Akses Media, China Sebut Inggris Munafik 

KONTENISLAM.COM - Perseteruan China dan Inggris terus membara pasca kedua negara saling memblokir akses media masing-masing.

Terbaru, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa pelarangan terhadap siaran BBC World News adalah sesuatu yang masuk akal dan sah. China juga menyatakan bahwa tindakan mereka atas BBC bisa dibenarkan jika dikatakan sebagai tindakan balas dendam, mengingat Inggris juga telah lebih dulu melakukan pencabutan lisensi jaringan berita China CGTN.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying dalam pernyataannya pada Kamis (18/2), mengatakan bahwa setelah penyelidikan yang dilakukan oleh Administrasi Radio dan Televisi Nasional China (NRTA), BBC World News tidak memenuhi persyaratan untuk saluran asing untuk mengudara di Tiongkok.

Karena itu, BBC World News tidak diizinkan melanjutkan layanannya di daratan China, dan NRTA tidak akan menerima aplikasi siarannya tahun ini, kata juru bicara tersebut.

"Seperti yang bisa dilihat orang, BBC telah berulang kali memproduksi dan melaporkan berita palsu dengan bias ideologis yang kuat terhadap China. Menyebarkan informasi palsu tentang masalah epidemi Hong Kong, Xinjiang dan Covid-19 untuk menyerang dan mendiskreditkan China," kata Hua.

Hua kemudian membuat daftar beberapa contoh. Sejak 2019, BBC selalu memilih untuk mengabaikan kekerasan yang dilakukan para perusuh ketika meliput masalah Hong Kong, menyalahkan kebrutalan polisi Hong Kong atas protes yang semakin keras, kata Hua.

"Pada laporan terkait Xinjiang, jurnalis BBC yang berbasis di Beijing hanya menggunakan beberapa gambar satelit non-nyata dan apa yang disebut laporan orang-orang anti-China untuk mengarang 'kebohongan abad ini' untuk menyerang dan mencoreng Xinjiang. Dalam pemberitaan terkait epidemi Covid-19, video latihan antiterorisme itu bahkan disebut-sebut sebagai bukti upaya anti-epidemi kekerasan China," ujarnya.

Dia juga mengecam Inggris munafik karena di satu sisi memuji kebebasan pers sambil membiarkan medianya membuat laporan palsu dan menonjolkan sifat politik kepada CGTN.

Hua mengatakan bahwa selama ini orang-orang Inggris tidak menghindari berurusan dengan orang-orang China, juga tidak ada bisnis Inggris yang menolak melakukan bisnis dengan perusahaan China.

"Mengapa bekerja dengan media China sekarang menjadi masalah?" tanya Hua.

Tanggapan Hua muncul setelah media Barat mengklaim bahwa larangan China terhadap BBC World News adalah tindakan balasan atas larangan CGTN di Inggris.

Hua mengatakan larangan Inggris adalah tindakan keras politik terhadap CGTN. Sebagai organisasi media profesional internasional, CGTN secara ketat mematuhi undang-undang dan peraturan Inggris dan etika profesional jurnalisme, serta mematuhi prinsip-prinsip objektivitas, keadilan, kejujuran, dan akurasi dalam pelaporan berita. CGTN diakui secara internasional karena profesionalismenya.

"Selama 18 tahun terakhir sejak diluncurkan di Inggris, CGTN telah melakukan kerja sama yang baik dengan Inggris. Ini telah memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman dan komunikasi antara orang-orang China dan Inggris, mempromosikan pertukaran budaya dan orang-ke-orang antara kedua negara," kata Hua.

Namun, Ofcom, regulator media Inggris, pada Februari 2020, tiba-tiba memulai proses untuk mencabut izin CGTN untuk saluran berita berbahasa Inggrisnya, dengan alasan sifat politik saluran tersebut, dan bahwa pemegang izin siaran tidak dapat dikendalikan oleh badan politik.

Meskipun langkah ini berjalan tanpa alasan yang dapat dibenarkan, CGTN telah menunjukkan kesungguhan yang besar dalam bekerja sama sepenuhnya dengan permintaan Ofcom dan berupaya menyelesaikan masalah ini secara konstruktif selama penyelidikan, tambahnya.

"Fakta membuktikan bahwa langkah ini bukan yang disebut masalah teknis dari awal hingga akhir, tetapi penindasan politik dari bias ideologis yang kuat," kata Hua.

Hua mengatakan, China selalu terbuka dan menyambut jurnalis asing, termasuk yang berasal dari Inggris, dan telah memberikan kemudahan bagi mereka untuk bekerja dan tinggal di negara tersebut.

"Yang ditentang China adalah bias ideologis terhadap China, pemalsuan berita dengan dalih apa yang disebut kebebasan pers, dan tindakan yang melanggar etika profesional pers," kata Hua(RMOL)



source https://www.kontenislam.com/2021/02/buntut-saling-blokir-akses-media-china.html
Back to Top