Film Palestina ‘The Present’ Memenangkan Penghargaan Film Pendek Terbaik BAFTA

Artikel Terbaru Lainnya :

  The Present, sebuah film Palestina, telah memenangkan penghargaan BAFTA untuk film pendek terbaik. Film berlatar di Tepi Barat yang diduduki penjajah Israel tersebut disutradarai oleh pembuat film Inggris-Palestina Farah Nabulsi, Middle East Eye melaporkan.


Penghargaan tersebut diberikan pada hari Sabtu (10/04/2021) di upacara penghargaan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA).

The Present adalah debut penyutradaraan Nabulsi dan ditulis bersama oleh pembuat film dan penyair Palestina Hind Shoufani.

Dalam pidato penerimaannya, Nabulsi mendedikasikan penghargaan tersebut kepada “rakyat Palestina yang kebebasan dan kualitasnya sudah lama dinantikan”.

Sutradara tersebut kemudian men-tweet tentang kemenangannya, menulis: “Absolutely blown away!!! A BAFTA!!! 😹🎥🙌🙏🏾 (Benar-benar terpesona !!! Penghargaan BAFTA !!!)”
Politisi, aktivis, dan sarjana Palestina Dr Hanan Ashrawi termasuk di antara banyak yang turun ke media sosial untuk memberi selamat kepada Nabulsi atas pencapaiannya.

The Present, yang dirilis pada 2 Februari 2020, berfokus pada kisah Yusuf dan putrinya yang masih kecil, yang dengan berani menentang tentara Zionis ‘Israel’ dan pos pemeriksaan dalam misi mereka untuk membeli hadiah untuk istrinya di ulang tahun pernikahan mereka.

Film, yang diambil selama enam hari di Palestina, dibuka di pos pemeriksaan ‘Israel’ yang penuh sesak, sebuah adegan yang difilmkan di lokasi.

Sebagai bukti kualitas film yang mentah dan jujur, Nabulsi telah menyoroti keaslian latar belakang adegan pembukaan The Present.

“Satu-satunya fiksi dalam adegan itu adalah tokoh protagonis kami, Yusuf. Ratusan orang Palestina lainnya yang Anda lihat adalah warga Palestina yang sebenarnya akan bekerja saat fajar menyingsing.”

Berita pencapaian film dirayakan secara online, dengan gelombang tweet yang memberi selamat kepada Nabulsi dan filmnya, dan mengungkapkan kekaguman atas berita tersebut.

Akinola Davies Jr, sutradara film pendek Lizard, yang dinominasikan untuk BAFTA dalam kategori yang sama dengan The Present, juga mengakui kemenangan tersebut dalam sebuah tweet, mengucapkan selamat kepada “seluruh tim” di belakang film tersebut.

Efek pandemi virus corona pada penghargaan BAFTA tahun ini sangat luas.

Upacara, yang ditunda selama dua bulan, melihat beberapa peserta muncul dari jarak jauh, sementara beberapa orang terpilih muncul secara langsung di Royal Albert Hall di London.

The Present juga dinominasikan untuk Academy Award untuk Film Pendek Aksi Langsung Terbaik di Oscar 2021, yang dijadwalkan berlangsung pada 26 April.

Film pemenang penghargaan tersebut dapat disaksikan di layanan streaming online Netflix.

[Trailer Film The Present]
Back to Top