Prabowo-Sandi Menteri Paling Memuaskan, NasDem: Mereka Sudah Dikenal, Tak Lebih

Artikel Terbaru Lainnya :

Prabowo-Sandi Menteri Paling Memuaskan, NasDem: Mereka Sudah Dikenal, Tak Lebih 

KONTENISLAM.COM - NasDem menyoroti Menhan Prabowo Subianto dan Memparekraf Sandiaga Uno yang menjadi menteri paling memuaskan versi survei Lembaga Survei Indonesia (LSI). NasDem menilai Prabowo-Sandi dijagokan karena sudah dikenal banyak orang.

Ketua DPP NasDem, Willy Aditya menyebut survei tidak bisa mencerminkan hasil kinerja menteri. Sebab survei hanya mengandalkan persepsi publik.

"Seperti survei-survei sebelumnya, terkait kinerja menteri ini sebenarnya kita tidak bisa mengandalkan persepsi publik, karena publik tidak akan bisa tahu secara persis seperti apa kinerja seorang menteri sesungguhnya," kata Willy kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Willy menyebut dua Kementerian yang dipimpin Prabowo-Sandi tidak banyak bersentuhan dengan publik secara langsung. Mengenai isu pertanahan, kata Willy tak banyak muncul di media.

"Apalagi yang disebut adalah Kemenhan dan Kemenparekraf. Inikan dua kementerian yang tidak banyak bersentuhan dengan publik secara langsung. Seberapa jauh memang tahu soal isu pertahanan? Seberapa banyak juga isu pertahanan nasional muncul di media? Tidak banyak," kata dia.

Kinerja Sandi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menurut Willy, belum ada terobosan. Dia kemudian mempertanyakan kepuasan publik dalam survei itu.

"Demikian juga kiprah dari Kemenparekraf. Pariwisata masih biasa-biasa saja. Belum kelihatan juga terobosan-terobosan yang dilakukan. Tapi toh ternyata publik merasa puas. Ada apa ini? Kan begitu pertanyaannya," jelas dia.

Willy mengatakan popularitas adalah kunci dari persepsi publik. Dia kemudian merujuk pada hasil survei yang dibacakan oleh peneliti LSI, Djayadi Hanan itu.

"Dan saya kira, sebagaimana disebut oleh Jayadi Hanan juga, aspek keterkenalan atau popularitas menjadi kata kuncinya. Karena Prabowo adalah capres dan Sandi adalah cawapres, orang jadi lebih banyak tahu," jelasnya.

Willy mengatakan Prabowo-Sandi sudah dikenal publik. Dia menilai wajar jika responden memilih mereka.

"Dan bagi mereka, asal tidak berbuat salah atau neko-neko, seorang menteri yang sudah cukup dikenal publik akan disebut bagus kinerjanya bagi mereka. Sebab mau menyebut yang lain juga mereka tidak tahu. Jadi ya wajar kalau yang disebut adalah mereka yang sudah dikenal," sambungnya.

"Belum lagi kalau kita menyebut soal aspek aspek kinerja seorang pejabat, memang seberapa banyak publik tahu soal ini. Jadi saya kira, soal skor kinerja ini hanya wajah lain dari popularitas seorang tokoh atau kandidat saja. Tidak lebih," tutur dia.

LSI sebelumnya melakukan survei kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto jadi menteri dengan kinerja paling memuaskan versi responden LSI.

"Tingkat kepuasannya paling tinggi terhadap Menteri Pertahanan, disusul Menteri Pariwisata Sandiaga Uno," kata peneliti LSI, Djayadi Hanan, dalam rilis yang disiarkan di YouTube LSI, Senin (22/2).

Berikut ini 3 besar menteri paling memuaskan versi survei LSI:

1. Menhan Prabowo Subianto
Sangat puas: 13%
Cukup puas: 62%

2. Menparekraf Sandiaga Uno
Sangat puas: 8%
Cukup puas: 61%

3. Menkeu Sri Mulyani
Sangat puas: 12%
Cukup puas: 56%(detik)



source https://www.kontenislam.com/2021/02/prabowo-sandi-menteri-paling-memuaskan.html
Back to Top