Hal yang paling menyedihkan atas hilangnya KRI Nanggala 402

Artikel Terbaru Lainnya :

 Hal yang paling menyedihkan adalah tim SAR tidak bisa mengevakuasi kapal selam beserta awaknya. Mengapa?

Yang pertama Laut Bali itu dalam. Dan penyelam skuba profesional kelas dunia hanya bisa menyelam sampai 40 meter. Sementara kedalaman Laut Bali adalah 700 meter.



(sumber gambar: Kompas)

Remotely Operated Vehicle (ROV) atau kapal selam remot yang dimiliki AS saat ini hanya bisa menangkap video dan mungkin mengambil barang kecil dari dasar laut. Alat ini juga dipakai kemarin.

(sumber gambar: oceannews.com)

Namun untuk menyelam ke dasar laut memerlukan perlengkapan selam khusus yaitu Atmospheric Diving Suit atau Hardsuit atau Newtsuit. Baju ini tidak sembarang bisa dimiliki, dan sering dipakai untuk pembangunan pipa atau survey bawah laut. Ada sebenarnya baju sejenis ini untuk Angkatan Laut, namun yang memilikinya tidak semua militer termasuk TNI-AL.

Yang paling menyedihkan adalah keluarga dari ke 53 TNI AL yang sedang menunggu kabar ini sudah 3 hari loh belum ditemukan 1 pun orang dari TNI AL yang dikabarkan tenggelam itu, dan yang sangat menyedihkan sudah tahu kapal KRI Nanggala 402 itu sudah tua lebih dari 40 Tahun meskipun kapal itu tetap dirawat tapi tetap aja kapal itu udah TUA

Sangat berat bagi keluarga korban untuk mendengar fakta ini, tapi saya turut berduka untuk keluarga.


Semoga keluarga yang di tinggalkan diberi kesabaran 🙏🙏

Back to Top